XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Data Saat Libur Nataru

Perusahaan telekomunikasi selular papan atas di Indonesia, XL Axiata dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2021 telah memastikan kesiapan mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik di seluruh jaringan.

 

Direktur Teknologi XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, selama 2 (dua) tahun terakhir, trafik penggunaan kuota data intenet mengalami peningkatan signifikan hingga 15 (lima belas) persen. Tetapi, pada tahun ini, diperkirakan akan ada peningkatan trafik data sekitar 10 (sepuluh) persen dibandingkan hari biasa di sepanjang 2020 pasca work from home (WfH) dan perkembangan bisnis digital maupun semarak penggunaan transportasi online (ojol).

 

‘Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang kualitas terbaik, XL Axiata tetap menyiapkan seluruh jaringan seperti di saat kondisi normal sebelum pandemi Covid19. Kapasitas jaringan yang disediakan XL Axiata sebesar 2 kali lipat,’ katanya (25/12).

 

Lebih lanjut, Ia menjelaskan trafik penggunaan data internet sangat kuat berpotensi naik karena masyarakat akan tetap merayakan liburan Nataru secara virtual, termasuk umat Nasrani yang akan melakukan perayaan hari raya Natal dan bersilaturahmi dengan keluarga secara video call (streaming).

 

Baca juga: Layanan 3 Indonesia Siap Antisipasi Lonjakan Data Saat Libur Nataru

 

I Gede Darmayusa menyebutkan, pelanggan penggiat dunia traveling dan lokasi tujuan wisata tetap mendapatkan perhatian khusus tim XL Axiata, demikian juga dengan jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api (PT KAI).

 

‘Untuk itu, tim XL Axiata telah melaksanakan uji jaringan melalui semua jalur transportasi tersebut pada bulan November-Desember 2020 untuk memastikan semua jaringan telah siap menghadapi lonjakan trafik,’ jelasnya.

 

Lebih lanjut I Gede Darmayusa menyebutkan, bahwa hasil dari uji jaringan di jalur transportasi utama tersebut menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata berada diatas 95 persen telah terlayani oleh jaringan 4G dan 93 persen bersinyal kuat.

 

Selain itu, Darmayusa menjelaskan terdapat persiapan lain menghadapi liburan panjang Nataru berupa pengerahan tidak kurang dari 30 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi strategis yang membutuhkan adanya dukungan penguatan kualitas sinyal XL, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok.

 

Baca juga: Jaringan Smartfren Siap Hadapi Traffic Saat Natal dan Tahun Baru

 

Secara umum, sedikitnya ada 104 lokasi wisata yang menjadi perhatian khusus dari tim XL Axiata, yang berpotensi terjadi peningkatan trafik di area tersebut. Kemudian, terdapat sejumlah langkah antisipasi guna menghadapi kondisi darurat juga telah disiapkan untuk mengantisipasi apabila ada potensi banjir dan tanah longsor atau bencana alam lainnya di berbagai daerah.

 

‘Langkah antisipasi tersebut antara lain, berupa: 1) menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, dan 2) kesiapan tim bekerja 24 jam melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya,’ tutup Darmayusa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *