Promosi Bisnis di Medsos

Tips Promosi Bisnis Ojek Online di Media Sosial

Bulan April ini, promosi bisnis ojek online semakin gencar dilakukan dengan menggunakan media sosial, khususnya facebook. Mulai dari promo cashback goceng, diskon 50% dan pemberian voucher limit harga belanja tertentu pada pengguna layanan baru, misalnya untuk pengguna bike atau food atau kurir (express).

 

Memang tak dipungkiri, di era hiruk pikuk penggunaan teknologi digital dan berkembangnya bisnis startup maupun e_commerce, hampir semua kalangan lintas usia mempunyai akun marketplace dan ojol. Demikian pun, pola munculnya komunitas baru yang lazim pancang di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya).

 

Promosi Bisnis di Medsos

 

Dinamika banyaknya orang menggunakan media sosial seperti sekarang ini, menjadi lahan bisnis yang menggiurkan untuk menambah penghasilan atau keuntungan. Hingga membuat media sosial memiliki peran andal dalam mempromosikan bisnis apapun, termasuk ojek online.

 

Bukan hal aneh bila pengusaha ojol kini gencar memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi sekaligus berjualan jasa transportasi online. Sebab, saat ini hampir semua masyarakat dunia aktif berinteraksi di media sosial sehingga dapat membuat pemasaran menjadi semakin efektif menjangkau lebih luas menjaring konsumen.

 

Bagi tim pemasaran ojek transportasi online yang tengah merencanakan peluncuran layanan produk baru, media sosial adalah wadah tepat dan berbiaya murah untuk memperkenalkannya. Berikut beberapa tips promosi bisnis transportasi online di media sosial yang perlu dilakukan.

 

1) Analisa target konsumen

Selaku pengusaha atau pun tim pemasaran ojol diharapkan agar lebih awal mengetahui target pasar yang ingin dibidik, apakah orang dewasa, anak muda, perempuan atau ibu-ibu. Tujuan agar lebih mudah, menyesuaikan atas produk yang akan dijual, misal jasa delivery. Hal ini bertujuan agar lebih banyak pengguna media sosial yang tertarik dengan jasa pengiriman yang ditawarkan dalam aplikasi ojek transportasi online, baik car maupun motorcycle.

 

Baca juga: Strategi Pemasaran Transportasi Ojek Online

 

Tim juga bisa membuat group chat di media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menamai group chat tersebut dengan tema khusus, misalnya grup ‘inDriver delivery’, ‘inDriver transportasi alternatif’, dan lain sebagainya. Biasanya, grup dengan nama khusus tersebut akan lebih mudah dikenali dan diterima masyarakat, karena sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

2) Buatlah status yang menarik

Tindakan ini adalah cara yang paling mudah dan praktis dalam mempromosikan produk ojol via internet. Caranya hanya dengan membuat pengingat promo menggunakan status yang sesuai dengan tujuan pemasaran. Ingat, status yang dibuat harus lah content kreatif supaya banyak orang yang like dan share status yang di buat. Semakin banyak orang yang share status tersebut, maka semakin banyak pula orang yang akan mengenal layanan ojek online yang dipasarkan.

 

Status yang menarik harus disiasati singkat tapi padat berisi. Kata-kata tersebut harus memuat informasi yang mewakili produk ojol yang dijual. Meski begitu, jangan buat status yang mengandung unsur SARA, sebab hal ini bisa menghancurkan nama baik dan brand ojol. Buatlah status yang berpotensi viral, bisa dengan memakai ambassador atau menyelipkan unsur humoris di dalamnya.

 

3) Penggunaan hashtag

Dalam setiap postingan yang bertujuan promosi melalui media sosial, jangan lupa untuk menyertakan hashtag di dalamnya. Hashtag ini sangat berguna untuk membuat orang mudah mencari produk layanan ojol yang diinginkan di media sosial. Gunakanlah hashtag yang spesifik, misalnya #OjekMedanMurah atau #IndriverKurirMurah. Selanjutnya hashtag tersebut bisa disisipkan pada bagian bawah status di media sosial.

 

Penggunaan hastag ini juga tak hanya untuk pencarian di medsos saja, melainkan bagus untuk pencarian kata kunci tertentu di google.

 

Baca juga: Content SEO Untuk Promosi Ojek di Google

 

4) Memberikan respon yang cepat

Sebagai produk jasa transportasi online, harus disiasati selalu bertindak responsif. Jika ada calon konsumen kurir yang bertanya mengenai produk (misal bobot barang yang dapat dikirim), usahakan untuk memberikan respon yang cepat. Sebab, secara umum calon konsumen banyak yang tidak sabar, hingga bisa akibat hal ini jadi beralih memilih ojek delivery lain.

 

Terkait hal itu, pastikan agar selalu mengupdate media sosial sehingga tidak menghilangkan peluang mendapatkan banyak pelanggan.

 

5) Mengupdate foto profil

Supaya lebih meyakinkan pelanggan ojek online, maka lakukan update foto profil di media sosial secara berkala. Misalnya 2 (dua) minggu sekali. Gunakan foto produk yang berkualitas baik agar orang semakin tertarik dengan produk jasa yang dijual. Khusus untuk Facebook, jangan lupa untuk turut serta mengganti cover profil dengan gambar terbaru yang lebih kekinian dan menarik.

 

6) Membangun komunikasi yang baik

Cobalah bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Caranya bisa dimulai dengan menanyakan apakah mitra kurir bekerja profesional dan responsif. Jika nyatanya benar, mintalah testimoni mereka.

 

Baca juga: Tips Mengembangkan Blog Ojek Online

 

Membangun hubungan personal dengan pelanggan atau mitra driver ojek transportasi online juga bisa dilakukan dengan mengucapkan ulang tahun kepada mereka, baik melalui SMS atau e-mail yang digunakan saat pendaftaran akun. Bisa juga dengan memberikan kado kecil berupa potongan tarif bike di hari spesial mereka. Tentunya cara ini dapat membuat para pengguna app ojek online semakin dekat.

 

7) Pembaruan promo

Saat ini, teknik penjualan produk dengan metode ‘flash sale‘ ramai digunakan oleh para pebisnis ojek daring. Metode flash sale adalah penjualan cepat yang di dalamnya terdapat batasan waktu dengan jumlah produk yang terbatas. Selain flash sale, dapat juga memberikan promo gratis ongkos kirim (ongkir) barang dengan minimal harga pembelian tertentu.

 

Ke-7 (ketujuh) tips promosi bisnis ojek transportasi online dengan media sosial yang terurai di atas dapat bermanfaat, utamanya dalam menciptakan branding dan memberikan banyak keuntungan. Jika tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan, silakan bergabung menjadi mitra pengemudi atau rider ataupun daftar menjadi merchant aplikasi transportasi online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *