Tips Optimasi Aplikasi Driver Ojek Online

Jumlah aplikasi driver yang bekerja di perusahaan ojek online yang terus bertambah, membuat mitra ojol harus punya cara mengoptimasi aplikasi pengemudi tranportasi daring ini agar gacor dan tidak galat. Berharap dengan tips optimasi aplikasi transportasi online ini, para mitra jadi berpotensi mendapat lebih banyak uang ditengah ketatnya persaingan driver dan manuver strategi bisnis ojek online di Indonesia dan Asia Tenggara.

 

Sehubungan itu, mendapat banyak orderan dibarengi konsisten dan tak telat ngebid membuat pertarungan sesama driver semakin sengit. Selain kiat optimalkan aplikasi driver ojek online. Lalu, bagaimana cara memaksimalkan aplikasi pengemudi online yang aman, ringan dan nyaman dari kekuatiran terkena putus mitra, serta agar banjir orderan? Silakan ikuti beberapa tips di bawah ini.

 

1) Nonaktifkan Mode Hemat Daya di Smartphone

Sejak Android versi Lollipop keatas, fitur hemat daya baterai menjadi fitur standar pada handphone android. Fitur ini pun dikenal dan populer dengan banyak nama, seperti: a) Battery Saver; b) Power Saver; dan c) Power Optimization. Tapi, penting di ingat penggunaannya tergantung pada merek smartphone yang ada. Sesuai dengan namanya, maka tujuan hadirnya fitur ini adalah untuk menghemat penggunaan baterai, khususnya saat smartphone sedang tidak digunakan (smartphone terkunci / layar mati).

 

Namun, fitur untuk menghemat daya ini, smartphone akan mengalami penonaktifan beberapa fitur, seperti membatasi deteksi lokasi (maps) dan membatasi penggunaan koneksi internet. Hal ini tentu saja akan membuat notifikasi terlambat masuk (bahkan akan baru masuk ketika kamu baru membuka kunci / menghidupkan layar). Kondisi tersebut bagi mitra driver ojek online akan sangat merugikan. Dengan terlambat mendapat notifikasi berarti akan terlambat pula melakukan bid dan akhirnya order pun melayang begitu saja.

 

Dibawah ini blog tripbisnis.com akan membagikan cara menonaktifkan fitur mode hemat daya pada smartphone Samsung Galaxy Note 9 dengan sistem Android Pie (cara ini pada smartphone lain mungkin langkahnya akan sedikit berbeda).

*) Buka “Pengaturan”;

*) Klik “Perawatan Perangkat”;

*) Klik “Baterai”;

*) Klik “Mode Daya”;

*) Pilih “Perfoma Tinggi”.

 

Baca juga: Hp Samsung yang Bagus Buat Driver Gojek

 

2) Izinkan Aplikasi Driver Ojek Online Berjalan di Latar Belakang

Agar aplikasi driver online dapat bekerja lebih optimal mendapat orderan dari server ojol, aplikasi driver pun perlu di set bekerja pada latar belakang (background activity) misal untuk mengupdate data lokasi secara otomatis agar mendapat order yang terdekat dengan lokasi driver berada.

 

Pada prakteknya, ada 2 pengaturan yang perlu dilakukan agar aplikasi dapat berjalan meski di latar belakang yaitu: a) pengaturan penggunaan baterai; dan b) pengaturan penggunaan data seluler. Berikut adalah cara memberi izin background activity pada hp Samsung Galaxy Note 9 dengan sistem Android Pie (pada smartphone lain mungkin langkah-langkahnya akan sedikit berbeda).

 

Langkah yang harus dilakukan:

*) Buka “Pengaturan”;

*) Klik “Aplikasi”;

*) Pilih Aplikasi Driver Ojek Online (contoh: Oke Driver);

*) Pilih “Baterai”;

*) Pilih “Izinkan aktivitas latar belakang”;

*) Pastikan pengaturan mengizinkan aplikasi untuk dapat menggunakan baterai di latar belakang.

 

Selain penggunaan baterai, penggunaan data atau koneksi internet juga harus di set izinkan berjalan pada latar belakang. Tujuan agar aplikasi dapat mengupdate lokasi maps terbaru kamu pada server ojol. Berikut ini adalah cara memberi izin penggunakan data di latar belakang:

*) Buka “Pengaturan”;

*) Klik “Aplikasi”;

*) Pilih Aplikasi Driver Ojek Online (contoh : GoJek Driver);

*) Pilih “Data Seluler”;

*) Izinkan “Penggunaan Data Latar Belakang”, dan “Izinkan Aplikasi Saat Penghemat Data Aktif”;

 

3) Nonaktifkan Aplikasi Battery Optimization Pada Aplikasi Driver Ojek Online

Fitur penghemat daya di hp tidak hanya ada pada pengaturan smartphone secara umum. Setiap aplikasi hp juga memiliki pengaturan penghemat daya masing-masing. Nah agar aplikasi driver ojek online dapat berfungsi optimal, silakan nonaktifkan fitur ini pada aplikasi driver ojek online anda.

 

Dibawah ini akan di share cara menonaktifkan fitur Battery Optimization pada handphone Samsung Galaxy Note 9 sistem Android Pie (pada smartphone lain mungkin langkah-langkahnya akan sedikit berbeda).

*) Buka “Pengaturan”;

*) Klik “Aplikasi”;

*) Pilih Aplikasi Driver Ojek Online (contoh : Grab Driver);

*) Pilih “Baterai”;

*) Pilih “Optimalkan Penggunaan Baterai”;

*) Pilih “Semua” untuk menampilkan semua aplikasi;

*) Cari Aplikasi Driver Ojek Online (misal: Grab Driver);

*) Nonaktifkan Fitur Tersebut Pada Aplikasi Grab Driver Ojek Online.

 

Baca juga: 7 Smartphone Samsung yang Cocok Untuk Grab Driver

 

4) Berikan Izin Sesuai Kebutuhan Aplikasi

Agar akun driver dapat berfungsi optimal, aplikasi membutuhkan beberapa izin, seperti: a) izin akses data lokasi; dan b) izin akses media penyimpanan. Berikut ini akan di share cara memberi izin pada aplikasi driver ojek online (contoh menggunakan hp Samsung Galaxy Note 9 dengan sistem Android Pie (di smartphone lain mungkin langkah ini akan sedikit berbeda).

*) Buka “Pengaturan”;

*) Klik “Aplikasi”;

*) Pilih Aplikasi Driver Ojek Online (misal: inDriver Driver);

*) Pilih “Izin”;

*) Aktifkan izin yang di butuhkan aplikasi;

 

5) Hidupkan GPS Dengan Mode Akurasi Tinggi

Sebagai driver ojek online tentu sudah mengerti bahwa GPS wajib aktif saat menggunakan aplikasi akun driver ojek online. Untuk fungsi optimal, pastikan agar di setting menggunakan mode akurasi tinggi. Jika lokasi akurat, maka kamu akan mendapat order yang dekat dengan lokasi berada. Berikut ini cara mengaktifkan fungsi lokasi dengan akurasi tinggi di hp Samsung Galaxy Note 9 sistem Android Pie (di smartphone lain mungkin langkahnya akan sedikit berbeda).

*) Buka “Pengaturan”;

*) Klik “Keamanan”;

*) Pada bagian “Privacy”, klik “Lokasi”;

*) Meski sudah aktif, tetap klik “Lokasi” untuk memastikan mode akurasi yang digunakan;

*) Klik “Tingkatkan akurasi”;

*) Aktifkan “Pemindaian Wi-fi” dan “Pemindaian Bluetooth”;

 

6) Izinkan Aplikasi Untuk Menampilkan Notifikasi

Umumnya notifikasi di hp akan langsung di set izinkan tanpa harus melakukan pengaturan secara manual. Tetapi jika kamu menemui kendala notifikasi aplikasi driver ojek online yang tidak muncul, maka tidak ada salahnya mengecek kembali pengaturan notifikasi tersebut. Berikut ini adalah cara melakukan pengaturan notifikasi agar notifikasi aplikasi driver ojek online bisa muncul (contoh bagi driver yang menggunakan smartphone Samsung Galaxy Note 9 dengan sistem Android Pie.

*) Buka “Pengaturan”;

*) Klik “Aplikasi”;

*) Pilih Aplikasi Driver Ojek Online (contoh: Maxim Driver);

*) Pilih “Pemberitahuan”;

*) Aktifkan “Tampilkan Notifikasi”.

 

Tips Agar Mendapat Banyak Order Ojek Online Atau Gacor

Disamping pengaturan yang dijelaskan diatas, tips dibawah ini juga penting untuk di perhatikan agar para mitra driver mendapat banyak order dari server ojek online. Cara berikut ini memang terlihat sederhana akan tetapi jika dilakukan akan berpengaruh sangat signifikan dalam menentukan jumlah order yang masuk atau jadi akun gacor.

 

Baca juga: Tips Membuat Akun Gojek Driver Agar Tetap Gacor Orderan

 

1) Pastikan Layar Tetap Hidup Dan Aplikasi Terbuka Saat Menunggu Order Ataupun Melayani Order

Pada OS Android, umumnya akan memprioritaskan aplikasi yang sedang berjalan (terbuka) dibandingkan dengan aplikasi yang tidak sedang berjalan. Itu berarti jika kondisi layar hidup dan aplikasi akun driver ojek online sedang terbuka/berjalan, maka aplikasi tersebut akan mendapat prioritas baik dalam hal: a) perfomance, b) penggunaan baterai, dan c) penggunaan koneksi internet.

 

2) Buka Aplikasi Setidaknya Satu Kali Setiap Kali Anda Sampai Di Lokasi Menunggu Order

Secara prinsip aplikasi driver ojek online yang sedang dalam kondisi terbuka/berjalan akan mendapat prioritas. Disamping itu, saat membuka aplikasi maka secara otomatis aplikasi akan melakukan update/refresh, salah satunya update data lokasi maps yang terbaru. Cara ini tidak akan menyita waktu kamu, tetapi akan berpengaruh signifikan dengan jumlah tawaran order dan jarak penjemputan yang akan didapatkan.

 

3) Gunakan Koneksi Internet Yang Memadai

Koneksi internet yang memadai sudah menjadi syarat wajib agar tawaran/notifikasi order bisa diterima aplikasi dengan cepat dan akun pun jadi gacor. Untuk itu silakan gunakan internet provider yang paling baik di daerah kamu. Jika memungkinkan, usahakan senantiasa menggunakan sinyal 4,5G untuk hasil lebih maksimal.

 

Baca juga: Paket Internet Terbaik Untuk Gojek Driver

 

4) Nonaktifkan Aplikasi Lain Yang Tidak Digunakan

Kamu harus upayakan untuk menonaktifkan aplikasi selain aplikasi driver ojek online. Tentu hal ini akan membuat smartphone tidak lemot karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Terlebih jika spesifikasi smartphone yang kamu pakai untuk ngojek tidak terlalu baik.

 

5) Usahakan Menggunakan Smartphone Dengan Spesifikasi Yang Memadai

Jika kamu memiliki cukup uang, usahakan untuk menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang memadai (misal RAM 3 GB keatas). Hindari untuk menggunakan smartphone jadul yang sudah berumur lebih dari 2 tahun mengingat perfoma smartphone tersebut tentu sudah menurun akibat umur penggunaan yang relatif lama.

 

6) Gunakan Fitur Sebaran Order (Heat Map) Untuk Melihat Lokasi Mangkal Strategis

Lokasi berperan sangat penting dalam menentukan jumlah tawaran order yang bisa di terima akun driver. Dengan menggunakan fitur sebaran order (heat map) maka akan bisa melihat daerah yang strategis, yaitu daerah yang banyak terdapat order tetapi jumlah driver di daerah tersebut tidak terlalu ramai. Jadi penting diingat, kemampuan driver dalam mengatur strategi sangat dibutuhkan dalam hal ini.

 

7) Lakukan Update Aplikasi Dan Gunakan Aplikasi Ojek Online Driver Versi Terbaru

Aplikasi driver umumnya diupdate setiap waktu tertentu. Update tersebut dilakukan untuk memperbaiki bugs ataupun beragam optimasi sehingga aplikasi dapat berfungsi lebih baik dan optimal. Dengan menggunakan aplikasi terbaru, maka kamu dapat menikmati aplikasi yang lebih stabil, berfungsi optimal dan kaya fitur.

 

Baca juga: Cara Bikin Akun Maxim Driver Jadi Gacor Orderan

 

Demikian tips melakukan optimasi aplikasi driver ojek online agar maksimal onbid. Nah, dengan melakukan beberapa cara diatas, para pengemudi transportasi online dan mitra driver ojol akan mampu meningkatkan potensi jumlah order yang bisa masuk ke akun drivernya.

 

Jika masih menemui kendala dalam melakukan pengaturan dan optimasi, maka silahkan hubungi call center ojol dan jangan sungkan bertanya kepada pakar IT perusahaan ojol di Indonesia. Semoga cara yang blog ini bagikan diatas bermanfaat bagi driver online Indonesia untuk meningkatkan penghasilan setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *