Tis & Strategi Merayakan Idul Fitri 2021

Tips Merayakan Idul Fitri 2021

Merayakan lebaran di tengah pandemi Corona dan adanya pelarangan mudik menjadi tantangan sendiri. Sebab, itu Kamu harus banyak menahan diri dan punya tips bagus agar tidak membosankan selama libur idul fitri. Mulai dari menahan diri karena tidak ketemu dengan keluarga di kampung, menahan keinginan untuk keluar rumah demi menghindari keramaian, dan menekan berbagai keinginan untuk belanja konsumtif.

 

Lalu, seperti apa cara dan strategi yang bisa Kamu lakukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada pada lebaran tahun 2021 ini? Simak tipsnya.

 

1) Lebaran dengan perayaan sederhana

Pandemi Corona belum diketahui kapan akan berakhir, meski vaksinasi sudah di lakukan ke banyak masyarakat. Di sisi lain, kebutuhan hidup tak terduga ke depannya harus di antisipasi sejak dini. Langkah paling bijak untuk menghadapi ketidakpastian tersebut adalah dengan cara berhemat.

 

Tips & Strategi Merayakan Idul Fitri 2021

 

Salah satu yang mudah di lakukan untuk menekan pengeluaran adalah dengan menyederhanakan sajian menu lebaran tahun ini. Jika biasanya saat lebaran berlimpah kue kering, opor, minuman, dan hidangan lebaran khas lainnya, tahun ini menu yang tersaji di meja bisa lebih sederhana untuk penghematan pengeluaran.

 

Kalau biasanya lebaran dengan mengenakan baju dan sepatu baru, tahun 2021 ini anggaran belanja untuk hal tersebut bisa disimpan terlebih dahulu untuk keperluan yang lebih mendesak ke depannya.

 

2) Silaturahmi online

Merayakan lebaran terasa kurang afdol tanpa adanya saling memaafkan dan mengucapkan selamat lebaran. Meski berjauhan dan tidak bisa mudik, silaturahmi dan tradisi sungkem harus tetap jalan.

 

Baca juga: Pak Eko Berikan Tips Berkendara Saat Mudik Lebaran 2021

 

Kamu bisa gunakan fitur video conference untuk menyapa keluarga dan kerabat terkasih di hari raya. Beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk ‘silaturahmi online’ di antaranya WhatsApp, Instagram, Skype, Facebook, Zoom, dan Google Hangout.

 

Namun dalam menggunakan aplikasi tersebut, Kamu perlu menjaga kerahasiaan data pribadi agar tidak bocor. Pastikan terlebih dahulu keperluan data yang diminta dan keamanannya benar-benar dapat dipercaya.

 

3) Tetap menjalankan protokol kesehatan

Pemerintah melalui kementerian agama telah mengimbau agar masyarakat lebih mempertimbangkan untuk menunaikan salat Idul Fitri 2021 di rumah saja. Imbauan tersebut disampaikan tak lain guna mencegah penyebaran virus Corona yang saat ini cenderung meningkat.

 

Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan fatwa bahwa salat Idul Fitri boleh saja dilaksanakan di rumah, terutama bagi seseorang yang berada di zona merah penyebaran Covid19.

 

Pelaksanaan sholat id berjamaah yang diimbau di ruangan terbuka hanya boleh di wilayah RT zona kuning atau hijau. Selain itu protokol kesehatan juga harus dilakukan secara ketat oleh panitia. Di mana tidak boleh dihadiri lebih dari 50% dari kapasitas tempat solat. Seperti menyediakan alat pengecek suhu bagi jamaah sholat, tidak diikuti lansia, orang sakit atau baru sembuh, atau yang baru tiba dari perjalanan, dan memakai masker sepanjang rangkaian sholat.

 

BKM dan atau panitia sholat Idul Fitri juga wajib mencari tahu informasi kepada Satgas daerah di tingkat desa atau kelurahan, serta mempersiapkan tenaga pengawas protokol kesehatan. Selain itu, pelaksanaan takbiran dilakukan terbatas hanya 10 persen dari kapasitas masjid, dan tidak ada takbiran keliling.

 

Untuk itu adalah langkah bisa dengan pilihan melakukan salat Id di rumah. Sebab Kamu bisa mencegah adanya kontak fisik dengan orang lain. Namun bagaimana jika kedatangan tamu di hari Idul Fitri 2021 ini? Tentu, menolak kunjungan tamu apalagi mitra bisnis mungkin akan terkesan tidak sopan, tapi Kamu berhak memberlakukan protokol kesehatan. Seperti wajib memakai masker ketika menerima tamu, tidak berjabat tangan, meminta tamu untuk cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menerima tamu hanya di teras atau tidak di dalam rumah, dan menjaga jarak saat berbincang minimal 1,8 meter physical distancing.

 

Berikut adalah daftar 12 zona merah Covid19 di Indonesia per 9 Mei 2021:

– Sumatra Utara: Deli Serdang;

– Sumatra Selatan: Kota Palembang;

– Sumatra Barat: Agam, Tanah Datar, Lima Puluh Kota;

– Riau: Kota Pekanbaru, Rokan Hulu;

– Jambi: Batanghari;

– Nusa Tenggara Timur: Lembata, Sumba Timur;

– Jawa Barat: Majalengka;

 

Baca juga: Sesuaikan Business Trip Anda Dengan Jadwal Cuti Bersama 2021

 

4) Hindari berlama-lama

Kamu tidak akan pernah tahu dan mungkin tamu yang berkunjung ternyata adalah carrier atau pembawa virus Corona yang tidak menunjukkan gejala. Jadi, demi kebaikan bersama, usahakan di lebaran ini untuk tidak dan atau meminimalisir saling mengunjungi dan atau perjalanan luar rumah. Terapkan juga protokol kebersihan dan kesehatan saat melakukan persiapan lebaran.

 

5) Melakukan salat Idul Fitri di rumah

Di hari Lebaran, seluruh umat muslim kerap melakukan salat Id sebanyak 2 rakaat baik di mesjid dan atau di ruang terbuka lainnya. Meski merupakan salat sunah, salat di hari raya ini sangat dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah.

 

Akan tetapi, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, salat Idul Fitri justru lebih baik dan bijak dilaksanakan di rumah, baik sendirian maupun bersama anggota keluarga.

 

Bila sholat Id dilakukan sendirian, Kamu cukup melaksanakan salat ini seperti biasanya dengan membaca surat-surat yang pendek dan tidak perlu ada khotbah.

 

Bila dilakukan bersama anggota keluarga di rumah, maka bisa dilakukan sedikitnya 4 orang, yaitu 1 orang imam dan 3 orang makmum. Tata cara sholatnya sama seperti salat Id biasa.

 

Seusai salat, khotbah dilakukan sesuai ketentuan khotbah Idul Fitri. Namun, bila jumlah jamaah kurang dari 4 orang atau bila dalam pelaksanaan salat jamaah di rumah tidak ada yang bisa memberikan khotbah, salat Idul Fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa khotbah.

 

Memang akan ada banyak perubahan yang harus diikhlaskan. Namun, siapa pun harus tetap berjuang di lebaran tahun ini supaya bisa berkumpul lagi dengan orang-orang terkasih di lebaran tahun depan.

 

Meski merayakan lebaran kali ini Kamu tetap di rumah, jangan lupa untuk terus melakukan tindakan tips pencegahan agar tidak terinfeksi virus Corona, yaitu dengan rajin mencuci tangan, mengenakan masker, menerapkan physical distancing, serta menerapkan etika batuk dan bersin.

 

Akhirnya, blog ojek online tripbisnis.com mengucapkan ‘Selamat Merayakan Idul Fitri 2021 dan Mohon Maaf Lahir Batin‘.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *