Tips Mengembangkan Blog Ojek Online

Situs transportasi berbasis aplikasi smartphone dan blog ojek online yang membahas tentang tips, cara dan tutorial aplikasi ojol di hp, jumlahnya terus meningkat di Indonesia. Akibatnya, persaingan kata kunci berhubungan dengan ojol semakin sengit di halaman search engine kepunyaan google. Karena, seiring terus bertambahnya jumlah konten (baik artikel, gambar/foto dan video) yang ditulis dan di upload ke dalam blog menjadi jalan untuk mempengaruhi pembaca/pengunjung untuk melihat atau mengetahuinya.

 

Mau tak mau, tips atau cara mudah mengembangkan blog ojol pun terus dicari, agar popularitas dan brand tertanam dengan baik dan blog bisa menghasilkan uang. Hal mengembangkan blog, tak luput dari 3 elemen yaitu ide, tempat dan waktu. Adanya waktu secara intens mengelola blog menjadi hal signifikan di samping adanya ide, tempat untuk berkarya menulis berbagai konten berkualitas untuk disajikan kepada pembaca atau pengunjung blog.

 

Bila cermat dan kreatif, sebenarnya sudah banyak tutorial berisi tips-tips ngeblog yang ditulis oleh para blogger. Tentu semuanya bertujuan untuk membantu siapa saja, khususnya pemula yang akan mengembangkan blog lebih bagus lagi. Meski tips tersebut harus dipilah, apakah cocok atau tidak untuk diterapkan ke dalam blog topik ojek online.

 

Dalam catatan pengalaman saya mengembangkan blog tripbisnis.com, menganalisis setidaknya ada 4 (empat) tips yang mudah dilakukan dan hasilnya tidak mengecewakan. Keempat tips dimaksud adalah:

 

1) Riset Topik Tulisan

Sebelum membuat konten, misalnya menulis artikel maka cari dan matangkan ide yang terkait dengan dunia transportasi online atau topik lain terkait ojol. Ingat, adanya ide tulisan yang akan dibahas menjadi kunci utama dalam implementasi konten berkualitas, terutama untuk kebutuhan di dunia blogging. Tanpa ide yang bagus, maka blogging tidak membuahkan hasil apalagi menghasilkan uang. Oleh karena itu, carilah ide yang cocok dan benar-benar di kuasai, bila perlu lakukan riset komprehensif dengan mencari referensi akurat dan datanya bisa dipertanggungjawabkan. Mungkin di dalam pikiran ada banyak ide yang akan ditulis, namun pilihlah satu di antaranya yang menjadi prioritas untuk segera dituliskan atau dipublikasikan dalam blog.

 

Baca juga: Cara Membuat Blog Niche Traveling Untuk Bisnis

 

Jangan lupa juga, eksplorasi ide yang dipilih itu, apakah bagus dijadikan tulisan dan linear dengan topik blog ojek online punyamu? Jika cocok, perbanyak penggunaan kosa kata dan memasukkan referensi lain untuk mempertajam wawasan mengenai ide tersebut. Tampilkan ide secara terstruktur ke dalam ‘mind mapping‘ agar lebih kreatif dan memudahkan langkah untuk memperluas ide ke dalam tulisan.

 

Selain itu, ide tulisan akan semakin tajam dan mudah dipahami dengan menggunakan gaya bahasa ciri khas sendiri. Penggunaan gaya bahas ini akan memberikan brand unik dan lebih cepat dikenal oleh pembaca maupun blogger lain. Ciri khas anda sebagai blogger akan lebih mampu membuat pengunjung menjadi lebih tertarik dalam membaca tulisan dan mengunjungi blog anda selanjutnya.

 

2) Atur Navigasi Blog

Kehadiran menu navigasi sangat membantu pembaca untuk membuka setiap halaman yang mereka cari dari setiap konten yang sudah dipublikasikan. Untuk itu, sangat penting mengatur navigasi dan membuatnya lebih cepat mengetahui, misal memuat kategori tulisan, laman statis, post tulisan terbaru, komentar dari pengunjung, dan lain sebagainya.

 

Memang, ada sebagian blogger profesional yang terkadang melupakan hal ini. Namun, jika pengunjung blog ojek online sudah banyak, maka visitor perlu dipandu agar mendapat apa yang mereka cari di dalam blog-mu. Ihwal mencari visitors memang sangat penting, tetapi unsur page views juga sebagai indikator untuk kemajuan blog mampu bersaing dengan topik sejenis. Artinya, kehadiran menu navigasi ini akan memaksimalkan jumlah halaman yang dibuka oleh tiap pengunjung ketika mampir ke blog. Walau, kebanyakan pengunjung sampai ke blog kita berasal dari mesin pencari seperti google. Kebanyakan dari mereka mengunjungi blog, hanya karena membutuhkan satu tulisan atau konten tertentu yang mereka cari dan kebetulan pula tulisan tersebut ada termuat di dalam blog kita.

 

Nah, apakah puas jika pengunjung hanya membaca satu tulisan tentang transportasi online saja sementara di dalam blog berisi ratusan tulisan berkualitas yang dengan susah payah ditulis. Maka dari itulah, sangat penting membuat menu kategori yang jelas untuk blog, serta buatlah kategori tertentu yang sesuai dengan topik tulisan yang dibahas.

 

Mengenai tempatnya, bisa diatur di bawah judul blog, dalam sidebar, atau di bagian footer. Intinya, tampilkan navigasi secara jelas dan menarik agar pengunjung tidak susah payah mencari-cari tulisan lain di dalam blog. Suka tak suka, setiap orang memiliki multi hal yang disukai, dan tak menutup kemungkinan semuanya terpenuhi di dalam konten yang sudah dipublikasikan. Semuanya diketahui atas adanya bantuan dari menu navigasi.

 

Pikirkan juga untuk membuat daftar isi di dalam blog, sehingga pengunjung dapat lebih mudah mencari tulisan lain yang topiknya mereka sukai tanpa harus menutup halaman blog, dan atau pun mencarinya di blog milik blogger lain.

 

3) Jangan Mudah Bosan

Sebagian blogger tanah air, cepat merasa jenuh di dunia blogging yang mengulas tentang ojek online. Bisa jadi karena tidak punya waktu, ide tidak ditemukan, kalau bersaing dengan blogger lain, dan atau bisa karena tidak menghasilkan apa-apa terutama uang.

 

Siapa pun, pasti akan pernah berhadapan dengan rasa jenuh dan bosan. Tapi bila sudah terjun ke dunia blogging harus membuang jauh-jauh hal ini. Mengapa? Maju dan berkembangnya sebuah blog adalah tergantung dari intensitas mengelolanya, terutama upload konten secara berkala. Apa hal baru yang akan kamu sajikan kepada pembaca, sementara publikasi artikel atau konten tidak pernah dilakukan? Ibarat ladang yang tidak terawat dan tak pernah diberikan pupuk, tentu tanaman yang tumbuh di atasnya tidak akan menghasilkan buah yang berkualitas baik dan jumlahnya pun pasti sedikit. Update blog adalah pupuknya.

 

Baca juga: Mengenal Transportasi Online MyTimor di Timor Leste

 

Untuk itu, lawan rasa kejenuhan agar perkembangan blog ojol kamu menunjukkan hasil yang signifikan, seiring dengan bertambahnya waktu dan jumlah tulisan yang terpublikasi. Saran saya, bangun blog yang sesuai dengan minat atau hobi yang kamu sukai. Mengenal kemampuan diri adalah hal utama. Jangan karena blogger A membahas tentang keuangan dan dunia perbankan, andapun ikut-ikutan sementara latar belakang dan pengetahuan atas hal itu tidak dimiliki. Dengan cara mengenal diri, akan membuat kamu tidak akan pernah jenuh atau berhenti dari dunia blogging.

 

4) Kenyamanan Pengunjung

Ihwal membuat pengunjung nyaman selama berkunjung di blog adalah sangat penting untuk memajukan blog di masa mendatang. Untuk itu, upayakan agar mencari dan menyesuaikan kebutuhan apa saja yang penting buat pengunjung. Misalnya mereka adalah mitra pengemudi/driver ojek online, maka kebutuhan informasi cara membuat akun menjadi gacor tanpa root harus di tulis dengan sistematis dan mudah dimengerti. Bila penting memuat gambar atau vidoe tutorial agar semakin menarik.

 

Cara lain, posisikan diri kamu (blogwalking) sebagai pengunjung yang berkunjung ke dalam blog milik blogger lain. Cari dan temukan jawaban, hal apa saja yang membuat kamu betah berkunjung ke blog itu dan hal apa yang tidak kamu sukai dari blog tersebut.

 

Satu indikator yang membuat visitor nyaman selama berselancar di blog adalah karena gampang diakses dan loading sangat cepat. Ingat tidak semua pengunjung memiliki kuota jaringan internet cepat. Maka penting untuk meminimalkan adanya protes karena loading blog ojolmu sangat lama. Meski, koneksi internet yang digunakan pengunjung tersebutlah yang lambat.

 

Nah, dengan mengupayakan loading blog agar cepat membuka satu dan beberapa halaman, maka hal ini merupakan langkah mempermudah pengunjung untuk mengakses blog untuk menemukan jawaban dari apa yang mereka cari. Hindari juga desain blog yang terlalu banyak embel-embel di dalamnya, malahan hal ini terkesan membuat tampilan blog kurang menarik, berat, dan justru membuat pembaca menjadi kesulitan untuk membaca tulisan di dalam blog tersebut.

 

Intinya, mengembangkan blog agar semakin berkualitas dan memiliki daya saing tak lepas dari tata kelola dan desain blog yang membuat pengunjung menjadi lebih nyaman selama berkunjung di dalam blog. Semakin lama, semakin baik untuk menghindari tingginya ‘bounce rate’. Ingat, blog dan kontennya dibuat adalah untuk di baca manusia, jadi prioritaskan sebagai target. Jangan lebih mementingkan mesin pencari dengan menggenjot kinerja SEO untuk meningkatkan persaingan kata kunci menuju halaman satu, sementara kenyamanan pengunjung kurang mendapat perhatian sehingga langsung menutup halaman blog tersebut.

 

Demikian pembahasan mengenai 4 cara/tips mengembangkan blog ojek online (transportasi berbasis aplikasi), semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *