Jualan Kuliner di App Okefood

Tips Jualan Kuliner di Okefood Agar Omset Meningkat

Meningkatkan omset penjualan berbagai menu makanan dan minuman yang di jual melalui aplikasi Okefood merchant Okejek tidaklah mudah. Untuk itu, pebisnis harus punya tips dan strategi ampuh bagaimana cara berjualan di aplikasi ojek online agar bisa banyak pembeli.

 

Tren layanan pesan antar makanan melalui aplikasi ojol kian meningkat, bahkan hampir seluruh perusahaan ojol yang beroperasi di Indonesia ada menawarkan fitur pesan antar makanan ini. Selain lebih memudahkan konsumen dalam membeli makanan, model bisnis ini diyakini dapat meningkatkan penjualan makanan berkali lipat. Jadilah Okefood sebagai satu satu layanan jasa pemesanan dan pengantaran makanan dari restoran terdaftar di aplikasi ke konsumen Okejack.

 

Dalam pandangan dan analisa Kami dari blog tripbisnis.com, Okefood memang terbukti memberikan banyak keuntungan bagi pebisnis kuliner di tanah air, khususnya UMKM. Mengapa? Karena, Okefood bisa menjadi tools terbaik untuk mempromosikan makanan dan minuman yang bisa menjangkau wilayah layanan Okejek. Tak mengherankan, hampir semua pemilik usaha kuliner memanfaatkan layanan merchant ini.

 

Jualan Kuliner di App Okefood

 

Sebagaimana Kami jelaskan, berjualan makanan/minuman di aplikasi Okefood tidaklah gampang. Satu penyebabnya, karena sudah banyak pesaing-pesaing bisnis kuliner yang juga menggunakan aplikasi pesan antar makanan ini. Bahkan, restoran-restoran besar juga tidak mau ketinggalan untuk menggunakannya sebagai satu strategi pemasaran di era digital.

 

Tapi Kamu tak perlu khawatir, bagi bisnis kuliner dengan skala menengah ke bawah masih punya peluang besar untuk sukses dengan omset jutaan dari berjualan di apk Okefood. Berikut beberapa catatan Kami mengenai tips jualan di Okefood agar cepat populer.

 

1) Buatlah Nama Resto (Merchant) yang Spesifik

Memang, untuk bisnis berskala besar, menggunakan nama merchant atau nama toko tidaklah menjadi masalah. Hal ini karena brand dimaksud sudah banyak yang mengenalnya. Kamu dapat menggunakan nama brand yang sudah terkenal tersebut sebagai nilai jual restoran di app Okefood.

 

Tapi berbeda dengan bisnis berskala kecil (warung makan rumahan atau UMKM), Kamu pun perlu memikirkan untuk menggunakan nama yang tepat. Nama merchant pun harus relevan dengan apa yang di jual. Misalnya warung yang menjual soto, maka sebaiknya gunakan nama merchant soto yang ditambahkan dengan kata lainnya, seperti ‘Soto Medan, Soto Dapur Mertua’, dan sebagainya.

 

Baca juga: Cara Daftar Mitra Okefood di Aplikasi Okejek

 

Setidaknya, nama makanan atau minuman yang di jual menjadi identitas yang sangat khas pada nama merchant Okejek. Karena kebanyakan, konsumen Okefood akan mengetikkan nama menu yang mereka cari, bukan nama merchant atau nama toko. Jadi pilihlah nama merchant restoran yang benar-benar sama dengan nama makanan yang di jual.

 

2) Analisa Lokasi Disekitar Merchant

Alamat merchant berada, sangat mempengaruhi hasil penjualan di Okefood. Untuk itu sangat penting untuk mengenal karakter dan kondisi di sekitar peta lokasi merchant berada, karena konsumen akan lebih memilih lokasi merchant terdekat dengan mereka karena ingin menghemat ongkos kirim (ongkir) dan mempersingkat waktu menunggu pesanan datang.

 

Sebaiknya pahami dulu siapa yang berada di sekitar lokasi berdirinya restoran. Jika dekat dengan kampus, itu artinya mahasiswa adalah target terbesar dari makanan dan minuman yang di jual. Dengan begitu harus juga menyesuaikan menu dan harga jualnya.

 

Sediakan pula menu yang menjadi favorit mahasiswa dengan harga yang ramah di kantong mereka. Siapa yang berada di sekitar lokasi map merchant, maka merekalah target pasar yang potensial untuk meningkatkan omset penjualan.

 

3) Titik Lokasi di Map Harus Akurat

Titik lokasi yang Kamu berikan kepada tim sales Okefood harus tepat dan akurat dengan lokasi tempat resto sebenarnya. Jika memberikan titik lokasi map yang kurang tepat, hal ini bisa merugikan Kamu. Sebab, mitra driver Okejek akan sulit menemukan hingga rentan cancel orderan.

 

Baca juga: Alamat Kantor Okejek di Seluruh Indonesia

 

Ingat, biasanya konsumen yang memesan food akan melihat peta map untuk meyakinkan mereka bahwa makanan dari restoran tersebutlah yang mereka cari. Jika memang peta lokasi resto yang diberikan kurang tepat, sebaiknya segera menghubungi tim sales Okefood untuk menggesernya. Intinya, jangan membuat konsumen dan Okedriver bingung dengan lokasi restoran Kamu.

 

4) Sajikan Menu Makanan/Minuman yang Menggoyang Lidah

Menu makanan yang disajikan menjadi daya tarik utama dalam bisnis kuliner online. Untuk itu, sajikan berbagai menu yang menarik, memiliki cita rasa khas dan berkualitas, serta harga lebih kompetitif. Cari tahu dan tambahkan, menu seperti apa yang paling banyak dicari oleh konsumen.

 

Menu-menu yang terkesan lebih menjual akan mendongkrak bisnis kuliner berkali lipat. Beruntung jika ada banyak pelanggan yang order kembali setelah pembelian pertama. Itu tandanya menu yang disajikan dapat diterima dan rasanya nikmat bagi mereka.

 

Selain sajian menu yang menarik, harus tetap memperhatikan kualitas dan kebersihan tempat dan menu yang di jual. Sajian menu dari bahan yang murahan akan mengurangi cita rasa makanan yang di jual, serta perhatikan juga nilai nutrisi dan kesehatannya. Yakinlah kalau makanan berkualitas, maka konsumen akan order kembali ke resto Kamu.

 

5) Ketepatan Waktu Operasional

Dalam menjalankan bisnis kuliner di apk Okefood, Kamu harus memahami waktu-waktu tertentu (misal buka atau tutup), dan kapan waktu dimana pesanan meningkat. Waktu ini biasanya bergantung pada mayoritas calon konsumen yang ada di sekitar area layanan Okejek.

 

Baca juga: Bayar Pesanan Okejek Pakai LinkAja Dapat Cashback Rp 5000

 

Jika konsumen adalah mayoritas mahasiswa, maka waktu-waktu yang efektif adalah di waktu pagi sebelum jam 8, siang pada jam makan siang, dan malam hari saat jam makan malam. Di jam-jam ini biasanya permintaan pesanan order via Okefood akan meningkat.

 

Beda halnya jika konsumen adalah mayoritas pekerja kantoran, di mana mereka akan ramai memesan makanan atau minuman pada saat jam makan siang. Jadi Kamu harus mengambil waktu operasional di jam-jam tersebut. Untuk lebih efektif, maka sebaiknya merchant Okefood di buka minimal 12 jam yang menjangkau seluruh jam-jam yang ramai orderan food.

 

6) Analisa Kompetitor yang Ada

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi bisnis kuliner bisa berkembang dengan baik adalah dengan memahami karakter kompetitornya. Pesaing yang ada di sekitar lokasi dan menu sejenis sangat menentukan keberhasilan berjualan di Okefood.

 

Agar dapat bersaing, segera cari tahu tentang menu-menu yang mereka sajikan. Buatlah menu baru yang jarang disajikan oleh restoran pesaing di sekitar Kamu. Jika ada beberapa menu yang sama, buatlah sesuatu yang menjadi pembeda dan harus lebih baik menu milik Kamu.

 

Pertimbangkan juga tentang harga yang ditawarkan kompetitor. Karena harga ini memiliki andil yang besar bagi konsumen Okejek dalam memutuskan memilih makanan. Selisih harga yang sedikit pun bisa mengubah pola pikir konsumen, sehingga tak jadi memesan dari merchant Kamu.

 

7. Penawaran Dengan Harga Menarik

Harga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi psikologis konsumen berbelanja di app Okefood. Mereka bisa jadi berubah pikiran dalam sekejap ketika melihat makanan dengan harga yang menawan. Di mana awalnya mereka tertarik dengan menu makanan atau minuman yang Kamu jual, bisa saja berubah dalam hitungan detik saat mereka melihat menu yang sama dengan harga yang lebih murah dari merchant Okefood lain. Hal ini sangat merugikan jualan Kamu.

 

Hal itulah sebabnya mengapa Kamu perlu melakukan riset komprehensif terhadap pesaing di sekitar Kamu agar mampu menyaingi harga yang ditawarkan pesaing. Selisih harga sedikit saja, tidak akan membuat bisnis Kamu merugi atau bangkrut. Namun strategi ini bisa berdampak besar terhadap penjualan kuliner di hari berikutnya.

 

8) Memaksimalkan Kecepatan Penyajian dan Layanan

Kecepatan dalam menyajikan makanan atau minuman merupakan poin penting dalam berjualan di Okefood. Sekalipun menu makanan yang disajikan rasanya enak dan bersih, itu bukan sepenuhnya dapat menarik hati konsumen.

 

Baca juga: Okejek Kini On Bid di Palembang

 

Kecepatan dan layanan dalam menyajikan makanan ikut mempengaruhi kepuasan pelanggan dan mitra driver terhadap pelayanan dari merchant. Karena pada umumnya, konsumen yang memesan makanan di aplikasi Okefood cenderung butuh waktu yang cepat ke tangannya.

 

Ingat, para konsumen biasanya tidak sabar menunggu. Jika pembuatan makanan terlalu lama, jangan harap konsumen akan betah dengan pelayanan merchant. Jadi, lakukanlah pembuatan dan penyajian dalam waktu yang efisien dan secepat mungkin.

 

9. Tampilan Foto Menu Harus Asli dan Menggiurkan

Percaya atau tidak, tampilan gambar mengambil peran penting dalam mempengaruhi psikologis konsumen. Faktanya, banyak orang yang tertarik dengan suatu menu bukan karena melihat daftar menu, namun karena sudah lebih dulu melihat gambar menu.

 

Nah, kebanyakan merchant di Okefood tidak seluruhnya menyertakan gambar menunya, hanya menuliskan daftar. Nah ini adalah peluang besar bagi Kamu untuk mencuri perhatian konsumen dengan deretan gambar menu yang menarik dan lengkap.

 

Untuk itu, pasang lah gambar terbaik untuk menu-menu yang Kamu jual. Tampilkan gambar yang dapat menggiurkan konsumen pada penglihatan pertama. Dan tempatkan pula gambar menu terbaik pada foto utama di aplikasi Okefood.

 

Selain itu gunakan gambar asli, dalam artian gambar tersebut memang hasil dari jepretan makanan atau minuman yang Kamu jual. Tidak jarang konsumen dibuat kecewa, karena makanannya tidak sesuai dengan gambarnya. Jadi menjaga kepercayaan konsumen harus tetap Kamu pikirkan. Sebab hal ini sangat mempengaruhi keberhasilan bisnis kuliner via aplikasi ojek online kedepannya.

 

10) Tawarkan Paket Secara Lengkap

Untuk lebih menarik perhatian pelanggan, Kamu bisa menawarkan kuliner dengan metode paket lengkap. Paket lengkap disini berarti kuliner Kamu sudah termasuk berbagai opsi lauk dan minuman yang misalnya diberikan secara gratis.

 

Kamu pun bisa memberikan harga paket kuliner ini lebih murah daripada membeli per satuan. Dengan tips ini akan memberikan kesan, bahwa kuliner Kamu di Okefood sangat ‘worth it’ untuk layak di beli pelanggan Okejek.

 

Baca juga: Pak Eko: Sangat Tepat LinkAja Masuk ke Ekosistem Okejek

 

Selain itu buatlah kesan bahwa konsumen Kamu merasa untung banyak saat membeli kuliner dari merchant Kamu, dengan begitu mereka akan sangat tertarik membeli kuliner di hari berikutnya.

 

11) Menggunakan Kemasan Terbaik

Ketika memesan makanan di Okefood, konsumen akan mendapatkan makanan atau minuman yang sudah dikemas atau dibungkus dengan baik. Untuk itu, Kamu harus memberikan kemasan terbaik untuk bisnis kuliner, mulai dari kualitas kemasan dan cara pengemasannya. Mengapa? Karena tak sedikit konsumen merasa jera memesan makanan akibat selera makan mereka berkurang dengan melihat kemasan makanan yang buruk.

 

12) Berperan Aktif Mengikuti Berbagai Program Promo Okefood

Di aplikasi Oke Food akan ada banyak program promo untuk meningkatkan penjualan. Sayang sekali jika merchant Kamu melewatkan program promo tersebut. Sebab dengan promo, penjualan dapat lebih meningkat.

 

Silahkan bertanya dan berkonsultasi dengan tim sales Oke_food tentang program promo yang akan dan sedang berlangsung. Jangan sampai melewatkannya, karena ini sangat menguntungkan untuk merchant Kamu, khususnya untuk mengenalkan jenis kuliner Kamu ke ekosistem Okejek.

 

13) Mendapatkan Bintang (Rating) Sebanyaknya

Salah satu keputusan konsumen dalam membeli makanan di Okefood merchant adalah karena bintang (rating). Kebanyakan yang ada dipikiran konsumen adalah semakin besar bintang (rating) kuliner di Okefood, maka semakin enak cita rasa kuliner tersebut.

 

Baca juga: Strategi Jitu Membuat Akun Okejek Gacor Orderan

 

Untuk mendapatkan bintang (rating) yang tinggi, maka Kamu selaku pelaku usaha harus fokus dalam memberikan pelayanan terbaik dan profesional. Mulai dari kecepatan, harga, ketepatan pesanan, hingga cita rasa. Yakinlah jika pelanggan benar-benar puas dengan kuliner Kamu, maka mereka akan dengan senang hati memberikan lima bintang untuk merchant Okefood milik Kamu.

 

14) Promosi di Media Lain

Pebisnis kuliner untuk mempromosikan warung atau toko kulinernya, lebih memilih cara membuat diskon. Strategi promo diskon harga sudah sering dilakukan dan terlihat di dalam aplikasi ojek online, baik promo langsung dari restoran atau dari pihak aplikator.

 

Sebenarnya, para pemilik bisnis kuliner melalui merchant Okejek pun tetap bisa melakukan promosi di media sosial (misal Facebook, Whatsapp, Telegram, Linkedin, Instagram dan Youtube), iklan, dan media lainnya.

 

Baca juga: Tips Promosi Bisnis Ojek Online di Media Sosial

 

Ingat, kehadiran aplikasi Oke-food memang banyak memberikan keuntungan baik untuk penjual, pembeli dan mitra driver pesan antar makanan. Sangat disayangkan jika Kamu melewatkan peluang besar meningkatkan omset ini. Semoga dengan beberapa tips jualan di merchant Okejek di atas, dapat lebih memudahkan Kamu untuk meraup omset yang besar pada bisnis kuliner di ekosistem ojek transportasi online yang kental dengan warna oranye ini.

 

Nah agar semakin sukses, penting juga untuk memastikan makanan dan minuman yang Kamu jual di apk Okfood adalah kreasi baru dari hasil inovasi yang terus menerus dilakukan, sehingga pelanggan tak mudah bosan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *