Tips Driver Ojol Perempuan Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Kehadiran transportasi online telah membuka lapangan pekerjaan baru bagi perempuan untuk bekerja menjadi driver, baik ojek, kurir/delivery maupun supir taxi online. Artinya, aplikasi ojol telah memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi kaum perempuan untuk menghilangkan kesenjangan pendapatan, meningkatkan kesejahteraan perempuan dan memberikan motivasi akan kehidupan mandiri.

 

Saat memutuskan tetap narik (on bid) sembari menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1442 Hijriah, maka driver ojol wanita harus punya persiapan yang menyesuaikan pada kegiatan yang menuntut mobilitas tinggi di jalan agar tetap bertahan sampai waktu buka puasa.

 

Karena itu, driver ojol perempuan harus punya tips dan strategi untuk memastikan dirinya terhindar dari dehidrasi. Apa saja tips puasa buat driver ojek online perempuan agar pekerjaan tetap berjalan dengan baik?

 

 

Nah, berikut ini ada beberapa tips buat driver ojol perempuan untuk mencegah dehidrasi dan tetap fit saat ngojek sambil berpuasa sebulan penuh.

 

1) Berbuka Dengan yang Manis

Saat berbuka puasa selalu diawali dengan takjil atau minuman manis. Hal ini bertujuan untuk menggantikan gula dan cairan yang hilang. Serta makan camilan asin untuk menggantikan garam yang hilang.

 

2) Konsumsi Buah, Sayur, dan Susu

Pekerjaan menjadi driver ojek online wanita mengharuskan para sopir atau rider terpapar udara yang tidak sehat dari kendaraan-kendaraan lain di jalan. Keadaan seperti itu, membutuhkan kondisi tubuh yang prima dan harus tetap dijaga agar tidak mudah jatuh sakit.

 

Baca juga: 12 Tips On Bid Buat Driver Ojol Yang Menjalankan Puasa

 

Terkadang, berpuasa bisa jadi pembawa kemungkinan yang menyebabkan imun tubuh seseorang mitra ojek online perempuan menjadi lebih rentan jatuh sakit.

 

Karena itu, tips agar tak mudah sakit dan mencegah dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa 2021 sambil ngojek adalah dengan mengkonsumsi banyak buah, sayur, dan susu. Sayur dan buah merupakan makanan banyak mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan bagi tubuh.

 

Antioksidan inilah yang selanjutnya sangat berperan dalam melawan karsinogenik yang berasal dari paparan debu dan zat-zat tidak baik di jalanan yang volumenya besar masuk ke dalam tubuh saat on bid.

 

Sementara susu sangat bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya kanker pada saluran pencernaan yang sering terpapar polusi kendaraan.

 

3) Meminum Banyak Cairan

Agar tak gampang dehidrasi saat berpuasa sembari ngojol, driver atau rider wanita harus memperbanyak minum disaat sahur dan berbuka puasa. Ingat bahwa selama ngojol khususnya menjalankan order trip jauh, jumlah cairan yang mitra ojol perempuan butuhkan dapat bertambah satu atau dua gelas ekstra sehari.

 

4) Ngojol Dengan Metode Shift Estafet

Salah satu tips berpuasa tahun ini bagi driver ojol wanita yang penting dipertimbangkan adalah bekerja dengan sistem shift estafet. Daripada terus-menerus bekerja selama beberapa jam berturut-turut, pengemudi ojek online pr bisa mempertimbangkan untuk bekerja ngojek selama beberapa jam sekali agar mencegah terjadinya dehidrasi.

 

Baca juga: Tips Aman Berkendara Buat Sopir Ojek Online

 

Bisa dengan cara memilih jam-jam dan durasi-durasi yang memang ramai customer melakukan order, seperti jam berangkat ke kampus dan kantor, jam makan siang, jam pulang kerja, atau jam makan malam. Perkiraan waktu jam ramai order ini bisa dijadikan peluang.

 

Driver ojek online perempuan bisa stand by untuk menerima orderan dan lebih memaksimalkan diri untuk menerima order pada jam-jam tersebut saja.

 

Setelah lewat titik-titik di atas, usahakan untuk mematikan aplikasi (off bid) dan mengambil waktu untuk beristirahat. Hal ini akan memberi kesempatan buat memulihkan tenaga lebih cepat, sehingga tidak mudah kelelahan atau kehausan hingga dehidrasi.

 

Beristirahat di rumah jelas merupakan ide baik, walaupun beristirahat bersama driver-driver perempuan lain di tempat strategis juga sangat bagus agar hemat karena tidak bakar bensin dan lebih cepat mendapat order di shift berikutnya.

 

5) Hindari untuk mengonsumsi makanan yang terlalu asin, terutama ketika saat makan sahur. Karena ini bisa membuat mitra ojek online perempuan merasa lebih haus.

 

6) Beristirahat Kapan Saja Diperlukan

Tips puasa agar ngojek tak dehidrasi selanjutnya adalah tentang waktu mengambil istirahat saat on bid. Apalagi keadaan tubuh sudah sangat melelahkan dan kondisi cuaca sangat panas hingga membuat tubuh lemas, maka jangan ragu untuk beristirahat dan rehat sebentar.

 

Baca juga: Cara Rider Tetap Sehat Jalankan Puasa Sambil Ngojek

 

Mungkin driver ojek online wanita punya target tertentu yang harus dikejar demi mendapatkan uang buat digunakan saat lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Akan tetapi akan kurang bijak bila tidak mempertimbangkan kondisi tubuh yang cenderung lebih mudah lemas dan dehidrasi ketika sedang menjalankan puasa.

 

Maka dari itu, tips puasa yang satu ini tidak boleh dianggap remeh. Dan agar berdiam dirilah di tempat yang teduh, jangan memaksakan diri jika memang tidak sanggup on_bid.

 

7) Mengonsumsi Suplemen

Agar terhindar dehidrasi saat menunaikan ibadah puasa 1442 H ini, pastikan untuk selalu mengonsumsi suplemen, seperti asam folat dan vitamin D, dan mengonsumsi makanan seimbang yang sehat selama ngojol di bulan Ramadhan. Sehingga, driver perempuan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat jalankan order di lapangan.

 

8) Kurangi Intensitas Berkeliling

Terkadang sudah sekian jam menunggu penumpang atau order, membuat driver ojol wanita jadi risau. Memang menunggu orderan terlalu lama pada satu titik bukanlah strategi bagus untuk mendapatkan order lebih cepat. Karena itu, banyak driver kerap berkeliling pindah lokasi dengan harapan ada orderan yang menyambar.

 

Baca juga: Cara Mengatasi Ngantuk Saat Nyetir Taxi Online

 

Tapi, tips on bid berkeliling walaupun tanpa penumpang yang dihantarkan tetap membutuhkan energi lebih yang dikuatirkan malah membuat dehidrasi. Ingat, di saat menjalankan puasa, driver wanita harus mampu mengatur penggunaan energi agar pekerjaan tetap lancar dan menghasilkan banyak uang.

 

Maka dari itu, bila kawasan tempat tinggal Kamu adalah padat penduduk, mending di rumah saja ketika sedang menunggu order masuk sembari menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman lain ketika sedang berpuasa. Walaupun di rumah, ketika orderan masuk, tetap harus bisa dengan cepat melakukan penjemputan.

 

9) Makanlah makanan yang dapat melepaskan energi secara perlahan, yakni makanan dengan indeks glikemik rendah seperti pasta gandum, roti gandum, gandum dan sereal, kacang-kacangan tanpa garam, terutama saat makan sahur.

 

10) Patuhi Kebutuhan Tidur di Malam Hari

Tips puasa yang terakhir bagi driver ojek online perempuan yang tetap on-bid adalah memenuhi kebutuhan waktu tidur di malam hari. Jangan sampai karena mengejar setoran, malah harus mengurangi jatah istirahat malamnya karena tetap ngalong.

 

Baca juga: Cara Sopir Indriver-Car Menjalankan Ibadah Puasa

 

Terlebih lagi, mengurangi waktu tidur malam di saat berniat menjalankan ibadah puasa. Karena saat puasa, kondisi tubuh cenderung lebih rentan jatuh sakit.

 

Tidur adalah waktu terbaik untuk memperbaiki sel-sel otot dalam tubuh yang rusak untuk regenerasi. Kerusakan pada sel-sel otot ini terjadi karena seharian telah bekerja dan beraktivitas dengan keras menyelesaikan orderan.

 

Bagi para driver perempuan, kerusakan sel-sel otot ini terjadi setelah seharian berjuang menghantarkan penumpang ke berbagai tempat tujuan. Rasa pegal pun tak bisa dielakkan. Nah, pegal ini bisa terjadi karena asam laktat telah tertumpuk banyak di otot.

 

Selain itu, pegal juga menjadi salah satu pertanda bahwa tubuh membutuhkan asupan oksigen yang teratur dan cukup, demi menghilangkan tumpukan asam laktat tersebut. Asupan oksigen inilah yang dihasilkan dari aktivitas tidur.

 

Maka dari itu, driver ojek online wanita yang tengah berpuasa harus benar-benar memperhatikan kualitas tidurnya di malam hari, atau bila penting on bid ngalong harus dihentikan. Dengan demikian, kegiatan berpuasa pun tidak akan menjadi penghalang untuk bekerja dan mencari nafkah memenuhi kebutuhan keluarga yang biasanya meningkat menjelang lebaran.

 

Semoga tips ini bermanfaat dan akhir kata, Kami dari tripbisnis.com ucapkan Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir batin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *