Tips Aman Naik Ojek Online dari Okejek

Transportasi umum ojek online kerap digunakan untuk membantu aktivitas luar rumah dan kantor. Salah satu pertimbangan, di mana perjalanan dengan ojek ataupun taxi online memang cukup memberikan kenyamanan, cepat dan tarif murah. Namun yang namanya bahaya, pasti akan selalu mengintai. Oleh karena itu, penumpang (pemesan ojol) tetap diminta waspada saat berkendara menumpang transportasi online.

 

Ingat, armada atau kendaraan yang dimiliki perusahaan transportasi online bukan merupakan milik perusahaan tersebut. Seperti Okejek, yang membuka pendaftaran bagi siapa pun yang ingin bergabung menjadi rekanan (mitra) armada. Di Okejack, hanya driver yang telah melewati verifikasi dan pelatihan di kantor cabang yang dapat beroperasi untuk narik penumpang.

 

OkeJek merupakan satu perusahaan aplikasi ‘startup’ layanan ojek online, taksi online, pesan makanan, kirim barang, terapis (massage & spa), dan pembayaran. Transportasi online asal Kota Malang – Jawa Timur ini didirikan oleh Yusuf Budiman Raharjo pada tahun 2015. Ojek online ini juga adalah asli karya dari arek Ngalam, warna icon nya adalah oranye, serta operasional nya di bawah naungan PT. Okejek Kreasi Indonesia.

 

Baca juga: Syarat dan Cara Pendaftaran Mitra Driver Okejack

 

Hanya saja, dalam prosesnya tentu perusahaan operator Okejek tidak bisa seratus persen memantau armada-armada tersebut setiap waktu. Oleh karena itu, sebagai para pihak yang lazim menggunakan layanannya harus tetap cermat dan waspada.

 

Berikut tripbisnis.com akan berbagi informasi tentang tips mudah dari Okejek untuk menjaga diri dan tetap waspada saat menumpang ojek online.

 

1) Cermati pelat nomor kendaraan dan jenis kendaraan yang dipakai.

Pengguna agar selalu cek plat nomor kendaraan dan juga jenis kendaraan yang akan ditumpangi. Jadi, jika ternyata pelat nomor atau/dan identitas pengemudi (mitra driver) Okejek tidak sama dengan yang tercantum di aplikasi, langsung batalkan saja perjalanan tersebut dan segera melakukan pemesanan baru.

 

2) Wajah driver.

Tak kalah penting juga untuk selalu di cek apakah nama dan wajah driver sama seperti yang muncul di aplikasi okejek customer. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan demi memastikan bukan driver atau kendaraan yang tidak terdaftar secara resmi yang menjemput Kamu. Karena jika terjadi suatu hal yang tidak menyenangkan, maka pihak penyedia layanan Okejack akan kesulitan dalam melakukan investigasi.

 

Baca juga: 8 Tips Aman Untuk Wanita Naik Ojek Online

 

3) SOS (Emergency Button).

Selain melakukan pengecekan, ada fitur yang bisa untuk Kamu manfaatkan. Dalam aplikasi Okejek untuk Android terdapat fitur keamanan bernama SOS. Pastikan sebelum memulai pemesanan Kamu. Jika ada kejadian yang mengancam keselamatan atau jiwa, Kamu bisa menggunakan fitur ‘Emergency Button’ yang ada di aplikasi. Setelah ditekan, maka aplikasi akan secara otomatis menghubungi kontak tersebut. Pastikan fitur ini digunakan hanya dalam keadaan darurat.

 

4) Share My Ride.

Fitur penunjang lain yang bisa memberikan keamanan kepada penumpang ojek online adalah ‘Share My Ride’. Sebuah fitur yang memberikan informasi perjalanan yang sedang ditempuh ke anggota keluarga atau teman. Pengiriman bisa dilakukan ke berbagai platform. Contohnya, Kamu bisa berbagi ke platform Facebook, WhatsApp, Twitter, SMS. Informasi yang dikirimkan juga bersifat real-time, sehingga fitur ini bisa mengingatkan penerima informasi bila Kamu terlambat sampai di tujuan atau melebihi perkiraan waktu tempuh.

 

Baca juga: Transportasi Online Okejek Wajib Terapkan Prokes

 

Beberapa inovasi yang diciptakan oleh perusahaan ojek karya anak bangsa Okejek di atas dilakukan sebagai satu cara demi menciptakan ketenangan bagi pengguna dalam mengarungi rute perjalanannya hingga sampai ke tujuan dengan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *