Tips Aman Pengemudi Ojek Ojek

Tips Aman Berkendara Untuk Sopir Ojek Online

Transportasi umum pribadi, yakni ojek online atau ojol sudah menjadi alat angkutan alternatif yang trend bagi masyarakat, terutama generasi milenial. Namun tak jarang, sopir atau pun rider ojek online banyak yang mengalami tindak kejahatan, kekerasan dan pelecehan saat bertugas di jalan.

 

Bagi Kamu yang sudah memilih profesi menjadi sopir di perusahaan ojek online Indonesia, ada baiknya waspada dan memperhatikan sejumlah hal yang ada disekitar demi menjaga keselamatan diri sendiri, penumpang dan atau orang lain di luar ekosistem ojek online.

 

Tips Aman Pengemudi Ojek Ojek

 

Berikut beberapa catatan penting dari sopir Go-Car dan InDriver-Car yang berhasil dihimpun blog ini tentang tips aman saat on bid di lapangan. Meski, setiap mitra-pengemudi memiliki kemampuan berbeda-beda untuk menjadikan order mobil penumpang yang masuk selalu aman bagi semua orang.

 

1) Tetap fokus mengemudi

Mari jadikan trip mobil ojek online Kamu selalu aman dengan tips tetap waspada. Caranya: pandangan tetap ke jalan yang ada di depan, dan hindari membaca atau mengetik pesan singkat atau penggunaan telepon genggam. Sebab hal ini dapat mengurangi fokus dan atau menurunkan tingkat kewaspadaan si sopir saat berkendara.

 

Baca juga: Tips Aman Naik Ojek Online Dari Mitra Okejek

 

Sangat disarankan agar menggunakan sandaran telepon untuk menempatkan telepon genggam di depan mata, sehingga bisa tetap memantau rute perjalanan dan tetap fokus berkendara.

 

Penting pula untuk memutar lagu kesayangan dan sesekali beristirahat agar tidak mengantuk dan tetap bisa rileks saat mendapat trip jauh atau trip antar kota.

 

2) Waspada terhadap para pejalan kaki dan pengendara lain

Tingkat kewaspadaan harus ditingkatkan apabila ada orang yang berjalan kaki dan mengendarai kendaraan lain (terutama sepeda dan beca), terutama saat Kamu menepi untuk menurunkan atau menaikkan penumpang, atau sedang berkendara di malam hari.

 

Ingat, potensi kecelakaan yang dialami oleh para pejalan kaki banyak terjadi di malam hari.

 

3) Pastikan lokasi penurunan penumpang dan atau barang bawaannya aman

Turunkan penumpang di lokasi yang aman, seperti wilayah-wilayah untuk menaikkan penumpang atau lokasi yang memiliki ruang cukup untuk menepi dan menghindari jalur khusus sepeda.

 

Baca juga: 8 Tips Aman Naik Ojek Online Buat Wanita

 

Sangat penting bagi para sopir ojol untuk mengetahui hukum yang berlaku dan mematuhinya.

 

4. Gunakan seat belt dengan benar

Ada banyak nyawa yang bisa terselamatkan dengan menggunakan sabuk pengaman yang benar. Langkah awal untuk memulai perjalanan adalah dengan mengingatkan penumpang untuk menggunakan seat belt secara benar dengan mengencangkan tali pengaitnya. Jangan lupa untuk memakai sabuk pengaman Kamu juga.

 

5) Utamakan tetap sopan

Panduan cara terima dan menjalankan orderan transportasi online selalu mengisyaratkan dengan jelas dan tegas bagaimana tiap mitra-pengemudi dan penumpang harus saling menghormati satu sama lain, terutama sopan bertutur kata.

 

Apabila ketika sopir menghadapi penumpang yang sulit, tindakan yang di ambil harus bisa membantu mengatasi situasi yang terjadi. Bersikaplah agar tetap tenang, hindari topik percakapan yang kontroversial, dan coba hormati perbedaan yang ada di orang lain.

 

Bila dalam kondisi darurat, segera hubungi 110 (Polisi) dan 118 (Ambulans). Apabila situasi terkendali, laporkan segera kejadian ke pihak aplikator agar mendapat informasi ketika terjadi komplain.

 

6) Pilih rute yang Kamu kenal aman

Ketika menjalankan orderan, pilihlah jalan yang benar-benar aman dan secara baik Kamu kenal. Apalagi bila malam hari agar menghindari jalan pemotongan atau jalan tikus untuk mempercepat atau irit bensin agar cepat sampai ke tujuan pengantaran.

 

Baca juga: Cara Sopir Gocar Menjaga Emosi Saat Puasa

 

7) Memberikan masukan

Jangan sungkan untuk memberikan masukan, karena bisa saja masukan tersebut sangat berguna untuk perubahan yang baik. Selain itu, kumpulan beberapa masukan ini dapat dijadikan dasar dan pertimbangan untuk meningkatkan pengalaman bersama layanan yang disediakan oleh perusahaan aplikator. Salah satunya untuk mengambil keputusan yang mendukung suasana aman berkendara.

 

Berilah rating pada penumpang Kamu usai melakukan serangkaian perjalanan dan tambahkan komentar, misal melalui fitur ‘Help atau Bantuan’ di aplikasi.

 

Penting diingat, penumpang yang tidak baik harus pula dilaporkan. Tim support para aplikator bekerja 24 jam seminggu akan mempelajari setiap masukan yang diberikan dan mengambil tindakan strategis yang diperlukan, termasuk menutup akses penumpang tersebut pada aplikasi ojek online Gojek dan InDriver.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *