Tempat Wisata di Sumut

Tempat Wisata di Sumut Anti Bokek

Sumut memiliki banyak tempat wisata yang eksotis bagi wisatawan. Sumut merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Sumatera dengan luas wilayahnya 72.981 km2 dan beribu kota di Medan. Berdasarkan data sensus penduduk tahun 2019, jumlah penduduk Sumatera Utara adalah sebesar 14.908.036 jiwa (jumlah penduduk terbesar keempat) setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

 

Provinsi ini memiliki 419 pulau, dimana pulau-pulau terluar adalah pulau Simuk (kepulauan Nias), dan pulau Berhala di selat Sumatra (Malaka). Seperti: Kepulauan Batu yang terdiri dari 51 pulau dengan 4 pulau besar: Sibuasi, Pini, Tanahbala, Tanahmasa. Pulau-pulau lain di Sumatera Utara adalah Imanna, Pasu, Bawa, Hamutaia, Batumakalele, Lego, Masa, Bau, Simaleh, Makole, Jake, dan Sigata, Wunga.

 

Selain memiliki pulau-pulau diatas, Sumut juga memiliki dua taman nasional, yakni Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Batang Gadis. Luas hutan di Sumatera Utara saat ini 3.742.120 hektare (ha), yang terdiri dari Kawasan Suaka Alam/Kawasan Pelestarian Alam seluas 477.070 ha, Hutan Lindung 1.297.330 ha, Hutan Produksi Terbatas 879.270 ha, Hutan Produksi Tetap 1.035.690 ha dan Hutan Produksi yang dapat dikonversi seluas 52.760 ha.

 

Saat ini, Provinsi Sumut memiliki 33 kabupaten/kota yang masing-masing mempunyai ciri khas sendiri, misalnya: musik, arsitektur (seni rupa, rumah adat, seni pahat) dalam berbagai bentuk ornamen, seni tari tradisional, kerajinan (tenunan), dan makanan khas hingga sangat cocok bagi kamu yang suka melakukan traveling.

 

Meski Sumut memiliki berbagai macam suku, etnis, dan budaya tapi tetap bercampur baur menjadikan provinsi ini selalu dinaungi sikap dan rasa toleransi yang kuat. Dari keberagaman itulah, seluruh penduduk saling mengisi dan menghargai satu sama lainnya.

 

Tempat Wisata di Sumut

 

Salah satu ikon wisata di daerah Sumatera Utara yang sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Danau Toba. Danau air tawar ini telah dinobatkan sebagai danau vulkanis terbesar di dunia. Berbagai pesona alam, wisata budaya dan wisata kuliner yang ada dan dimiliki oleh Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diandalkan oleh pemerintah Sumatera Utara. Meski masih ada Brastagi di Tanah Karo.

 

Berikut beberapa tempat wisata di Sumut yang terkenal anti bokek karena murah, yaitu:

 

*) Hillpark Sibolangit

Berkunjung dan berlibur bersama keluarga ataupun teman kerja akan memberikan kepuasan tersendiri dalam menikmati wahana yang tersedia di Hillpark Sibolangit. Apalagi ketika datang ke Medan sedang menjalankan tripbisnis di Tanah Karo, tentu terasa hampa bila tidak mengunjungi Hillpark Sibolangit ini. Berbagai jenis permainan seru bisa kamu temukan di tempat ini. Mulai dari: roller coaster, kora-kora, sampai dengan bianglala yang banyak difavoritkan oleh para wisatawan. Sambil berlibur bisa mencoba berbagai wahana permainan yang seru dan pastinya akan membuat liburanmu makin menyenangkan.

 

*) Menara Pandang Tele

Bila kamu berkunjung atau berwisata ke Danau Toba, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Menara Pandang Tele. Menara ini memiliki tiga tingkatan yang berbeda-beda dan dengan jarak pandang yang berbeda pula. Selain itu, keindahan alam nun jauh disana yang bisa kamu lihat berbeda, sehingga tiap tingkatan akan memberikan kesan tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang ke Menara Pandang Tele ini.

 

Bagi yang menyukai keindahan alam yang masih asri, tempat ini cocok untuk kamu kunjungi. Apalagi terdapat juga spot foto (khususnya selfie) yang sangat instagramable dengan berbagai pemandangan cantik yang pastinya akan membuat kamu betah berlama-lama untuk menikmati berbagai ciptaan-Nya yang sungguh indah.

 

Jika kamu menaiki menara, maka bisa melihat keindahan Danau Toba dan sebagian daratan pulau Samosir yang berada di kejauhan. Tentu hasil foto kamu akan mempesona teman-teman di media sosial (youtube, instagram dan facebook) dengan suguhan foto dari tempat instagramable di sekitar Menara Pandang Tele. Kamu juga dapat menyertakan gambar terbaik di dalam pembuatan artikel bila memiliki hobi di dunia travel blogger.

 

*) Taman Labirin Simalem Resort

Bagi kamu yang sedang mencari tempat yang asyik dan memiliki tantangan, silahkan kunjungi Taman Labirin Simalem Resort. Di tempat tersebut kamu akan menemukan beberapa tempat yang romantis dan unik, serta tempatnya instagramable. Kamu bisa bermain di taman labirin yang tersusun rapi dari pepohonan hijau. Bentuknya sangat unik, yaitu melingkar menyerupai ruas jalan. Kamu bisa bermain dalam pencarian di sepanjang taman labirin tersebut.

 

*) Danau Linting

Danau ini tidak kalah cantiknya dengan Danau Toba, di Danau Linting kamu bisa melihat keindahan yang menyuguhkan pemandangan yang indah nan eksotis dan tempatnya sangat instagramable. Air Danau yang berwarna biru kehijauan ini terlihat makin menawan dengan paduan alam sekitarnya yang masih tergolong asri. Danau ini cocok bagi kamu yang ingin refreshing dan mencari suasana yang segar.

 

*) Taman The Le Hu Garden

The Le Hu Garden ini berlokasi di Jalan Pendidikan, Deli Tua Barat, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Disini kamu akan menemukan taman bunga dengan beragam jenis warna. Selain itu, ada juga kolam dan nuansa yang asyik, bangku dan gazebo untuk bersantai. Meski taman ini merupakan taman pribadi, kerja keras pemiliknya telah menjadikan taman ini sebagai salah satu tempat wisata instagrammable yang murah (anti bokek) bagi wisatawan.

 

Menarik dibaca: Maksimalkan Bisnis Trip ke Medan Dalam 2 Hari, Buat Aja Jadwal Ini

 

*) Kesultanan Deli berupa Istana Maimun

Bila kamu berniat untuk melakukan wisata sejarah, maka berkunjunglah ke Istana Maimun. Kamu bakal dapat melihat kemegahan istana Kesultanan Deli dengan arsitektur bergaya Melayu, Timur Tengah, Spanyol, India dan Italia. Bukan hanya itu saja, di tempat wisata sejarah ini akan bisa mendapat informasi mengenai perjalanan sejarah Kesultanan Deli dalam menyebarkan nilai-nilai Islam dan sejarah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

 

*) Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi Barus

Bila kamu punya tujuan traveling ke Tapanuli Tengah atau pun ke Sibolga, datang dan kunjungi Kota Barus, kota tertua di bagian Pantai Barat. Jika dari Kota Pandan, ibu kota dari Tapanuli Tengah kamu hanya membutuhkan waktu 2 jam dalam perjalanan, atau 70 Km jarak yang harus ditempuh. Barus dulunya dikenal sebagai salah satu Bandar atau pelabuhan terbesar di Asia.

 

Selain itu, di Kota Barus kamu dapat wisata sejarah sebagai satu kota masuknya agama Islam di Nusantara. Ada beberapa makam pedagang dari Timur Tengah yang ditemukan, diantaranya Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi Barus yang sangat ramai dikunjungi para wisatawan. Selain menemukan dua objek wisata religi tersebut, pengunjung juga dapat mengunjungi tugu Titik Nol Islam Nusantara sebagai salah satu bukti sejarah bahwa Kota Barus merupakan gerbang masuknya islam di Nusantara.

 

*) Pulau Mursala

Pulau ini memiliki air terjun di tengah laut yang lokasinya tepat berada di Kecamatan Tapian Nauli. Untuk sampai ke tempat wisata ini, dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menaiki speed boat dari Pantai Pandan. Kamu akan menemukan keunikan air terjun yang berada di tengah laut. Selain tidak pernah kering, air terjun ini memiliki air tawar yang langsung jatuh ke permukaan laut.

 

Selain itu, kamu juga dapat menikmati panorama bawah laut yang begitu indah. Dengan keanekaragaman biota laut di atas hamparan terumbu karang yang indah, pemandangan ini sangat menjanjikan kenikmatannya untuk dikunjungi. Keindahan alam di Pulau Mursala merupakan tampilan unik dan eksotis yang tidak ada duanya di dunia. Keunikan air terjun yang jatuh ke permukaan laut, tentu akan membuat siapa saja yang berkunjung ke sana merasa kagum akan kuasa sang pencipta.

 

*) Pantai Pandan

Objek wisata pantai Pandan ini merupakan salah satu andalan objek wisata yang dimiliki Tapanuli Tengah (Tapteng). Lokasinya berada di Ibukota Tapanuli Tengah, Kota Pandan. Bila kamu sedang menjalankan misi trip bisnis ke Sibolga maupun Tapteng maka bisa singgah ke Pantai Pandan untuk rileks melepas rasa lela setelah seharian menjalankan misi perusahaan bisnis kamu.

 

Pantai Pandan memiliki hamparan pantai yang landai dan pasirnya putih, tentu akan membuat kamu betah berlama-lama jika datang ke pantai ini. Kamu juga akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan laut yang terhampar luas dan gugusan pulau pulau kecil yang ada di Tapanuli Tengah. Nah, jika adrenalin kamu ingin diuji, pengunjung dapat menaiki banana boat ataupun jet ski untuk mengelilingi hamparan laut yang begitu luas. Tentu dengan biaya yang tidak mahal.

 

Demikianlah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Sumut yang bisa kamu kunjungi. Sebenarnya masih banyak tempat wisata lain yang bagus di Sumatera Utara, nanti pada artikel lain akan kami bahas. Semoga saat akan mengunjungi tempat wisata diatas, seluruh perjalanan wisatamu baik pergi maupun pulang seluruhnya dilancarkan sang pencipta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *