Syarat dan Tata Cara Daftar inDriver Bike Indonesia

Iklan layanan aplikasi transportasi pribadi inDriver sering muncul di search engine dan media sosial Indonesia. Promosi secara intensif melalui ruang iklan ini, menjelaskan tentang bagaimana proses penggunaan jasa transportasi online agar mudah dipahami dalam rangka membantu aktivitas masyarakat.

 

Sebagaimana diketahui, inDriver adalah satu perusahaan ‘startup’ yang berasal dari Rusia. Saat ini, operasional mereka sudah merambah pasar ojek online Indonesia. Strategi bisnis yang mereka jalankan dengan menawarkan berbagai macam layanan yang mampu memberikan daya tarik bagi calon konsumen ojol di tanah air, sehingga tidak kalah bersaing dengan kompetitor sejenis, seperti Okejek, Revo, Grab, OnCall, Gojek, Anterin, NuJek ataupun Maxim.

 

Selama ini, masyarakat Indonesia mengenal inDriver sebagai transportasi mobil pribadi (taksi online). Namun, sekarang inDriver juga memiliki layanan antar jemput penumpang dengan menggunakan motor (bike). Nah agar dapat menggunakan layanan ini, maka terlebih dahulu harus mendaftar sebagai pengguna atau konsumen via aplikasi yang disediakan secara gratis di play store ataupun app store.

 

Khusus bagi kamu yang tertarik menjadi pengemudi atau driver pun caranya sama, yakni harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi inDriver. Tapi, yang berminat mengisi lowongan sebagai driver indriver bike ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan memahami tata cara pendaftaran agar dapat diterima sebagai driver nya inDriver bike.

 

Syarat dan Tata Cara Daftar InDriver Bike

Sebenarnya tata cara pendaftaran inDriver motor tidak jauh berbeda dengan cara daftar inDriver mobil. Akan tetapi, bagi yang baru mengenal ojol ini tentu membutuhkan adanya satu panduan online agar dapat diterima. Sebelum melangkah untuk mengikuti panduan pendaftaran driver indriver bike secara online, sangat penting mengetahui dan mempersiapkan apa-apa saja syarat untuk mendaftar driver inDriver motor. Syarat dimaksud adalah:

 

*) Foto diri atau selfie dengan menggunakan kaos atau kemeja;

*) Foto sepeda motor untuk keseluruhan sisi dan pastikan gambar jelas;

*) Minimal motor untuk inDriver adalah pembuatan tahun 2008;

*) Foto SIM (Surat Ijin Mengemudi) yang masih aktif;

*) Foto STNK Motor yang masih aktif;

*) Foto SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku;

 

Baca juga: Cara Daftar Driver Mitra inDriver Motor

 

Cara Daftar Pengguna InDriver Motor

Seperti penjelasan sebelumnya, saat akan mendaftar menjadi driver motor di inDriver di haruskan juga untuk melakukan pendaftaran menjadi pengguna atau konsumen lewat aplikasi yang sudah di unduh ke dalam smartphone atau HP. Adapun cara daftar menjadi pengguna inDriver adalah sebagai berikut:

 

*) Pertama silakan untuk download aplikasi inDriver di PlayStore atau AppStore;

*) Selanjutnya buka aplikasi InDriver yang sudah terinstal di HP;

*) Masukan nomor HP yang di miliki dan pastikan mendapatkan kode konfirmasi. Kemudian, masukan kode tersebut;

*) Masukan nama lengkap sesuai KTP;

*) Silakan upload foto dengan resolusi yang jelas;

*) Pilih lokasi tempat kamu berada;

 

Setelah proses pendaftaran customer telah berhasil, maka langkah selanjutnya adalah bersiap-siap untuk mendaftar sebagai pengemudi inDriver bike.

 

Cara Daftar Driver InDriver Motor

Untuk bisa menjadi driver InDriver motor, maka kamu terlebih dahulu harus mengubah akun pengguna menjadi akun pengemudi. Berikut adalah panduan cara daftar inDriver bike sebagai pengemudi:

 

1) Setelah berhasil mendaftar sebagai pengguna, silahkan buka akun kamu dan silahkan tab pada bagian pojok kiri atas;

2) Setelah itu silahkan kamu tab menu Beralih ke Pengemudi;

3) Kemudian pada menu pengemudi tersebut, silahkan klik atau tab pada bagian pojok kiri atas;

4) Silahkan pilih menu pendaftaran online;

5) Setelah masuk ke menu pendaftaran online, pada bagian Pilih Model Kendaraan, silahkan kamu pilih motor dan tab lanjutkan;

6) Jangan lupa pilih juga warna motor yang kamu miliki dan tab lanjutkan;

7) Selanjutnya, isi nomor plat kendaraan lalu tab lanjut;

8. Kemudian, silahkan upload data diri dan tab lanjutkan;

Adapun data yang perlu di isi adalah:

*) Foto Diri;

*) Nama Lengkap;

*) Jenis Kelamin;

*) Tanggal Lahir;

*) Alamat Email;

9) Upload kembali foto diri dan tab lanjutkan;

10) Lalu lanjutkan dengan meng-upload foto nampak depan motor, STNK nampak depan dan belakang;

11) Kemudian, silahkan upload lagi foto diri dengan memegang SIM dan tab lanjutkan;

12) Selesai, kamu akan mendapatkan notifikasi pendaftaran berhasil dan tinggalkan konfirmasi dari Customer Service (CS) inDriver bike;

 

Nah, dengan mengikuti panduan cara daftar InDriver motor di atas, tentu jadi cukup mudah. Hal tersebut karena dapat melakukan pendaftaran secara online. Setelah itu, kamu tinggal menunggu instruksi atau petunjuk dari pihak manajemen melalui call center inDriver. Dalam praktek nya akan di sampaikan melalui alamat email terdaftar. Jadi pastikan alamat email yang di daftarkan aktif.

 

Baca juga: inDriver Menawarkan Layanan Ojek Motorcycle di Kota Medan

 

Berikut tripbisnis.com, akan sajikan rangkuman fakta menarik dan unik mengenai eksistensi inDriver dalam persaingan bisnis ojek online di Indonesia.

 

a) Merupakan Aplikasi Daring Berbentuk Ride Sharing

Sebenarnya konsep bisnis perojolan Indonesia yang ditawarkan oleh inDriver, tidak jauh berbeda dengan perusahaan duo decacorn, yakni Gojek dan Grab. inDriver juga bergerak dalam bidang layanan transportasi dalam jaringan (daring) berbentuk ridesharing.

 

Jika diartikan, ojol sistem ride sharing merupakan bentuk layanan transportasi berbagi dari orang awan atau menjadikan profesi pengemudi sebagai pekerjaan sampingan saja. Atau bisa diartikan sebagai menumpang ke kendaraan pribadi milik orang lain, tetapi pengemudi tersebut berada di bawah naungan suatu perusahaan resmi dan penumpang harus membayar tarif antar.

 

Meskipun dalam faktanya, banyak pengemudi yang menjadikan profesi tersebut sebagai mata pencaharian utama, namun konsep awal dari perusahaan bisnis ojek online ini berbentuk ridesharing.

 

Baca juga: Layanan Ojek Online inDriver Hadir di Kota Batam

 

b) inDriver Ojol Asal Rusia

inDriver sendiri bukanlah perusahaan asli karya anak bangsa Indonesia, melainkan dari Rusia. Seperti yang dilansir dari laman resmi inDriver.com, munculnya inDriver mula nya di kota Yakutsk, Siberia pada tahun 2012. Kawasan Yakutsk memiliki cuaca yang dingin mencapai -45°, kondisi membuat harga taksi menjadi mahal hingga dua kali lipat.

 

Nah, untuk menyiasati tarif yang tinggi tersebut, beberapa warga dan mahasiswa menginisiasi untuk membuat grup pengemudi independen di jejaring sosial Vkontakte. Dalam kurun waktu 6 (enam) bulan, grup tersebut telah diikuti sebanyak 50.000 orang dan terus berkembang. Hingga akhirnya terbentuklah inDriver yang saat ini telah hadir di 300 lebih kota di 31 negara yang berbeda.

 

c) Masuk 10 Besar Top Ridesharing and Taxi Apps Worldwide

Dilansir dari SensorTower, inDriver termasuk dalam 10 besar aplikasi ridesharing dan taksi di dunia pada bulan September 2019, tepatnya menempati posisi keenam. Pada Google Play saja, inDriver berada di urutan kelima.

 

d) Aplikasi Pengemudi dan Penumpang di Satu Aplikasi

Jika dibandingkan dengan yang lain, aplikasi inDriver hanya membutuhkan satu aplikasi saja bagi para penggunanya. Aplikasi inDriver dapat digunakan bagi mitra pengemudi maupun penumpang. Jadi, pengemudi tidak perlu menginstall aplikasi khusus untuk para pengemudi. Kabar baiknya, aplikasi inDriver telah diunduh lebih dari 50 juta orang di dunia.

 

Baca juga: Transportasi Mobil dan Ojek Pribadi inDriver Hadir di Surakarta

 

e) Layanan Transportasi Mobil dan Motor

inDriver tidak melayani layanan antar menggunakan mobil (taksol) saja, melainkan juga untuk motor (bike/ojek). Untuk saat ini, inDriver pun tidak memberikan pelayanan pengantaran barang ataupun pembelian makanan seperti layanan transportasi daring lainnya.

 

f) Beroperasi Lebih di 40 Kota di Indonesia

Memasuki tahun ke-2 beroperasi di Indonesia, operasional inDriver hingga akhir tahun ini telah menjangkau di 40 kota utama di Indonesia. Medan menjadi kota pertama beroperasinya layanan ini dimulai dari tanggal 8 Agustus.

 

g) Penumpang Dapat Memberikan Penawaran Harga

Layanan inilah yang menjadi keunggulan inDriver dibandingkan kompetitor sejenis. Penumpang dapat memasang penawaran tarif antar untuk tujuan yang dituju. Fitur Tawaran Waktu Nyata (RTD) yang unik, penumpang pertama-tama akan menawar tarif yang sesuai untuk permintaan perjalanan mereka, sementara pengemudi terdekat yang menerima pemberitahuan permintaan akan memiliki pilihan untuk menerima tawaran, mengabaikan permintaan tersebut, atau bernegosiasi untuk memperoleh tarif yang lebih menguntungkan.

 

Baca juga: inDriver Hadir di Yogyakarta, Purwakarta, Mojokerto, dan Magelang

 

Fitur RTD juga unik karena pengemudi tidak secara otomatis ditetapkan kepada penumpang. Setelah penumpang menerima tawaran balik dari pengemudi terdekat, mereka dapat dengan bebas untuk memilih pengemudi yang sesuai dengan preferensi mereka, misalkan berdasarkan tarif, peringkat pengemudi, perkiraan waktu tiba, atau model kendaraan. Layanan inDriver ini telah menepis atas adanya kebijakan menaikkan ongkos perjalanan, karena alasan jam sibuk, kondisi lalu lintas, dan riwayat permintaan.

 

h) Keamanan Pengguna

Perusahaan ojol inDriver ada menyediakan fitur keamanan bagi para pengguna, seperti kemampuan untuk membagikan lokasi GPS dan informasi perjalanan dalam waktu nyata dari aplikasi dengan kontak terpercaya, serta tombol darurat khusus yang akan menghubungkan pengguna secara langsung dengan lembaga penegak hukum jika terjadi keadaan darurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *