Strategi Menikmati Liburan Disela Trip Bisnis ke Sumut

Apakah Anda memiliki rencana untuk melakukan perjalanan bisnis dalam waktu dekat ke Sumut? Bila ya, tentu Anda harus siapkan rencana matang. Mengapa? Seringkali kita merasa trip bisnis menjadi perjalanan yang sangat melelahkan karena akan dihadapkan pada segudang urusan pekerjaan.

 

Belum hilang rasa lelah selama di perjalanan, Anda harus kembali ke dunia kerja yang acap kali menimbulkan stres dan jenuh. Namun siapa sangka Anda dapat melakukan trip bisnis sembari liburan ke tempat tujuan wisata yang ada di Sumut. Tentu hal ini amat menyenangkan dan dapat membuat dirimu lebih santai sembari tetap fokus pada urusan perusahaan. Jadi, butuh satu strategi agar bisa produktif menikmati liburan meski dalam agenda trip bisnis.

 

Dalam dunia traveling, liburan saat melakukan perjalanan bisnis sudah tidak asing. Para pelaku bisnis sering menyebutnya dengan bleisure travel. Istilah ini muncul setelah maraknya pebisnis dan pekerja profesional sempatkan diri melakukan traveling setelah selasai menuntaskan pekerjaan di tempat tujuan.

 

Baca juga: Memaksimalkan Trip Bisnis ke Medan Dalam 2 Hari, Buat Jadwal Ini Aja

 

Biasanya, bleisure travel dimanfaatkan pebisnis atau pekerja profesional untuk menikmati adanya masa tinggal di kota tujuan atau mengambil liburan singkat di sela-sela pekerjaan yang dilakukan di kota tersebut.

 

Kemudian, bleisure travel bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak terbatas pada pebisnis senior misal CEO, kepala cabang, direktur atau pun level manajer. Justru, saat ini bleisure travel lebih banyak dilakukan oleh anak muda atau kaum milenial yang mengambil liburan singkat usai melakukan pekerjaan di luar kota atau pun luar negeri.

 

Mengapa Pebisnis Butuh Bleisure Travel di Sumut?

 

Sebagaimana diketahui, Sumut memiliki daerah yang terkenal akan keindahan alam dan masing-masing daerah mempunyai ciri khas sendiri, seperti Langkat, Simalungun, Toba Samosir, Berastagi – Karo, Sibolga – Tapanuli Tengah, Pulau Nias, dll. Daerah wisata ini misalnya memiliki pegunungan, pantai, musik, arsitektur (seni rupa, rumah adat, seni pahat) dalam berbagai bentuk ornamen, seni tari tradisional, kerajinan (tenunan), dan makanan khas. Tentu sangat sayang bila tidak dikunjungi, terutama bagi Anda yang suka melakukan traveling.

 

Jika Kamu seorang pekerja kantoran atau pebisnis, bleisure travel adalah cara yang tepat untuk merehatkan pikiran agar terhindar dari kebosanan dan stres. Sebab secara psikologis, bleisure travel diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup, dan menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan.

 

Jangan terus larut dengan pekerjaan sehari-hari, hingga cenderung melupakan bersantai dan bersenang-senang untuk diri sendiri. Coba bayangkan, saat melakukan pekerjaan di Provinsi Sumut atau ke luar negeri, Kamu hanya habiskan waktu untuk terus berpikir dan bekerja keras untuk kesuksesan perusahaan tanpa pernah berpikir melakukan traveling ke destinasi wisata. Lalu pulang dengan kondisi tubuh yang masih lelah dan kembali bersiap menghadapi pekerjaan selanjutnya. Bila terus begini, gimana tidak stress tingkat tinggi.

 

Nah, buat Kamu yang punya rencana dan atau akan mencoba bleisure travel, blog tripbisnis.com akan membagikan strategi menikmati liburan saat trip bisnis ke Sumut. Simak strategi berikut ini:

 

1) Buatlah Itinerary yang Cocok di Kantong

Membuat itinerary yang tepat dan pas di kantong, sangat penting buat Kamu yang ingin menyisipkan waktu luang di sela-sela padatnya jadwal pekerjaan yang akan dilaksanakan di Sumut. Setidaknya Kamu tidak lagi kebingungan di daerah tujuan, apalagi sampai kesasar saat mencari destinasi wisata yang ingin dituju.

 

Baca juga: Lokasi Wisata di Sumatera Utara yang Anti Bokek

 

Seandainya jadwal trip bisnis Kamu begitu padat dengan pekerjaan dan meeting bisnis, maka Kamu bisa berkeliling pada malam hari dengan mencari tempat-tempat santai yang khusus buka pada malam hari.

 

Untuk aksi berkeliling ini, Kamu dapat menggunakan ojek atau taksi online (GrabCar, GoCar, inDriver, OkeJack dan Maxim). Bila dekat dari penginapan, silahkan berjalan kaki, dan agar tidak kesasar maka bisa menggunakan Google Maps.

 

2) Rencanakan Destinasi Wisata dan Kuliner

Provinsi Sumatera Utara sangat terkenal memiliki beragam makanan dan minuman khas. Berburu kuliner khas saat trip bisnis bisa menjadi agenda yang dapat menghilangkan stress.

 

Terkait itu, merencanakan destinasi wisata kuliner apa saja yang bisa Kamu nikmati selama perjalanan dinas bisa membebaskanmu dari masalah. Untuk mewujudkannya, Kamu bisa memperkirakan jarak tempuh dan waktu yang diperlukan dari lokasi pekerjaan menuju ke lokasi wisata yang memiliki makanan/minuman khas.

 

Kamu bisa memulainya dengan melakukan riset online melalui google atau mengunjungi beberapa blog traveling Sumut yang berisi ulasan tentang destinasi wisata di daerah tujuan yang sempat untuk di jajaki. Minimal destinasi wisata dengan memiliki berbagai kuliner yang bisa dicoba misal punya panganan yang khas dari daerah tersebut.

 

3) Manfaatkan Waktu dengan Baik

Buat Kamu yang berencana untuk liburan singkat saat perjalanan bisnis, agar efisien dan produktif maka kunjungilah tempat-tempat yang tidak jauh dari tempatmu menginap, ataupun lokasi pekerjaan. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan berjalan santai di sekitar penginapan, berenang, karaoke, hunting foto, melihat bangunan ikon sejarah, ataupun kuliner khas jajanan malam di daerah tujuan.

 

4) Menyiapkan Dana Lebih

Meski trip bisnis, ihwal menyiapkan uang lebih jangan sampai terlupakan meski pekerjaan dan segala kebutuhan akomodasi dan transportasi sudah ditanggung kantor.

 

Baca juga: 6 Hal Harus Dipersiapkan Agar Business Trip Lebih Produktif

 

Walau harus menyiapkan dana lebih, jangan sampai Kamu ‘gelap mata’ dan boros. Mengapa? Jangan sampai kewalahan keuangan sepulang bleisure travel. Jadi pilihlah spot-spot wisata anti bokek.

 

5) Tetap Utamakan Pekerjaan

Meskipun Kamu memiliki waktu luang, tetaplah mengutamakan pekerjaan sebelum mengunjungi destinasi wisata atau spot-spot menarik lainnya di Sumut.

 

Nah, paling penting adalah Kamu harus memastikan kalau semua pekerjaan sudah diselesaikan. Jangan sampai pekerjaan menjadi terbengkalai karena semata-mata untuk mewujudkan keinginan liburan.

 

Ingat, liburan dijamin tidak pernah seru kalau Kamu masih kepikiran dengan kerjaan, kenikmatannya akan terasa hampa. Jika pekerjaan sudah selesai, Kamu tinggal menikmati jatah libur dengan lebih santai selama berada di tempat tujuan wisata, tanpa hp terus berbunyi karena diburu deadline meeting bisnis.

 

Itulah sedikit tips dan strategi menikmati liburan disela saat jalankan business trip di Prov Sumut. Semoga ke-5 strategi ngetrip diatas bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *