Smartfren Pastikan Kinerja 4G Optimal Saat Liburan Natal dan Tahun Baru 2021

Seiring masuk masa liburan panjang perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru 2021, perusahaan operator selular Smartfren memastikan telah menyelenggarakan optimasi jaringan terutama 4G dan secara intensif terus memantau perubahan traffic yang terjadi. Kedua langkah strategis tersebut dilakukan guna memastikan seluruh pelanggan Smartfren yang sangat dinamis bisa mendapatkan koneksi internet dengan kecepatan maksimal di mana pun berada.

 

Liburan panjang tahun ini akan mengubah pola pergerakan banyak orang yang juga membuat titik kepadatan traffic data berubah menjauh dari area bisnis, perkantoran dan wisata yang banyak ditutup oleh pemerintah untuk meminimalisir penyebaran Covid19. Optimasi jaringan 4G yang dimaksud adalah menyesuaikan kapasitas network di area yang low traffic tersebut, kemudian mengatur kembali route traffic data ke area-area yang memerlukan kapasitas lebih tinggi sesuai kebutuhan pelanggan saat menikmati momen libur panjang ini.

 

Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations & Special Project Smartfren, mengatakan: ‘Smartfren sudah siap dan terus mengoptimalkan 4G network agar kinerjanya dapat mendukung skema liburan dan himbauan dari pemerintah untuk #dirumahaja. Network Smartfren sudah 100% 4G, dan selalu dipantau secara intensif selama 24 jam, serta dikelola secara dinamis. Jadi dirancang untuk menyesuaikan pergerakan kepadatan traffic pada area tertentu akibat musim liburan panjang.’

 

Selain itu, blog tripbisnis.com melihat bahwa Smartfren terus akan melakukan proses optimasi network, untuk menjamin pelanggan bisa mendapatkan kualitas maksimal ketika masih banyak yang melakukan work from home (WFH) atau menggunakan aplikasi video conference. Misalnya, ketika malam Natal dan malam detik-detik pergantian tahun 2020 ke 2021 nanti traffic lebih tinggi di area pemukiman padat dan hotel karena video call, maka Smartfren melakukan penyesuaian kapasitas untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.

 

Baca juga: Jaringan Smartfren Siap Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru 2021

 

Selain itu, Smartfren juga selalu siaga jika ada pelanggan yang membutuhkan bantuan. Di masa liburan panjang perayaan hari raya Natal dan tahun baru ini, call center Smartfren bisa dihubungi pelanggan selama 24 jam lewat 888 dari nomor Smartfren atau 021-50100000 dan 08811223344 dari nomor lain. Sedangkan Galeri Smartfren tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai peraturan yang berlaku, seperti pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, penerapan jaga jarak pada antrean, memasang sekat pembatas di counter pelayanan, dan mewajibkan memakai masker bagi pegawai maupun pengunjung

 

Smartfren juga telah meluncurkan sejumlah produk baru yang lebih relevan untuk masyarakat yang melaksanakan WFH, seperti Smartfren Unlimited dengan Booster Unlimited dan Kuota Nonstop. Smartfren Unlimited merupakan paket internet yang bisa mengakses berbagai aplikasi tanpa ada batasan, selama 24 jam; sehingga pelanggan tidak perlu membeli paket satu per satu sesuai kebutuhan aplikasi. Sedangkan Kuota Nonstop merupakan paket data berkuota besar dengan bonus akses yang membuat pelanggan bisa tetap terhubung ke internet meski kuota utamanya habis.

 

Sekedar informasi, antara Maret – Mei 2020, Smartfren mencatatkan ada kenaikan traffic data sebesar 10 persen di seluruh wilayah operasional. Penyebabnya adalah adanya peningkatan aktivitas masyarakat secara online, yang didukung adanya berbagai paket kuota data Smartfren sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Smartfren Pastikan Kapasitas Jaringan 4G Aman Selama Natal dan Tahun Baru

Perusahaan penyedia layanan telekomunikasi Smartfren, memprediksi kenaikan lalu lintas komunikasi data tidak jauh berbeda dari musim libur lebaran kemarin maupun musim libur panjang tahun lalu.

 

Seperti yang terjadi sebelumnya, tripbisnis.com memperkirakan ada konsentrasi penyebaran yang berbeda, mengingat imbauan pemerintah untuk tidak mudik dalam upaya memutus klaster rantai penyebaran COVID-19. Artinya, konsentrasi penyebaran pengguna selular tidak terfokus hanya di beberapa kota tujuan mudik dan pewisata. Sehingga, diperkirakan akan terjadi kenaikan lalu lintas data mencapai 20 persen karena peningkatan pengguna layanan video streaming, musik dan gaming.

 

Sebagai antisipasi terjadinya lonjakan trafik data, Smartfren telah siap secara teknis maupun operasional perusahaan selama liburan perayaan hari Raya Natal 25/12 dan Tahun Baru 2021. Artinya, Smartfren memastikan: 1) kecukupan kapasitas dan kualitas layanan jaringan 2G/3G terutama 4G dengan optimasi jaringan sebesar 42 persen dari kapasitas keseluruhan yang dimiliki; 2) menambah perluasan cakupan 4G yang secara nasional mencapai 21 persen; 3) melakukan pengaturan route traffic; 4) monitoring intensif dari Network Operation Center (NOC) selama 7×24 jam; dan 5) menyiagakan tim khusus untuk gerak cepat ke lapangan jika terjadi gangguan secara teknis.

 

Secara nasional, kenaikan traffic seluler terbesar berada di Samarinda, Kalimantan Timur sebesar 58 persen, disusul Semarang (Jawa Tengah) 38 persen dan Balikpapan (Kalimantan Timur) 36 persen. Untuk itu, Smartfren telah menerapkan sejumlah teknologi untuk akses internet kecepatan tinggi, antara lain milimeterwave, small cell dan beam forming. Semua ditujukan untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas seluler pada masa libur panjang merayakan Natal dan Tahun Baru.

 

Selain itu, blog tripbisnis.com melihat Smartfren terus berinovasi dengan menawarkan berbagai produk yang lebih relevan untuk kebutuhan pelanggan dengan meluncurkan Smartfren Kuota Nonstop, yang relevan untuk pelanggan yang mementingkan akses internet cepat dari mana pun berada dan kuota besar untuk mengakses internet maupun mendukung kegiatan digital lainnya.

 

Untuk merespons permintaan internet yang tinggi, diluncurkan program Kuota Nonstop yang memiliki 4 pilihan Kartu kuota utama dengan harga berbeda, dimana perbedaan utamanya adalah pada besar kuota utama dan harga, yaitu:

 

*) Paket Kuota Nonstop 6 GB harga Rp30.000 dengan akses nonstop setelah kuota utama habis dan menelpon kualitas HD sepuasnya ke sesama nomor Smartfren dengan masa aktif 28 hari;

 

Baca juga: Ragam HP 4G LTE Dengan Harga Rp 1 Jutaan Buat Ojek Online

 

*) Paket Kuota Nonstop 10 GB harga Rp 45.000 dengan akses nonstop setelah kuota utama habis dan menelpon kualitas HD sepuasnya ke sesama nomor Smartfren dengan masa aktif 28 hari;

 

*) Paket Kuota Nonstop 18 GB harga Rp 65.000 dengan akses nonstop setelah kuota utama habis dan menelpon kualitas HD sepuasnya ke sesama nomor Smartfren dengan masa aktif 28 hari;

 

*) Paket Kuota Nonstop 30 GB harga Rp 100.000 dengan akses nonstop setelah kuota utama habis dan menelpon kualitas HD sepuasnya ke sesama nomor Smartfren dengan masa aktif 28 hari.

 

Kuota utama dari 4 varian tersebut aktif selama 24 jam dan bisa dipakai untuk mengakses semua aplikasi. Ketika kuota utama habis, masih bisa tetap mengakses internet untuk chatting, browsing, sampai memesan aplikasi ojek online. , seperti Gojek, inDriver, Okejek, Maxim maupun Grab. Paket ini tersedia dalam voucher fisik dan dapat juga dibeli melalui aplikasi MySmartfren (MySf).

 

Kehadiran paket ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan konsumen untuk menghadapi liburan panjang dan bekerja dari rumah ataupun memenuhi kebutuhan berkomunikasi dengan keluarga di kampung halaman melalui layanan panggilan video sebagai media silaturahmi karena tidak dapat mudik saat merayakan Natal dan Tahun Baru.

 

Baca juga: Blog Ojol tripbisnis.com Mengucapkan Selamat Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *