Saham Anterin Diakuisisi MNC Group

MNC Group melalui PT Indonesia Transport & Infrastructure Tbk (IATA) telah mengakuisisi saham mayoritas dari platform transportasi online berbasis aplikasi Anterin milik PT Anterin Digital Nusantara. Sayangnya publik pun tidak tahu tentang berapa besar jumlah saham Anterin yang diakuisisi oleh pihak perusahaan PT Indonesia Transport & Infrastructure Tbk (IATA) tersebut.

 

Sebagaimana diketahui, Anterin sendiri merupakan aplikasi transportasi online yang populer dinamakan ojek online, didirikan pertama kali pada tahun 2016 oleh Imron Hamzah dan Rachmat Efendi. Bisnis ini menyediakan 4 (empat) layanan yakni, angkutan transportasi online motor, mobil, pengantaran barang, hingga pengangkutan barang dengan menggunakan truk.

 

Meski secara prinsip, yakni sama menawarkan layanan transportasi online sistem ride hailing, seperti Okejek, Grab Maxim, dan Gojek, ojek online Anterin ini memiliki sistem pembayaran yang berbeda dari keempatnya.

 

Anterin lebih memilih menggunakan sistem lelang harga melalui platform marketplace. Sehingga, pengemudi (driver) sendiri dapat mengatur biaya yang akan dibebankan kepada konsumen pengorder. Melalui metode ini, konsumen juga dapat memilih layanan berupa angkutan transportasi sesuai selera berdasarkan pengemudi, jenis kendaraan dan penawaran harga terbaik yang diberikan oleh pengemudi.

 

Baca juga: Food Delivery Andalan Terbaru Anterin, Siap Untungkan Pengemudi

 

Pasca diakuisisi oleh MNC Grup milik miliarder Hary Tanoe melalui anak usaha IATA, selanjutnya kiprah ojek online Anterin telah meluncurkan 3 (tiga) layanan baru. Ketiga layanan itu adalah: 1) pengantaran makanan (food deliveri; 2) fresh delivery; dan 3) last mile delivery.

 

Tapi, kami dari tripbisnis.com menilai, tiga layanan itu masih berkaitan dengan jasa pengantaran produk yang mirip dengan dua ‘decacorn’ raksasa pesaingnya di sektor transportasi berbasis permintaan.

 

Hingga saat ini, Anterin telah memiliki 4 (empat) layanan berupa: Anterin Motor, Anterin Mobil, Anterin Express, Anterin Truk. Untuk melayani keempat fitur ini, Anterin telah memiliki lebih kurang 300 ribu pengemudi dengan 500 ribu lebih pelanggan yang tersebar di lebih 100 kota di seluruh Indonesia.

 

Dalam hal strategi untuk bersaing, terutama dengan layanan serupa yang ditawarkan Gojek dan Grab (sang raksasa transportasi online Asia Tenggara), Anterin hadir dengan membuat konsep baru, dimana sebagau satu marketplace tanpa pernah mencampuri urusan tarif.

 

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Mitra Driver Anterin

 

Nah, dengan konsep itu, platform Anterin memungkinkan pengemudi menentukan harga sesuai preferensi mereka. Namun, harus membayar biaya langganan, dimana mitra pengemudi (driver) cukup membayar biaya langganan Rp150 ribu per bulan, dan tidak ada potongan komisi.

 

Sementara, bagi konsumen juga diperbolehkan untuk memilih sendiri pengemudi-nya sesuai harga, jenis kelamin, jenis kendaraan, dan tipe motor yang tersedia di aplikasi. Dengan fitur ini, pelanggan akan mendapat harga yang lebih masuk akal, sesuai kesepakatan, tanpa harus didikte oleh aplikasi.

 

Model bisnis seperti itu, dianggap lebih adil dan menguntungkan pengemudi. Serta sebagai jawaban atas keluhan pengemudi yang selama ini merasa aplikator mengenakan biaya terlalu tinggi untuk pekerjaan yang sepenuhnya dilakukan pengemudi di lapangan. Inilah yang menjadi kekuatan utama ojol Anterin, yakni memperlakukan mitra pengemudi tanpa membebani pengemudi dengan mengenakan potongan komisi pada setiap transaksi, tetapi dengan sistem langganan bulanan.

 

Baca juga: Telkomsel Investasi di PT Gojek Indonesia Sebesar Rp 2,1 Triliun

 

Dengan masuknya energi baru setelah mayoritas saham Anterin diakuisisi IATA (MNC Grup), maka ke depan melalui investasi dan adanya dana segar dari aksi korporasi MNC tersebut, perusahaan akan lebih agresif mengembangkan berbagai macam fitur dan layanan mulai dari layanan taksi yang akan bekerja sama dengan operator taksi, penyewaan mobil dan helikopter hingga pengiriman makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *