Arti Kata dan Pengertian Ojek Online - Ojol

Pengertian Dan Arti Kata Ojek Online

Sebagian besar masyarakat mengetahui dan pengguna ojek online yang populer di singkat dengan ojol. Di Indonesia, ojek online adalah sarana transportasi alternatif dan merupakan ojek sepeda motor yang dapat dipesan siapa saja dengan menggunakan teknologi internet (dalam jaringan) dengan memanfaatkan aplikasi pada telepon genggam baik di smartphone Android dan iOS.

 

Secara pengertian umum, ojek (disebut juga ojeg) online adalah transportasi umum tidak resmi yang beroperasi di Indonesia dengan menggunakan sepeda motor atau sepeda yang dapat disewakan atau dipesan dengan cara menjemput dan membonceng penumpang ke tujuan tertentu.

 

Kok, transportasi tidak resmi? Pasalnya, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yo Putusan MK Nomor 41/PUU-XVI/2018, mempertegas ojek online belum memiliki payung hukum yang mengatur tentang sepeda motor sebagai jenis transportasi publik.

 

Arti Kata dan Pengertian Ojek Online - Ojol

 

Dalam keseharian ojek online, penumpang yang dibonceng biasanya satu orang atau membawa barang ukuran tertentu (driver kurir), dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya setelah tujuan pengantaran ditentukan pemesan melalui aplikasi (apl).

 

Pada perkembangan selanjutnya, ojol (ojek daring) menjadi salah satu bisnis transportasi yang sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Bahkan, Gojek dan Grab menjadi perusahaan super aplikasi bertaraf decacorn dengan aset lebih dari Rp 1000 triliun.

 

Baca juga: Ojol Yang Mengaspal di Medan

 

Super app maksudnya adalah aplikator siap melayani ojek online, taksi online, pesan antar makanan, kirim barang, belanja & pembayaran non tunai. Jadilah ojol sebagai sarana yang dapat membantu berbagai aktivitas masyarakat setiap harinya, seperti kegiatan perkantoran yang lazim memerlukan transportasi cepat, aman dan terhindar dari lalu lintas yang macet.

 

Kondisi di atas membuat masyarakat Indonesia mulai melirik ojek online sebagai gaya hidup dalam bertransportasi di era milenial seolah menjadi satu jalan pintas atas kebuntuan transportasi cepat sampai yang selama ini sudah ada. Selain itu, terdapat berbagai kelebihan yang dimiliki ojek online telah membuatnya berkembang pesat dan tren bisnisnya juga semakin booming.

 

Bila ditelaah, arti kata ojek online (“ojekonline”) menurut KBBI tidak dikenal dan tidak ditemukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Maksudnya kata ojekonline bukan merupakan kata baku. Namun, kata ojek online memiliki padanan kata baku yang tepat, yaitu “ojek daring”. Nah, ojek daring dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ojek berbasis sistem daring.

 

Baca juga: Kosa Kata & Istilah di Dunia Ojek Online

 

Sedangkan arti kata ojol dalam bahasa Indonesia adalah “tukar”. Penggunaan kata ojol masuk ke dalam bahasa gaul yaitu ragam bahasa Indonesia non_standar yang lazim digunakan oleh anak muda dalam pergaulan sehari-hari. Kosa kata ojol ini merupakan akronim dari ojek online, seperti Gojek, Grab, Okejek, Maxim, InDriver, Anterin, Gaspol, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *