Pak Eko : InDriver Layak Masuk ke Jasa Delivery

Terbukanya celah meraup rupiah di tengah trend jasa delivery yang ditawarkan transportasi alternatif harus segera ditangkap inDriver. Keistimewaan ojek online sebagai satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas akibat kemacetan dan banyaknya jumlah kendaraan, telah mengakibatkan kebutuhan jasa kurir meningkat.

 

Kegiatan bisnis jasa logistik utamanya e_logistik di Indonesia mengalami pertumbuhan positif pada layanan logistik e-commerce dan layanan pengiriman barang (courier service) yang terindikasi dari volume transaksi pembelian lewat e-commerce meningkat 18,1 persen menjadi 98,3 juta dengan total nilai transaksi naik 9,9 persen menjadi Rp20,7 triliun.

 

Beranjak dari kebutuhan tinggi untuk mempermudah serta mempercepat perpindahan suatu barang atau pun dokumen dari satu tempat ke tempat lainnya. ‘Saat ini adalah waktu yang tepat bagi inDriver untuk menawarkan bisnis di jasa kurir melalui aplikasinya. Mengingat kebutuhan kurir dipengaruhi banyaknya masyarakat milenial beraktivitas di rumah, namun tetap melakukan transaksi pembelian lewat online,’ kata driver ojek online Medan yang populer dipanggil Pak Eko.

 

Baca juga: Menakar Prospek Bila InDriver Masuk ke Layanan Kurir

 

‘Jumlah unduhan app inDriver di seluruh dunia yang sudah tembus 80 juta kali diunduh dan telah hadir di lebih 40 kota di Indonesia merupakan satu modal bahwa app transportasi online ini punya konsumen dan mitra driver yang siap bila inDriver terjun menawarkan jasa delivery’, jelas Pak Eko.

 

Menurut Pak Eko, kehadiran inDriver di Kota Medan sangat pesat dan punya konsumen fanatik, bahkan mampu menyaingi Gojek, Grab, Maxim dan Okejek untuk ‘mencuri konsumen’ layanan penumpang (bike dan taksi). Hal ini diduga kuat, karena adanya fitur penumpang dapat menawar ongkos pada setiap trip yang di order, dan dapat memilih sendiri jenis kendaraan, rating maupun driver.

 

‘Tak sebatas layanan pengiriman barang saja, inDriver juga sudah layak untuk menyediakan layanan pesan antar makanan atau minuman (food) dan belanja kebutuhan sehari-hari (shop/mart)’, ujar Pak Eko.

 

Tambah Pak Eko, untuk berhasil menangkap peluang tersebut, pihak inDriver harus memperkuat armada baik motor, mobil atau pun truk (seperti jenis truk Giga dan Elf NKR).

 

Menurut dia, bisnis pengiriman ini adalah bisnis kepercayaan dan ketepatan waktu jemput antar. Makanya, armada yang dikerahkan juga harus memiliki keandalan dan punya jiwa profesional.

 

Baca juga: Syarat Pendaftaran Driver Baru di App InDriver

 

Senada dengan pendapat Pak Eko, Kami dari blog tripbisnis.com juga mencermati bila ke depan inDriver serius menggarap pasar jasa kurir di Medan, masih ada ‘pekerjaan rumah’ bagi tim manajemen dan ahli ITE perusahaan agar inDriver cepat berkembang. Beberapa hal yang harus diperhatikan menurut tripbisnis.com adalah sebagai berikut:

 

1) Wujud Transportasi dan Media Komunikasi Milenial

Layanan InDriver bike merupakan sarana transportasi online yang paling cocok untuk jasa kurir, terutama di daerah padat penduduk dan atau di area dengan jumlah kendaraan bermotor yang besar. Selain karena ukuran motor yang relatif kecil hingga mudah melewati jalanan yang macet, bahan bakar yang diperlukan sepeda motor juga cukup murah, serta banyak bengkel perawatan motor dan biaya perawatannya juga cukup terjangkau.

 

Atas pertimbangan ini, inDriver bike kurir akan lebih menghemat waktu pengiriman barang serta menghemat biaya modal bagi mitra driver. Meski begitu, inDriver car kurir (misal mobil pickup atau box) juga bagian penting untuk mengatasi pengiriman barang dengan volume besar seperti pindahan rumah, jadi harus tetap ada.

 

InDriver sudah menjadi media komunikasi, di mana app ini wajib menggunakan telepon seluler, baik untuk memesan (bagi pelanggan) maupun terima order (bagi kurir). Dengan itu, akan makin mudah dan dapat dengan cepat menghubungi serta menerima balasan. Penting dipertimbangkan, penggunaan alat komunikasi harus tetap di update, canggih dan terintegrasi dengan baik untuk memudahkan operasional jasa kurir online.

 

2) Sumber Daya Manusia

Untuk karyawan yang di rekrut inDriver pada kantor perwakilan cabang di seluruh wilayah Indonesia harus memiliki karakter dan kualifikasi bagus. Begitu pun dengan mitra driver yang menjadi ujung tombak dan berhadapan langsung dengan konsumen yang order jasa kurir.

 

Baca juga: Andai Tersedia Layanan InDriver Kurir, Ini Cara Bikin Akun Gacor

 

Andai akan dilakukan rekrutmen khusus untuk mitra jasa kurir, inDriver harus mempekerjakan pengemudi atau rider yang mengenal betul tentang seluk beluk kota hingga jalan alternatif agar terhindar dari kemacetan dan keterlambatan. Selain itu, kualitas diri seperti jujur, rajin, dapat dipercaya dan tekun juga harus diperhatikan. Driver yang menjadi kurir juga harus berani bertanggung jawab atas kenyamanan dan keamanan barang yang diantarnya hingga sampai ke tangan penerima.

 

Selain mendapatkan driver pengantar yang berkualitas, inDriver juga membutuhkan pegawai atau karyawan untuk urusan ITE dan maintenance pusat data, seperti bekerja untuk mengontrol sistem kekinian untuk disandingkan dalam app order dan penemuan alat canggih lain dalam hal berkomunikasi dengan pelanggan. Intinya, karyawan di kantor cabang inDriver harus teliti, sabar, sopan dan memiliki kemampuan interpersonal yang baik selain SDM yang memiliki keahlian di bidang ITE.

 

3) Promosi Berkelanjutan

Untuk mengenalkan brand inDriver delivery kepada banyak orang, dapat memanfaatkan internet sebagai satu strategi digital marketing. Selain biayanya yang terkenal cukup murah, internet juga sangat cepat menyebarkan informasi ke banyak orang sekaligus. Contoh penggunaan internet untuk digital marketing adalah dengan akun sosial media, google ads Indonesia, jasa influencer, dan bekerja sama dengan para blogger untuk content placement.

 

Menurut Kami, saat melakukan promosi, sebaiknya inDriver mempunyai target konsumen yang sesuai dengan cara promosi yang akan dilakukan. Jika mempunyai target konsumen adalah UMKM, maka dapat menyebarkan promosi jasa di pasar atau pusat perbelanjaan maupun marketplace group. Jika target pasarnya adalah penikmat kuliner, maka dapat melakukan promosi ke perusahaan atau ke restoran.

 

4) Keragaman Jasa dan Produk

Secara umum, bisnis jasa kurir apa pun dapat bertahan dan unggul dari kompetitor, apabila dapat menawarkan paket yang berbeda. Untuk itu, Kami menganalisa agar inDriver agresif mengembangkan pengiriman paket atau dokumen, paket antar jemput paket ke korporasi, paket membeli barang pesanan dan pengantaran barang ke pelanggan serta layanan jasa delivery multi order.

 

Bahkan bila penting ke depan, dapat mengembangkan aplikasi canggih untuk jasa kurir, misal menawarkan jasa untuk mengantre membeli tiket transportasi (tiket bus, tiket kereta api). Serta mengantre untuk beli tiket bioskop, tiket olahraga, hingga tiket konser. Selain itu, inDriver pun dapat menawarkan jasa pembelian makanan dan minuman untuk menambah keragaman jasa yang ditawarkan ojek online pada umumnya.

 

Terkait kompetisi pasar ojol Indonesia sangat ketat, terutama menghadapi pemain lama di bisnis jasa kurir. Jadi, yang akan dihadapi perusahaan inDriver tidak hanya dari sesama jasa kurir dari app ojek online melainkan juga pebisnis jasa kurir offline.

 

Baca juga: Alamat Kantor Customer Service InDriver Yang Terdekat

 

Pihak korporasi inDriver harus memastikan bahwa bisnis mereka tidak hanya terfokus pada pelanggan individual tetapi juga instansi hingga perusahaan atau lembaga, sehingga bisnis kurir yang ditawarkan dapat tetap berjalan dengan baik hingga mampu bersaing dengan perusahaan khusus kurir seperti lalamove, mr_speedy, jne, dan j&t.

 

5) Penanganan Risiko

Dalam menjalankan bisnis kurir, tiap mitra kurir driver harus siap dengan segala risiko yang mungkin terjadi, misalnya cuaca buruk, kecelakaan lalu lintas, kerusakan kendaraan, hingga kepadatan lalu lintas. Kendala ini tentunya dapat menghambat operasional usaha kirim barang sesuai dengan jadwalnya.

 

Jadi, driver harus siapkan diri dengan rencana cadangan sehingga operasional di lapangan dapat terus berjalan dan tidak mengecewakan pelanggan yang sudah menunggu barangnya. Kendala lain yang bisa terjadi adalah masalah komunikasi, misalnya salah alamat penerima, keterlambatan pengiriman barang atau barang tidak sampai ke konsumen karena dibawa kabur mitra driver.

 

Untuk menghindari hal di atas, dan menjadi pertanyaan apakah akan diberikan kompensasi bagi pelanggan yang barangnya telat diantar? Atau apakah ada jaminan atas barang yang diantar, misalnya ganti rugi apabila barang hilang atau tak sampai maupun rusak? Kami kira hal ini harus tegas dinyatakan dan jelas siapa penanggung.

 

6) Memprioritaskan Kualitas Pelayanan dan Kecanggihan Aplikasi

Untuk bisnis jasa kurir, keuntungan usaha sangat ditentukan oleh kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas, output nya pelanggan akan membantu untuk mempromosikannya ke orang lain atau kembali menggunakan jasa kurir yang ditawarkan. Oleh karena itu, inDriver harus selalu memastikan bahwa dalam operasional (online dan off line), selalu mendahulukan kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan.

 

7) Efisiensi Bisnis Kurir

Efisiensi bisnis bisa meningkat 2 (dua) per tiga ketika teknologi yang tepat diimplementasikan. Investasi yang diterapkan inDriver haruslah teknologi yang tepat, memiliki budaya, keterampilan atau perilaku yang diperlukan untuk benar-benar menuai manfaat ketika ditawarkan ke pelanggan.

 

Adapun efisiensi dalam bisnis jasa kurir harus mengetengahkan: a) pengambilan keputusan berbasis data; b) fleksibilitas dan berani melakukan perubahan; c) budaya wirausaha; d) visi digital bersama; e) pemikiran dan pertanyaan kritis; f) budaya belajar dan komunikasi terbuka, dan; g) kolaborasi multi dimensi.

 

Baca juga: Strategi Marketing Ojek Transportasi Online

 

Selain ke-7 (ketujuh) poin di atas, tripbisnis.com juga melihat penting cara korporasi inDriver beradaptasi untuk lebih memiliki keunggulan kompetitif di era digital dan pemasaran online. Guna mencapai efisiensi bisnis di era digital, sangat penting buat inDriver untuk menjadi perusahaan jasa kurir alternatif yang gesit dan progresif mengimbangi perubahan dari seluruh kinerja perusahaan logistik.

 

Dengan adanya kemampuan beradaptasi dan kelincahan akan berpeluang besar cepat maju dalam persaingan dan menawarkan proposisi memimpin pasar delivery. Artinya, menjadi adaptif berarti dukungan yang diberikan inDriver akan lebih baik bagi pelanggan jasa kurir.

 

Selain penting untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, hal ini juga menjadi satu faktor yang memengaruhi perusahaan, mempertahankan SDM dengan keterampilan untuk bersama-sama dimanfaatkan mendorong kinerja bisnis lebih maju. Ingat, perusahaan transportasi online yang tidak siap dengan berbagai perubahan maka tidak akan mampu bersaing untuk mendapatkan keterampilan di pasar kurir digital seperti hari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *