Lalamove

LalaMove adalah satu perusahaan rintisan (startup) kurir yang berasal mengaspal di Hongkong sejak lima tahun lalu. Startup di bisnis jasa antaran mulai ekspansi ke berbagai negara di Asia dengan dukungan dana dari investor berbasis di China. Jadilah, perusahaan jasa kurir atau delivery ini perluas operasi bisnisnya ke Taiwan, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

 

Di bawah bendera Lalamove Logistik Indonesia, sejak November 2018 secara resmi beroperasi di Indonesia dan saat itu sukses merangkul sekitar 4.000 mitra driver motor dan 2000-an mitra driver mobil. Pertumbuhan driver yang naik cukup signifikan telah menjadikan LalaMove sebagai satu aplikasi pengiriman barang on-demand terkemuka di Jakarta yang menghubungkan kurir pengiriman dan pengguna secara instan.

 

Kantor cabang Lalamove Logistik Indonesia berpusat di alamat Gedung Menara Standard Chartered, Jl. Prof. DR. Satrio No.164, RT.3/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta – 12940. Call center (021) 50106688. E-mail: support.jakarta@lalamove.com. Facebook: Lalamove Indonesia dan akun Instagram: @lalamoveid.

 

Dalam perkembangan bisnis jasa antaran barang, Lalamove Indonesia hanya menerapkan sistem order dan tidak memasang fitur bidding di aplikasi. Artinya, jasa kurir Lalamove hanya mengenakan sistem order oleh pelanggan melalui aplikasi di smartphone atau website. Kemudian, akan menghubungkan pemesan ke mitra driver terdekat dalam jangkauan radius 5 kilometer dari lokasi customer yang melakukan pemesanan pengantaran barang.

 

Lebih unik, order pengiriman barang oleh customer melalui apk Lalamove bisa dilakukan dengan penjadwalan untuk hari H saat order kiriman diajukan sampai dengan jangka waktu antaran 1 bulan ke depan. Memang saat ini, LalaMove belum sediakan jasa angkutan bulk cargo. Namun, khusus kiriman barang dengan menggunakan Van atau mobil, pemilik atau pengantarnya boleh ikut naik.

 

Volume antaran barang dengan menggunakan mobil berjenis MPV atau city car maksimal 175x100x85 cm dengan berat maksimal 350 kg. Sementara, untuk barang antaran dengan menggunakan armada van maksimal 600 kg dengan volume barang maksimal 210x150x120 cm. Serta untuk kiriman barang menggunakan armada motor adalah maksimal 20 kg dan lebar kiriman tak melebihi lebar setang sepeda motor.

 

Selain itu, perusahaan asal Hongkong ini telah sukses melakukan kerja sama dengan berbagai layanan ekspedisi, serta agresif mengembangkan aplikasi dengan metode pembayaran e-money. Sukses juga menambah aplikasi berpartner dengan Help untuk terus memperluas jaringan dalam rangka memberikan layanan baru bagi para penggunanya.

 

Sebagai perusahaan yang dapat dikategorikan transportasi digital dengan layanan pengiriman barang berbasis aplikasi, tentu LalaMove Indonesia akan terus berkomitmen mendukung para penggunanya untuk konsumen beralih ke platform berbelanja online untuk membeli kebutuhan sehari-hari, termasuk makanan (kuliner) untuk bersaing dengan perusahaan ojek online (Gojek dan Grab) yang sudah melayani lebih dulu.

 

Di akhir November 2020 lalu, aplikasi LalaMove telah berhasil menggandeng Help sebagai partner untuk mewujudkan pengalaman menarik dalam mengirim barang. Dengan penambahan fitur Multi-trip Delivery membuat para penggunanya, terutama pebisnis rumahan untuk mengirim barang ke-8 (kedelapan) tujuan pengantaran yang berbeda hanya dalam sekali pesan. Setelah memasukkan ke lebih dari satu alamat pengiriman yang berbeda, pengguna tidak perlu menunggu driver yang berbeda untuk penjemputan barang. Cukup dengan satu driver Lalamove, barang akan langsung dikirim saat itu juga ke alamat yang diinginkan.

 

Nah, bagi klien yang menggunakan jasa kiriman barang antaran tertentu yang diestimasi berisiko rusak, pihak perusahaan LalaMove sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi, dengan biaya premi asuransi ditanggung customer. Biaya yang dikenakan untuk jasa antaran adalah berlaku fix flat rate ke konsumen, tujuannya agar para pebisnis seperti usaha F&B (pebisnis makanan dan minuman) misal usaha katering, mudah membuat perhitungan cost produk dari komponen biaya pengiriman barang yang dilakukan.

 

Sebagaimana diketahui, usaha kuliner rumahan mengalami perkembangan sangat pesat. Di mana, konsumen millennial lebih sering memesan makanan dan minuman secara online dan selalu menggunakan layanan pengantaran tepercaya. Untuk itulah, lowongan pekerjaan menjadi driver kurir di Lalamove masih dibuka dengan syarat dan cara daftar yang mudah.

 

Jadi, kesempatan ini jangan disia-siakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hanya dengan modal kendaraan roda dua atau empat, Kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan lebih berdasarkan pada jumlah pengiriman yang di ambil. Ditambah, waktu pengiriman juga sangat fleksibel dan bisa diatur sendiri sesuai dengan jadwal Kamu.

 

Segera unduh aplikasi Lalamove Driver melalui Appstore atau Playstore, kemudian lakukan registrasi online. Isi formulir pendaftaran dan pilih jenis kendaraan sesuai dengan kendaraan yang Kamu miliki. Jangan lupa untuk mengunggah semua dokumen yang diperlukan, antara lain:

1) KTP;

2) KTP kontak darurat;

3) Nomor HP kontak darurat;

4) SIM;

5) Kartu Keluarga;

6) STNK;

7) Plat Kendaraan;

8) Foto Diri;

9) SKCK yang masih aktif wajib bagi mitra roda dua dan SKCK tidak wajib untuk mitra roda empat);

 

Untuk kendaraan roda dua, akun akan diaktifkan 3×24 jam pada hari kerja setelah berhasil mengunggah semua dokumen syarat pendaftaran pada aplikasi Lalamove driver, mengikuti training, serta melakukan pembayaran deposit. Sedang untuk roda empat, akun akan diaktifkan 3×24 jam pada hari kerja setelah berhasil melengkapi semua dokumen syarat pendaftaran pada aplikasi Lalamove driver, mengikuti training, dan memasang stiker pada kendaraan yang digunakan.