Ojek Online

Ojek transportasi online yang populer disebut ojol merupakan ojek sepeda motor (R2 – motorcycle) dan taksi online yang dapat dipesan menggunakan teknologi internet, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah lebih dulu di download pada telepon genggam (smartphone) dengan android os vs apple ios versi terbaru. Hal ini dapat memudahkan pengguna jasa untuk memanggil pengemudi ojek online mengangkut penumpang, pesan antar makanan, kirim barang dan belanja di warung atau toko, serta kebutuhan lain (multifungsi) yang terdapat di aplikasi tersebut.

 

 

Seiring perkembangan bisnis di era millennial, ojek online ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari bisnis transportasi online, baik dengan sistem ride hailing dan atau ride sharing. Dimana, belakangan muncul taksi online (taksol). Taxi online (R4 – car) merupakan salah satu usaha di bidang jasa transportasi mobil yang menawarkan layanan mengangkut dan mengantarkan orang dan atau barang, di mana proses pemesanan jasa transportasi ini digunakan dengan aplikasi di handphone (hp).

 

Selain itu, penggunaan aplikasi terus di kembangkan hingga muncul bisnis jasa pengantaran barang atau kurir, yang selanjutnya saat ini dikenal dengan nama e-logistik. Pengantaran barang pada bisnis e-logistik ini juga memanfaatkan armada mobil/truk dan sebagian menggunakan motor.