Ojek Online Meks Asli Buatan Anak Makassar

Meks aplikasi layanan ojek online dengan sistem ride hailing (motorcycle dan car) kini hadir melayanni warga Kota Makassar. Ini menandakan bisnis ojol masih berkembang pesat meski ditengah ketatnya persaingan dari perusahaan Gojek, Grab, dan Maxim asal Rusia.

 

Persaingan itu akan tetap ada, tapi Meks terus berbenah diri pasca aplikasi ini mulai resmi beroperasi pada 5 Agustus 2020 lalu. Kini, layanan ojek online asli buatan anak Kota Makassar ini telah memiliki 400 driver yang aktif di aplikasi dan siap menerima order.

 

Kehadiran Meks ojol muncul dari keprihatinan dan kesulitan yang dialami langsung di lapangan. Karena itu, muncul pemikiran dari beberapa pengemudi (driver) yang tergabung di komunitas mitra driver ojol yang dinamakan komunitas Siri’na Pacce Makassar. Jadilah Meks yang manajemennya berasal dari komunitas mitra drivel ojol, dengan harapan kehadiran aplikasi Meks ojek online bisa berkarya dan bermanfaat bagi warga Kota Makassar sekitarnya.

 

Baca juga: inDriver Hadir di Yogyakarta, Purwakarta, Mojokerto, dan Magelang

 

Bila diperhatikan aplikasi ini, ada 7 (tujuh) layanan Meks yang dapat dinikmati masyarakat, yaitu: 1) layanan sepeda motor (motorcycle); 2) layanan mobil (car) taksi; kedua layanan ini merupakan aplikasi untuk penumpang. 3) layanan kiriman paket; 4) layanan makanan; 5) layanan pasar; 6) layanan olshop; 7) layanan alat tulis kantor (ATK); dan 8) top up saldo.

 

Tahap awal Meks hanya fokus pada layanan motor penumpang, layanan pengantaran makanan serta pengiriman paket. Target pada bulan September ini, layanan mobil penumpang sudah bisa beroperasi karena masih dalam tahap proses pengurusan izin dari dinas terkait.

 

Nilai lebih Meks ojek online terletak pada penerapan tarif yang ditawarkan jauh lebih rendah dibandingkan aplikasi yang sudah lebih dahulu beroperasi di Makassar. Sementara untuk pengemudi (driver), Meks akan memberikan subsidi sekitar Rp 2.000 sampai Rp 3.000. Bahkan bisa sampai Rp 5.000 untuk jarak tertentu. Intinya, aplikasi Meks akan menyisipkan insentif untuk mitra Meks driver, kalau poinnya tercapai.

 

Bagi Meks driver yang dapat memenuhi level orderan yang didapat, yakni: 200 poin sebesar Ro30 ribu, 300 poin 45.000. Sehingga total insentif yang nanti diberikan adalah 75.000.

 

Sementara satu orderan MeksBike dapat poin 8, satu orderan pengantaran barang dapat sembilan poin, sedangkan food, pasar, atk dan olshop dinilai poin 10. Untuk operasional driver, masih aktif di Kabupaten Maros, Kota Makassar Kabupaten Gowa dan nantinya akan dikembangkan sesuai dengan perkembangan bisnis Meks kedepan. Pengguna terbanyak masih berasal dari Kota Makassar.

 

Memang saat ini driver Meks yang aktif jumlahnya 400 orang, tapi sudah hampir ada 1000 pendaftar. Meks masih mengutamakan calon driver yang telah bergabung di grup Whatsapp (WA) dan yang daftar online berkasnya masih diseleksi. Adapun persyaratan untuk jadi mitra Meks driver, adalah: KTP, SIM, STNK, KK dan foto keluarga.

 

Telisik juga: Cara Daftar Mitra Maxim Driver Ojek Online

 

Bila diperhatikan pada google playstore, hingga saat ini telah ada 1000 lebih pengguna yang telah download aplikasi Meks di Playstore. Tripbisnis.com menilai, aplikasi ini sudah sangat matang dan akan ada banyak inovasi progresif kedepan, seperti ada layanan chattingan dengan resto sebelum order.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *