Trip Bisnis Adalah

Mengenal Apa Itu Bisnis Trip

Perkembangan industri bisnis pariwisata di Indonesia, penggiat dunia traveller lazim menjalankan business trip. Apa sih business trip itu? Pengertian umumnya merupakan perjalanan liburan sekaligus melakukan aktivitas bisnis secara umum. Nah, tujuan bisnis trip tidak hanya sekadar berlibur semata, melainkan juga bertujuan untuk memperluas pangsa pasar, mencari ide bisnis baru, dan mengembangkan jaringan bisnis dalam jangka panjang.

 

Artikel ini akan lebih rinci membantu kamu untuk mengenal dan mengetahui secara baik tentang apa itu bisnis trip dan alasan apa kok harus dilakukan? Karena sebagaimana mestinya, libur ya libur saja. Atau berbisnis ya berbisnis saja.

 



 

Sebenarnya, penggunaan istilah business trip bisa saja didefinisikan secara luas karena tergantung konteks-nya. Orang yang melakukan perjalanan bisnis tak selamanya berkaitan dengan kepentingan pribadi sebagai seorang pengusaha ataupun entrepreneur maupun seorang travel blogger untuk keperluan endorse atau pun content placement dari perusahaan perhotelan dan perjalanan wisata.

 

Menarik dibaca: Cara Membuat Blog Niche Traveling Untuk Bisnis

 

Sebab itulah, tak jarang bila perjalanan tersebut dilakukan oleh para professional yang bertanggung jawab pada sesuatu bidang utama di perusahaannya. Biasanya karyawan di bidang marketing dan atau riset inovasi yang sering melakukan business trip untuk mempromosikan atas bisnis perusahaan atau melakukan analisis pengembangan berkelanjutan. Sehingga, perjalanan tersebut sangat diharapkan dapat membawa banyak keuntungan bagi perusahaan, misalnya peningkatan omzet penjualan atau proses realisasi meluncurkan produk terbaru.

 

Tentu, bagi orang-orang yang belum pernah melakukan business trip menganggapnya sebagai sesuatu yang menyenangkan. Karena banyak yang memaknai sebagai kerja jalan-jalan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Padahal, banyak yang merasa kewalahan karena harus sering melakukan aktivitas itu. Terutama bila banyak pekerjaan lain yang menanti di kantor.

 

Setiap business trip dituntut adanya intensitas tinggi, sangat menyita waktu seseorang tidak bersama keluarganya. Setiap orang yang melakukan business trip, harus mampu mengatur jadwalnya secara cermat agar perjalanan tersebut terasa menggembirakan.

 

Jadi, perjalanan bisnis tak selalu identik dengan jalan-jalan pada umumnya. Meski banya image yang menyatakan bahwa perjalanan bisnis ke luar kota atau luar negeri juga identik dengan jalan-jalan. Stereotip ini pula yang menyebabkan perjalanan bisnis dianggap sebagai kebijakan pemborosan anggaran operasional perusahaan.

 

Trip Bisnis Adalah

 

Selama ini memang banyak orang yang memanfaatkan momen untuk sekalian jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri. Kendati, profesionalitas harus tetap dijunjung tinggi selama waktu yang dihabiskan untuk melakukan business trip.

 

Saat melakukan business trip, sebaiknya kamu memprioritaskan tanggung jawab yang sudah dibebankan perusahaan kepada kamu. Artinya, semua urusan pekerjaan atau bisnis harus rampung sebelum kamu mulai bersenang-senang. Karena itu tujuan utamanya. Sehingga kamu bisa kembali ke kota asal dengan membawa hasil besar bagi bisnis kamu atau perusahaan tempat bekerja.

 

Ada banyak hal penting yang harus disiapkan sebelum melakukan business trip agar nantinya berlangsung lancar dan sukses, yaitu:

 

Tiket Pesawat atau Kereta Api ataupun Bus (Pulang Pergi). Tiket transportasi untuk melakukan perjalanan sangat penting kamu pegang, jangan sampai kamu lalai memesan tiket kepulangan hingga membuat jadwal lainnya pasca menyelesaikan agenda business trip jadi terbengkalai. Terutama, bila kamu masih harus mengurus banyak pekerjaan selepas menjalankan misi perjalanan bisnis.

 

Untuk itu, pilihlah tiket keberangkatan dan kepulangan yang jadwalnya tepat, sehingga risiko keterlambatan akibat jadwal trip transportasi umum bisa di minimalisir.

 

Selain jadwal tiket pesawat atau kereta api yang pas, eksistensi reservasi hotel juga tak kalah penting untuk mendukung business trip agar sukses dikerjakan. Kamu harus memilih hotel yang nyaman dan berkualitas untuk menunjang produktivitas kerja. Kini, sangat banyak hotel yang siap mendukung kelancaran perjalanan bisnis kamu. Kalau bisa hotel yang terletak di lokasi strategis yang mudah dijangkau dari pusat kota.

 

Kenapa minimal hotel bintang tiga? Karena, fasilitas kamar pasti nyaman dan akan memanjakan kamu setelah sibuk mengurus pekerjaan seharian. Jika kamu sedang tak ingin jalan-jalan ke luar hotel, bersantai di area hotel pun akan terasa cukup menyenangkan. Atau bisa menikmati fasilitas lain yang ada di hotel tersebut, seperti: restoran dan bistro, kolam renang, gym center, room karaoke, dan masih banyak lagi. Sudut-sudut hotel yang instagramable juga siap menjadi latar foto yang menarik untuk kemudian kamu upload ke akun media sosial pribadimu.

 

Kamu juga harus menyiapkan materi pekerjaan yang harus dikerjakan selama perjalanan bisnis itu berlangsung. Bisa dengan menyiapkannya dalam bentuk softcopy atau hardcopy tergantung pada kebutuhannya. Usahakan untuk memeriksanya kembali sesaat sebelum berangkat, sehingga tidak ada materi penting yang tertinggal. Bila perlu, buatlah checklist untuk memudahkan kamu dalam menyelesaikan semua hal penting tanpa ada satu pun pekerjaan atau barang bawaan yang terlewat.

 

Nah, agar komunikasi tidak terputus sangat penting membawa gadget yang mudah dibawa bepergian. Perhatikan juga pulsanya atau kuota internetnya. Eksistensi smartphone dan laptop adalah untuk mempermudah urusan pekerjaan. Jadi, pastikan kalau smartphone dan laptop yang dibawa bobotnya ringan supaya tidak membebani barang bawaan.

 

Penting juga diperhatikan bahwa kapasitas baterai smartphone dan laptop juga harus besar agar tidak mudah low battery saat digunakan. Atau pertimbangkan untuk membawa power bank sebagai cadangan untuk mengantisipasi smartphone yang mulai low battery pada kondisi darurat.

 

Karena ini sebenarnya agenda bisnis, maka persiapan pakaian untuk business trip jelas sangat berbeda dengan pakaian untuk traveling umumnya. Untuk itu, kamu harus menyiapkan pakaian-pakaian yang sopan dan rapi, terutama bila akan bertemu banyak klien bisnis.

 

Sebenarnya kamu tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian, cukup membawa blazer dan celana panjang berwarna gelap untuk dipakai hingga dua kali. Sedangkan untuk atasannya, bisa membawa kaos polos, kemeja, atau blouse sesuai selera. Pastikan bahwa penampilan kamu nantinya terlihat menarik dan fashionable agar kesan profesional semakin terlihat jelas.

 

Selain persiapan di atas, kamu juga bisa membawa produk-produk perawatan tubuh (seperti sabun mandi, sampo, pasta gigi, dan sikat gigi) bila memungkinkan juga bawa parfum atau kosmetik (khusus perempuan) untuk menunjang penampilan. Kok bila memungkinkan? Karena, biasanya pihak hotel ada menyediakan sabun mandi, odol, sampho dan sikat gigi.

 

Bila kamu perginya mendadak, tak perlu kuatir karena masih bisa membelinya ketika tiba di tempat tujuan. Membeli perlengkapan kebersihan di tempat tujuan akan meringankan barang bawaan saat akan berangkat.

 

Pasca Menjalankan Agenda Business Trip

Perjalanan bisnis yang cukup lama dan melelahkan tentu bisa membuat kamu mengalami homesick. Sepulang dari perjalanan tersebut, siapkan waktu beristirahat di rumah dan santai bersama keluarga yang sebelumnya kamu tinggal. Sehingga semangat dan stamina kamu kembali pulih dan siap melanjutkan pekerjaan yang tertunda.

 

Selain itu, sebagai seorang profesional punya kewajiban untuk membuat laporan perjalanan bisnis. Maka, buatlah laporan singkat mengenai hal-hal yang sudah kamu lakukan selama proses business trip. Laporan tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai parameter terhadap perkembangan bisnis yang akan datang.

 

Biasanya, seluruh biaya dalam perjalanan bisnis adalah ditanggung oleh perusahaan. Sekalipun kamu adalah seorang pengusaha atau entrepreneur, biaya perjalanan harus dihitung secara profesional sebagai bagian dari tunjangan operasional. Siapkanlah berbagai dokumen reimbursement secara cermat (berbagai bukti pembayaran), sehingga pengajuan reimbursement dapat berlangsung cepat.

 

Intinya, menjalani business trip dapat memberi kesan mendalam bagi kamu. Jadi, harus menyiapkan perjalanan bisnis secara matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *