Menakar Prospek Bila InDriver Masuk Layanan Kurir

Sektor jasa kurir (e_logistik) yang dijalankan perusahaan ojek transportasi online diprediksi kuat memiliki prospek yang menggiurkan untuk memberi keuntungan bisnis bagi korporasi. Hal ini seiring dengan perkembangan pesat ekonomi digital dan pasar ridehailing maupun ride_sharing di Indonesia.

 

Menakar adanya kebutuhan jasa pengiriman yang diperkirakan terus meningkat selaras dengan geliat bisnis online merupakan prospek bisnis yang cukup menggiurkan. Artinya, dikaitkan dengan produk yang berasal dari UKM dan atau UMKM sangat terbantu dengan tak perlu repot lagi mengirim barang. Karena kini pekerjaan antar barang sepenuhnya dipercayakan ke kurir.

 

Meski sangat potensial, bisnis jasa kurir pun juga mulai bersaing sangat ketat. Terlihat dari beberapa perusahaan ojek transportasi online sudah lebih dulu masuk ke pasar kurir, misal Gojek, Grab, Maxim, Okejek, Anterin, dan lainnya. Ditambah dengan munculnya platform delivery khusus, seperti JNE, Tiki, J&T, Sicepat, MrSpeedy, Lalamove dan lainnya yang berinovasi dengan membuka jasa agen kurir pada kota-kota utama di Indonesia.

 

Lalu kapan InDriver akan membuka layanan InDriver Delivery? Hal ini sangat penting dipertanyakan mengingat, jumlah pelanggan dan popularitas InDriver yang terus meningkat dipastikan ke depan akan membutuhkan jasa kurir untuk membantuk aktivitas mereka sehari-hari. Dengan InDriver kurir, maka pelanggan dipastikan hanya perlu menunggu hingga kurir datang menjemput barang, lalu barang akan dikirimkan dengan cepat ke tempat tujuan dan sampai dengan aman ke tangan penerima dalam hitungan menit/jam.

 

Tentu nantinya kehadiran layanan jasa kurir di aplikasi InDriver adalah untuk sepenuhnya meningkatkan kinerja seluruh layanan InDriver, apakah InDriver Bike Delivery atau pun InDriver Car Delivery. Salah satu bisa dengan memberikan dukungan untuk keamanan barang dan driver saat menjalankan order InDriver Delivery, di samping harga per trip harus terjangkau bagi pelanggan.

 

Baca juga: InDriver Mountain View Perkuat Posisi di Pasar Indonesia

 

Memang saat ini, Kita harus tetap waspada akibat pandemi Covid19, namun potensi pengguna InDriver di seluruh dunia yang sudah melebihi 70.000.000 adalah satu kekuatan untuk tetap optimis menambah layanan baru, yakni InDriver kurir di pasar transportasi online, terutama di area cabang InDriver Indonesia.

 

Mengapa? Blog tripbisnis.com mencermati dari adanya kebijakan perusahaan InDriver perwakilan Indonesia yang terus berkomitmen untuk menyediakan layanan transportasi online yang terjangkau dan handal di pasar ojol Indonesia. Ingat, pasar ojol Indonesia merupakan salah satu kontributor utama pertumbuhan perusahaan InDriver, di mana perusahaan startup yang bermarkas di Mountain View AS ini telah berkembang di lebih dari 40 kabupaten kota di seluruh Indonesia.

 

Terlepas dari situasi sulit yang dihadapi oleh industri layanan pemesanan jasa logistik yang ditawarkan oleh ojek transportasi online, app inDriver menjadi alternatif yang sangat menarik untuk layanan pemesanan transportasi on demand saat ini. Karena memiliki fitur unik yang dikenal Tawaran Waktu Nyata (Real-time Deals – RTD) yang memungkinkan pengguna menawar untuk mendapatkan harga terbaik untuk perjalanan. Tentu, nantinya fitur RTD ini bisa diselaraskan terhadap layanan InDriver kurir.

 

Menurut Kami dari tripbisnis.com, pengguna setia InDriver berharap besar atas penggunaan fitur RTD di layanan kurir inDriver, baik pengiriman barang dalam wujud dokumen, pesan antar makanan (InDriver Food) dan beli antar kebutuhan sehari-hari di toko, supermarket atau pun warung mitra merchant (InDriver Shop & Mart). Mengapa? Karena layanan RTD memungkinkan pengguna berbagai ragam jasa kurir untuk menentukan tarif sendiri pada trip antar barang yang mereka pilih. Selain itu, akan memberikan kebebasan kepada pengemudi atau kurir driver terdekat yang menerima permintaan transportasi delivery untuk menerima tarif yang ditawarkan, atau mengabaikan tawaran, atau bahkan menawar kembali dengan harga yang lebih menguntungkan.

 

Baca juga: InDriver Medan, Ojol Baru Saingan GoRide dan GrabBike

 

Dengan hal itu, sebelum pengemudi jasa logistik InDriver mengambil keputusan akhir, pengemudi akan dapat melihat secara transparan detail perjalanan, termasuk titik penjemputan dan pengantaran barang. Artinya, pengemudi jasa kurir tidak secara otomatis ditetapkan menjadi pengendara. Setelah tawaran balasan masuk, pengorder dapat memilih driver InDriver kurir yang paling sesuai dengan preferensinya, utamanya terkait dengan tarif per trip, peringkat pengemudi, perkiraan waktu tiba, atau model kendaraan yang digunakan.

 

Selain itu, dengan penerapan fitur RTD pada layanan InDriver e_logistics juga berlawanan dengan algoritme yang selama ini digunakan oleh perusahaan layanan pemesanan angkutan jasa kurir oleh ojek online lainnya, yang ditengarai merugikan customer dengan seenaknya menaikkan tarif perjalanan order antar barang karena faktor-faktor seperti jam sibuk, kondisi lalu lintas, dan riwayat permintaan.

 

Fitur lain yang selama ini sudah melekat dan jadi brand di apk InDriver adalah fitur lokasi GPS driver yang memastikan pengguna selama di perjalanan tetap terpantau aman dan nyaman, seperti: 1) adanya kemampuan untuk membagikan lokasi GPS para mitra driver di app InDriver, 2) laporan detail perjalanan secara waktu nyata dari aplikasi dengan kontak tepercaya, dan 3) tersedia tombol darurat khusus yang memungkinkan pengguna menghubungi penegak hukum setempat jika terjadi keadaan darurat.

 

Fitur yang sudah ada di app InDriver tersebut, dapat juga dikembangkan untuk memastikan setiap barang yang di kirim pelanggan akan terpantau aman selama di rute perjalanan menuju ke alamat penerima barang. Ditambah adanya kemudahan pembayaran jasa kurir yang sudah selesai hanya dapat dibayar secara tunai, untuk lebih mengurangi biaya yang dibebankan kepada pelanggan akibat adanya biaya administrasi tambahan yang dikenakan oleh bank saat membayar dengan kartu kredit atau pembayaran online lainnya.

 

Baca juga: Alamat Kantor dan Nomor Call Center InDriver Terdekat

 

Selain hal di atas, bila di kemudian hari InDriver jadi mengembangkan aplikasinya dengan layanan InDriver delivery, maka penting dibuat pelatihan online ataupun off_line bagi mitra kurirnya InDriver. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman komprehensif dalam hal menghindari terjadinya kemungkinan kesalahan pada saat menjalankan order jasa delivery oleh mitra InDriver.

 

Bila keputusan nanti adalah memilih untuk melakukan pelatihan online, minimal materi dimaksud dapat berisi tutorial tentang:

 

1) Tutorial menanyakan kepada pengirim tujuan pengantaran untuk menghindari barang tertukar apabila ada lebih dari satu barang yang akan dikirim;

 

2) Pemahaman dan kewaspadaan untuk cermat melakukan pemeriksaan keadaan barang bersama pengirim barang. Jika perlu, foto barang sebelum diantar sebagai dokumentasi lain jika nantinya terjadi penyusutan/perubahan bentuk barang;

 

3) Memastikan pencantuman jenis dan volume barang, nomor telepon kontak tujuan dari tiap order yang dilakukan konsumen. Bagaimana jika belum tertera, hal apa saja yang harus ditanyakan mitra kurir kepada pihak pengantar barang;

 

4) Jika alamat penerima tidak dapat ditemukan, konfirmasi apa saja yang harus dibuat kepada pengirim barang;

 

5) Apabila barang harus diantar kembali ke pengirim karena sesuatu dan lain hal, bagaimana cara driver InDriver kurir menyelesaikannya. Misalnya, melakukan tindakan cara ubah rute agar tidak terjadi pelanggaran order.

 

Baca juga: Syarat Pendaftaran Mitra Driver Baru App InDriver

 

Semoga tulisan menakar prospek bila InDriver masuk ke pasar layanan jasa kurir atau e_hailing logistik ini bermanfaat dan dapat jadi pertimbangan pihak manajemen perwakilan InDriver di Indonesia. Dengan begitu, kebutuhan pengguna InDriver dalam hal pengiriman barang (dokumen), belanjaan kebutuhan rumah tangga, dan food dapat terwujud secepatnya oleh perusahaan startup asal Rusia yang berkantor pusat di Mountain View, California ini. Sekaligus proses penyelesaian order antar barang dan makanan maupun munuman dapat dilakukan dengan cepat, aman, nyaman, dan ongkos murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *