Libur Nataru, Penumpang di Pelabuhan Tigaras Meningkat 100 Persen

Antrian kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun terlihat memanjang. Sebagian besar adalah pemudik yang ingin menikmati libur panjang perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) bersama keluarga yang tinggal di Kabupaten Samosir, dan sebagian lagi adalah pengunjung yang ingin berlibur menikmati indahnya wisata alam Danau Toba dan wisata budaya.

 

Lonjakan penumpang di Pelabuhan Tigaras ini, datanya mengalami kenaikan 100 persen dari hari biasa. Hal ini diungkapkan oleh Komandan Regu Pelabuhan Tigaras – Simanindo Kementerian Perhubungan Carter Panggabean. ‘Situasi Pelabuhan Tigaras terkini mengalami lonjakan penumpang yang cukup besar, bahkan mencapai 100 persen,’ kata Carter Panggabean (24/12).

 

Lonjakan arus penumpang tersebut membuat 2 (dua) kapal Ferry KMP Sumut yang beroperasi di Pelabuhan Tigaras – Simanindo harus bekerja ekstra keras melangsir lonjakan arus penumpang mudik ini. Bahkan dikatakan Carter, saat ini kapal Ferry KMP Sumut harus berangkat satu kali dalam setiap jam nya untuk melakukan penyeberangan kendaraan dan penumpang, baik dari Pelabuhan Tigaras, maupun Pelabuhan Simanindo di Pulau Samosir.

 

Baca juga: Tempat Wisata di Sumut Anti Bokek

 

Selanjutnya, Komandan Regu Pelabuhan Tigaras – Simanindo itu, memprediksi bahwa pelonjakan kenaikan penumpang untuk arus mudik Nataru di pelabuhan Tigaras diperkirakan akan terus terjadi sampai dengan tanggal 31 Desember 2020.

 

‘Prediksi Kementerian Perhubungan Pelabuhan Tigaras – Simanindo, kenaikan penumpang untuk arus mudik dari Simalungun akan terjadi lonjakan besar sampai tanggal 31 Desember 2020. Kemudian untuk arus balik dari Pulau Samosir diperkirakan akan dimulai dari tanggal 2 Januari 2021,’ jelas Carter Panggabean.

 

Dalam situasi pandemi Covid19 saat ini, pihak Kementerian Perhubungan Pelabuhan Tigaras – Simanindo juga menerapkan protokoler kesehatan secara ketat, seperti: wajib menggunakan masker, pengukuran suhu tubuh sebelum memasuki kapal, dan penyediaan tempat cuci tangan bagi calon penumpang.

 

Baca juga: Hadapi Libur Nataru, Pemko Medan Batasi Jam Operasional Tempat Hiburan dan Mall

 

‘Prokes disini adalah hal yang wajib dilaksanakan, bahkan Kementerian Perhubungan Pelabuhan Tigaras – Simanindo melakukan pengukuran suhu tubuh dan pembagian masker secara gratis bagi calon penumpang yang akan menyebrang menggunakan kapal Ferry KMP Sumut,’ ucap Carter.

 

Carter Panggabean juga berharap kepada seluruh calon penumpang dan pengemudi yang ingin mudik libur Nataru agar sadar dan patuh menjalankan protokoler kesehatan, karena salah satu cara memutus mata rantai penyebaran Covid-19 harus dimulai oleh masyarakat, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *