Layanan Tri Indonesia Siap Antisipasi Lonjakan Data Saat Liburan Nataru

Menjelang libur panjang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, lalu lintas (trafik) telepon dan kebutuhan layanan kuota data pelanggan operator seluler diprediksi akan meningkat. Operator seluler Hutchison 3 (tri) Indonesia pun telah melakukan sejumlah antisipasi untuk menghadapi lonjakan trafik ini.

 

Pihak Hutchison 3 (tri) Indonesia, memperkirakan selama musim liburan akhir tahun ini akan ada lebih dari 30 persen terjadi peningkatan lalu lintas data dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, mengingat tingginya aktivitas online di tengah pandemi Covid19 saat ini. Tri Indonesia juga memprediksi akan ada kenaikan trafik data pada layanan mobile game, aplikasi instant messaging serta media sosial (medsos).

 

Pada tahun 2019, Tri Indonesia mencatat ada 5 (lima) aplikasi dengan peningkatan penggunaan yang signifikan. Kelima aplikasi tersebut antara lain: 1) aplikasi mobile game Free Fire (45 persen); 2) WhatsApp (40 persen); 3) PUBG (38 persen); 4) Twitter (34 persen), dan 5) TikTok (23 persen).

 

Untuk mengantisipasi kenaikan trafik tersebut, Tri Indonesia pun telah mengoptimalkan seluruh elemen jaringan dan infrastruktur nya untuk mendukung layanan internet dan telekomunikasi. ‘3 Indonesia telah mengoptimalkan jaringan di ratusan Points of Interest (POI) di kawasan pemukiman dan titik keramaian,’ jelas Chief Technical Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung.

 

Kesiapkan Jaringan Tri Hadapi Trafik Pergantian Tahun

Operator selular 3 Indonesia (Tri) telah mengoptimalkan seluruh elemen jaringan, infrastruktur pendukung layanan internet dan telekomunikasi domestik dan internasional, termasuk tim layanan pelanggan yang siap sedia dihubungi 24 jam saat terjadi kendala layanan untuk memanjakan pelanggan selama musim liburan akhir tahun 2020.

 

Baca juga: Jaringan Smartfren Siap Hadapi Traffic Libur Natal dan Tahun Baru

 

‘Selama musim liburan, 3 Indonesia memperkirakan adanya lonjakan trafik yang signifikan dalam penggunaan layanan data oleh pengguna kami. Oleh karenanya, telah melakukan antisipasi sejak dini yaitu dengan melakukan ekspansi di 9,000 BTS 4G/4.5G BTS, terutama dipusat keramaian, dan tempat-tempat wisata di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok,’ tutur Chief Technology Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung.

 

Di samping itu, kesiapan berbagai layanan digital dan jaringan andal yang bisa digunakan untuk menemani pelanggan selama berlibur atau menghabiskan waktu bersama keluarga juga sudah siap. Mulai dari layanan subscription video on demand dengan #BayarPakaiPulsaTri, berlangganan music streaming app Spotify, berbagai promo potongan online games hingga 80% dengan Google Play, hingga menikmati berbagai voucher dari poin BonsTri yang bisa ditukar lewat aplikasi bima+.

 

Untuk pelanggan yang melakukan travelling, 3 Indonesia juga menambahkan mobile BTS yang akan dikerahkan di jalan-jalan utama dan pusat keramaian serta titik-titik tujuan wisata, khususnya rute perjalanan darat antar kota di Pulau Jawa dalam rangka meningkatkan pengalaman menggunakan jaringan 3 selama bepergian di musim liburan perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru ini.

 

Dalam memperkuat elemen jaringannya, 3 Indonesia juga telah melakukan transformasi core network system yang memungkinkan pengaturan trafik komunikasi data 3 yang tersebar di seluruh Indonesia. Penggunaan sistem ini, akan memperluas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar, sehingga pelanggan 3 dapat mengakses layanan data dengan kecepatan yang lebih tinggi.

 

‘Prioritas kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi selama momen special, seperti perayaan Natal tahun baru sangat penting untuk tri dalam memberikan layanan telekomunikasi terbaik. Pelanggan dapat berbagi: 1) video ucapan selamat merayakan hari raya Natal, 2) momen video countdown dan momen bahagia perayaan tahun baru dengan teman dan keluarga lewat instant messaging dan media sosial dengan nyaman, dan 3) menonton drama serial favorit di bima+, baik film Indonesia lewat Klik Film, drama Korea lewat VIU, atau berbagai film dan serial di Amazon Prime Video bersama keluarga.

 

Khusus bagi pelanggan yang travelling, jelas Chief Technology Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung bahwa Tri pun sudah siap menemani para travelers dengan aplikasi navigasi didukung jaringan andal tri Indonesia. Staf teknis pun akan bekerja 24 jam setiap hari selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk layanan terbaik, termasuk untuk ojek online.

2 thoughts on “Layanan Tri Indonesia Siap Antisipasi Lonjakan Data Saat Liburan Nataru”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *