Kamus Ojek Online dan Kosa Kata Gaul di Ojol

Kamus Ojek

Dalam dunia transportasi online, yakni ojek daring (ojol) dan taksi online (taksol) terdapat kamus ataupun kosa kata yang lazim di tulis dan sering diucapkan pengemudi atau rider maupun pelanggan. Terkadang, kamus/bahasa yang diucapkan bisa membuat orang yang mendengar jadi senyum sendiri.

 

Nah, adapun kosa kata dan bahasa gaul dalam ilmu perkamusan di dunia ojek online yang penting di ketahui dan tren adalah:

 

1) Akun Joki

Artinya adalah akun milik orang lain dan bukan atas nama driver dan atau kendaraan yang dipakai saat sedang on bid atau narik sewa tidak sama dgn di aplikasi. Akun joki biasanya diperoleh dengan cara jual beli atau meminjam secara langsung ke empunya akun driver.

 

Penggunaan akun joki tidak dibenarkan dan merupakan pelanggaran berat terhadap tata tertib perusahaan aplikasi ojol, sehingga bisa berakibat akun tersebut dinonaktifkan.

 

2) Tuyul atau Nuyul

Kosa kata tuyul dalam kamus ojek online, paling sering didengar. Istilah tuyul di sini bukanlah makhluk halus yang suka mencuri uang. Tuyul merupakan sebutan untuk aplikasi fake GPS yang digunakan oleh para driver ojek online.

 

Mitra driver yang menggunakan tuyul akan memiliki tempat berbeda dari lokasi di peta GPS dengan lokasi sebenarnya berada. Misal, di peta GPS si driver berlokasi di titik Mall Jl. Gatot Subroto yang ramai pengguna ojek online, padahal di lokasi sesungguhnya si driver masih berada di lokasi Jl. Padang.

 

Tujuan nuyul ini agar bisa mendapat penumpang di titik Mall Jl. Gatot Subroto tanpa harus berada di sana. Tentu ini adalah cara curang untuk mendapatkan order penumpang.

 

3) Pantat atau Beca

Jenis orderan ojek online untuk mengangkut penumpang, ride atau bike. Istilah ini memang sedikit konotasi dan nyeleneh. Namun, kerap diucapkan oleh para kang ojol setiap hari.

 

4) Nitik

Seperti halnya istilah tuyul, nitik juga mempunyai arti yang sama, yakni menggunakan fake GPS untuk menentukan lokasi keberadaan kang driver. Dinamakan nitik, karena driver bisa menempatkan lokasi keberadaannya pada di titik tertentu dengan menggunakan fake GPS ini.

 

Kamus Ojek Online dan Kosa Kata Gaul di Ojol

 

Nitik juga cara curang untuk mendapatkan order penumpang, dan rentan disuspen.

 

5) Bawa Kardus

Mitra ojol yang akun khusus atau spesialis mengambil orderan kirim barang (kurir atau express).

 

6) Anyep atau Gagu

Kosa kata anyep atau gagu merupakan istilah yang sering digunakan mitra ojol untuk menggambarkan sepinya orderan yang masuk. Kata anyep sendiri memiliki arti hambar atau tawar yang biasa digunakan untuk menggambarkan rasa atau suasana.

 

Kondisi anyeb (gagu) alias sepi orderan di dunia ojol ini pun bisa terjadi selama satu hari penuh. Situasi ini tentunya amat mengesalkan bagi driver online, karena minim penghasilan.

 

7) Opang

Istilah untuk kang ojek pangkalan tanpa aplikasi. Sebenarnya ini adalah rekan seprofesi di jalanan yang merupakan perintis dunia ojek sejak puluhan tahun mengaspal di berbagai wilayah Indonesia.

 

8) Opik

Opik merupakan singkatan dari order fiktif, dan merupakan momok yang paling menakutkan bagi driver ojek online. Sebab, begitu orderan masuk, driver ojek online harus menerimanya (khusus Goride atau Grab_bike). Apabila driver ojek online mengabaikan order yang masuk ini akan berpengaruh ke nilai performa dan dapat membuat akun gagu.

 

Nah, yang cukup sering terjadi adalah opik untuk fitur pemesanan antar makanan dan belanja di toko. Ketika driver sudah membelikan pesanan, konsumen tidak dapat dihubungi untuk mengkonfirmasi kembali. Padahal, biaya yang dikeluarkan driver untuk membelikan makanan atau barang kebutuhan tidaklah murah.

 

9) Opang Resto

Driver ojol yang spesialisasi menunggu orderan food di resto tertentu (restoran pilihan atau super maupun di area kitchen cloud). Misal nongkrong di resto ayam geprek, bolu gulung, dan sebagainya.

 

10) Akun Fiktif

Akun pengguna atau akun pemesan yang tidak jelas nama, alamat dan nomor telepon hp nya. Akun ini sendiri sering di gunakan untuk membuat order fiktif.

 

11) Kalong/Ngalong/Kalongers

Mitra ojol yang biasa narik atau on bid pada malam hingga subuh.

 

12) Zona Merah

Kawasan yang secara formil tidak tertulis ojol dilarang mengambil penumpang untuk menghargai keberadaan kang opang. Misalnya, di stasiun, terminal, pusat perbelanjaan, komplek perumahan, dan atau lainnya.

 

13) Bintang atau Rating

Bintang atau rating merupakan penilaian performa yang diberikan oleh penumpang kepada driver yang pernah di order. Bintang memiliki skala penilaian 1 sampai 5 atau sebagian lagi skala rating 0 sampai 100. Meski terkesan biasa, kenyataannya bintang atau rating ini memiliki dampak yang sangat besar bagi driver untuk menghasilkan uang.

 

Ada beberapa kasus, kang driver ojek online akunnya terkena suspen bahkan pemutusan mitra (PM), karena mendapat nilai bintang 1 atau komentar negatif dari kustomer.

 

14) Red District

Istilah berupa kawasan favorit bagi kalongers yang biasa ambil orderan di lokasi hiburan malam. Contoh, Jl. Sudirman, Juanda, Pemuda, dll.

 

15) Gacor

Di kamus, gacor memiliki arti kicauan burung yang terus berbunyi. Dalam kamus ojek online, gacor merupakan kependekan dari gampang cari orderan atau bisa juga diartikan sebagai orderan yang tanpa henti terus masuk ketika diselesaikan.

 

16) Isilop atau Polkis

Kosa kata untuk menyebut Polisi. Atau, sering digunakan merujuk pada adanya razia di suatu tempat. Baik razia gabungan atau saat jaga di berbagai kawasan, misalnya Simpang Tritura.

 

17) Transformers

Kamus yang merujuk pada kendaraan Dinas Perhubungan. Istilah ini biasa hanya digunakan oleh abang sopir taksi online.

 

18) Putus Mitra (PM)

Istilah di ojol yang diberhentikan pekerjaannya dari aplikator akibat berbagai hal yang melanggar kode etik. Namun, tak jarang ada beberapa kasus karena kesalahan sistem yang mendeteksi hingga merugikan si driver ojol.

 

19) Opak

Kota kata umpatan kepada kang mitra ojol yang melakukan order fiktif. Bisa untuk mengusir secara halus kang ojol yang baru datang atau sakit hati akibat di putus mitra (PM).

 

20) Vermuk atau Verifikasi Muka

Kamus ojol untuk swafoto atau selfie yang dilakukan oleh mitra ojol sebelum memulai rutinitas demi memastikan keaslian pengguna akun dan si pemilik akun. Vermuk ini digunakan untuk mengantisipasi penggunaan akun joki dan atau jual beli akun.

 

21) Akun Prioritas

Kosa kata yang lazim dipakai untuk menyebutkan akun driver mudah mendapatkan order secara merata dalam setiap hari sesaat akun diaktifkan atau setelah order terselesaikan. Biasa kamus ojol ini digunakan untuk pengguna app Maxim.

 

22) Drof Off: Nurunin penumpang.

 

23) Kopdar: Kopi darat atau ketemuan ngopi dan ngerokok.

 

24) Melipir: Melintasi permukiman rumah.

 

25) Pick-Up: Pengambilan orderan, baik penumpang, kurir, food ataupun belanja kebutuhan sehari-hari di toko.

 

26) Posdim: Posisi dimana.

 

27) Tuber: Tutup berlian, biasa kamus ini digunakan untuk pengguna app Grab.

 

28) Tupo: Tutup poin, biasa kamus ini digunakan untuk pengguna app Gojek.

 

29) AC: Auto Clicker atau auto klik, ini adalah aplikasi di mana kang ojol tidak perlu mengetuk atau mengeklik layar smartphone untuk menerima order yang masuk. Artinya, orderan otomatis masuk.

 

App dan istilah AC ini lagi ramai diperbincangkan oleh kang driver ojol pada app Indriver, karena sistem order yang digunakan adalah sistem lelang.

 

30) Paman: Istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan customer service di ojol Grab.

 

31) Share Lock: Berbagi lokasi terkini di peta yang sudah tepat atau share live location mitra ojol berada.

 

Demikian kamus atau pun kosa kata unik dan bahasa gaul kang ojol yang lazim dipakai mitra ojek online maupun pelanggan dalam kesehariannya menggunakan ojol. Semoga perkamusan ojol super lengkap ini, dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *