Jelang Tahun Baru 2021, Pesanan Kamar Hotel di Danau Toba Sudah Penuh

Antusias masyarakat menikmati liburan perayaan tahun baru di Danau Toba sangat tinggi. Hal ini terlihat dari pesanan kamar hotel sudah penuh di kawawan Danau Toba, Kota Parapat. Meski pihak manajemen perusahaan hotel tidak ada membuat acara khusus untuk perayaan pergantian malam tahun baru.

 

Jelang momen tahun baru (29/12), tampak arus lalu lintas di seputaran Kota Parapat, Kabupaten Simalungun masih terlihat lengang dan wisatawan pun tidak banyak berseliweran.

 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun Resman Saragih memprediksi akan ada peningkatan kunjungan hotel menjelang perayaan malam pergantian tahun 2020. Namun, saat ini pihaknya belum memegang data resminya.

 

Sebab, masih kata Resman, pihaknya masih berkoordinasi dengan seluruh hotel yang ada di Kabupaten Simalungun, khususnya di kawasan wisata Danau Toba, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

 

Sementara, pesanan kamar hotel di kawasan objek wisata Samosir, Sumatera Utara untuk libur akhir tahun 2020 (libur Nataru) rata-rata sudah mencapai 80 persen. ‘Pesanan kamar hotel di Samosir untuk libur tahun baru sudah rata – rata 80 persen dan diperkirakan naik lagi,’ ujar Caretaker Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, Dewi Juita Purba di Medan, (25/12).

 

Prediksi diatas mengacu pada kebiasaan wisatawan dalam negeri khususnya asa Sumut yang lazim melakukan pemesanan kamar hotel mendekati hari H.

 

Baca juga: Pesanan Kamar Hotel Terus Naik Saat Nataru di Tempat Wisata Sumut

 

Memang, pandemi COVID-19 sangat mengganggu hunian hotel dan memporakan bisnis perhotelan, meski di libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini, pesanan kamar hotel lumayan banyak. Adanya peningkatan karena banyak orang sudah mulai pede travelling, mereka akan mencari hotel yang sudah menjalankan protokol kesehatan (prokes).

 

Tripbisnis.com melihat, hotel-hotel di tempat tujuan wisata di Sumatera Utara, rata-rata memiliki pertumbuhan okupansi kamar yang positif jelang akhir tahun 2020. Total okupansi di akhir 2020 mencapai 80 persen dan di kawasan Danau Toba – Parapat sudah penuh di musim libur Natura ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *