Jelang Liburan Tahun Baru, Wisatawan ke Samosir Mulai Ramai

H-2 menjelang pergantian tahun, wisata ke Pulau Samosir mulai diserbu wisatawan termasuk perantau yang mudik untuk bersilatuhrami dengan keluarga di kampung untuk mengisi masa libur panjang perayaan Natal dan Tahun Baru (libur Nataru).

 

Pantauan blog tripbisnis.com (29/12), tampak rute pelayaran Ajibata-Tomok Kabupaten Samosir mulai ramai dikunjungi para wisatawan daerah/lokal yang ingin berwisata ke obyek wisata yang ada dikabupaten Samosir dan masyarakat yang pulang kampung/mudik. Keramaian pengunjung ini juga terlihat jelas di kantor operasi Tomok Tour dan pada beberapa pelabuhan penyeberangan lain yang ada di Kabupaten Samosir Kecamatan Simanindo.

 

Sebagaimana diketahui, pelabuhan Tomok Tour merupakan salah satu pelabuhan kapal kayu khusus penumpang yang berada di Desa Tomok Kecamatan Simanindo, mulai tampak ramai penumpang yang ingin ke Tomok Pulau Samosir dari pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba. Pelabuhan Tomok Tour merupakan satu usaha sandar kapal penyeberangan kayu bernama Tomok Tour yang dikelola oleh masyarakat dan mengkhususkan diri menyeberangkan penumpang dari dan ke Tomok.

 

Baca juga: Tempat Tujuan Wisata Sumut Anti Bokek

 

Tripbisnis.com melihat, peningkatan penumpang pada 29 Desember ini mulai terasa, namun tingkat keramaiannya tidak seperti tahun-tahun lalu, dimana kita sama-sama tahu bahwa pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Sumut membuat siapa saja harus waspada dan mematuhi seluruh aturan pemerintah untuk mudik dan berwisata.

 

‘Pengunjung yang datang ke Pulau Samosir melalui pelabuhan kapal yang di kelola masyarakat masih pada kisaran pengunjung antar kabupaten/kota yang ada di Sumatera utara’, ucap Sudung Simarmata salah satu pengunjung yang baru saja menginjakan kakinya di Tomok.

 

Keramaian pengunjung juga kontras terlihat di pelabuhan kapal pariwisata di Tomok, dimana para pengunjung yang masuk melalui pelabuhan Tigaraja dan pantai bebas Parapat Kabupaten Simalungun. Baik para penumpang yang datang secara rombongan maupun yang reguler mulai memasuki Tomok guna mengunjungi obyek Wisata Makam Raja Sidabutar dan Patung menari Sigale gale, serta berbelanja souvenir dan pernak pernik lainnya di pasar rakyat yang ada di Tomok.

 

Tripbisnis.com juga melihat, pengelola pelabuhan rakyat baik di Ajibata dan Tomok ini tetap menerapkan peraturan protokol kesehatan (prokes) bagi penumpang yang datang maupun yang akan berangkat dari pelabuhan agar selalu mematuhi peraturan pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan. Dimana setiap penumpang yang datang dan mau berangkat di anjurkan mencuci tangan ditempat yang telah di sediakan serta wajib memakai masker dan juga menjaga jarak.

 

Baca juga: Pesanan Kamar Hotel Terus Naik di Tempat Tujuan Wisata Sumut Saat Libur Nataru

 

Danau Toba dan Pulau Samosir masih menjadi salah satu tujuan wisata terbaik dan terfavorit bagi para pengunjung dari luar daerah dan menjadi tujuan wisata obyek alam bagi mereka termasuk yang datang dari wilayah zona aman dari virus Corona.

 

Dibukanya kembali pariwisata Kabupaten Samosir dalam menerima kunjungan wisatawan musim libur akhir tahun 2020, tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat sebagaimana yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah penularan Civid19.

 

Baca juga: Penumpang di Pelabuhan Tigaras Simalungun Meningkat 100 Persen Saat Libur Nataru

 

Penerapan protokol kesehatan di seluruh pelabuhan Danau Toba sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Penggunaan Transportasi Darat Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19, dan Surat Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir tertanggal 22 Juli 2020 untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *