Inovasi Bisnis Gojek Semakin Sulit Dikejar

Inovasi baru di 2021 yang telah diluncurkan Gojek semakin lari kencang meninggalkan rival-nya di bisnis ride hailing. Artinya, bisnis Gojek semakin sulit dikejar pasca fitur GoCorp, GoGreener dan GoTransit dihadirkan untuk melayani angkutan masyarakat melalui jasa ojek online dalam melakukan mobilitas setiap harinya.

 

Sebagaimana diketahui, perusahaan teknologi transportasi online sistem ride hailing ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta dan kini telah tersedia di 50 kota di Indonesia, serta Go-Jek berhasil ekspansi ke empat negara Asia Tenggara, yaitu ke Vietnam, Singapura, Thailand dan Filipina.

 

Meski dilanda pandemi sepanjang 2020, blog tripbisnis.com melihat masyarakat masih kerap aktif menggunakan jasa transportasi online yang disediakan Gojek motor dan mobil. Dan di usianya yang sudah satu dekade, Gojek sudah menjadi pioner dan cukup mapan mengembangkan korporasi. Hal ini yang membuat kompetitor sejenis sangat kesulitan untuk mengejar posisi Gojek. Artinya, Gojek akan terus maju dan berkembang dengan strategi dan inovasi terbarukan agar berhasil mempertahankankan bisnisnya meski saat ini belum terbentuk komunitas baru akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

 

Baca juga: 5 Inovasi Gojek Terbaru di Tahun 2021

 

Sebenarnya sudah banyak inovasi layanan terbaru yang berhasil mencuri hati masyarakat, sebut saja seperti Paylater yang secara implisit merupakan fintech, dimana orang bisa menikmati layanan sekarang dan membayarnya nanti. Nah, sebagai aplikasi penyedia berbagai layanan digital (omni channel) yang inovatif dan kreatif, blog ini sangat optimis Gojek akan bertahan dan terus maju di industri ini.

 

Industri di mana Gojek berada merupakan industri yang sangat kompetitif dan agresive, karena di lapangan ada pesaing berat yaitu Grab, disusul Maxim, inDriver dan Okejek. Pesaing ini pasti akan memaksa Gojek untuk terus berinovasi agar market share-nya tidak digeser. Bahkan dengan inovasi terbaru 2021, kalau bisa Gojek merebut market share pesaingnya.

 

Dengan kondisi fundamental bisnis Gojek yang semakin kuat, sangat memungkinkan bagi Gojek untuk terus menarik investor dan mengembangkan bisnisnya ke bidang yang belum dijangkau kompetitor, dan bila perlu mega merger startup dengan pasar bisnis berbeda misal merger Gojek dengan Tokopedia jadi wacana yang bisa saja terealisasi.

 

Ingat, secara prinsip investor startup tidak mengejar profit tapi nilai valuasi perusahaan. Selama Gojek dapat menunjukkan sinyal sebagai bisnis yang prospektif, maka investor akan tetap tertarik menanamkan duitnya disana. Indikasi bisnis ini terus tumbuh adalah tercermin dari pangsa pasar yang terus meluas melalui transaksi pengguna aktif.

 

Baca juga: Telkomsel Investasi di Gojek Sebesar Rp2,1 Triliun

 

Seperti diketahui, Gojek telah mengumumkan secara resmi fundamental perusahaan di tahun 2020 yang semakin kuat didukung oleh total nilai transaksi di dalam platform Gojek group (Gross transaction value – GTV) yang mencapai US$12 miliar (sekitar Rp170 triliun) atau setara meningkat 10% dibandingkan tahun 2019.

 

Tentu, pencapaian ini didorong antara lain oleh transaksi dari pengguna aktif bulanan (monthly active users) Gojek yang telah mencapai 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara. Serta, GTV dari layanan pembayaran digital, GoPay yang berhasil melampaui total GTV di masa pra-pandemi. Peningkatan pembayaran e-money via Go-Pay terjadi seiring dengan semakin banyaknya konsumen dan merchant yang beralih ke layanan digital dan bertransaksi secara online.

 

Jadi jangan heran, bila di posisinya yang sudah cukup kuat seperti saat ini, Gojek lebih memilih untuk menghindari strategi head to head dengan pesaing. Lebih baik, Gojek dapat mencari market dimana Grab, Okejek, inDriver dan Maxim tidak bermain di sana. Sebab dikuatirkan akan menimbulkan perang tarif yang menjadikan persaingan tidak sehat di bisnis transportasi online. Meskipun dalam kompetisi harga seperti ini akan membuat konsumen merasa lebih diuntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *