InDriver Medan, Ojol Baru Saingan GoRide dan GrabBike

Ojol dari AS bernama InDriver kini semakin terkenal di Kota Medan. Transportasi online ini terlihat makin intensif melakukan promosi dan penayangan iklan layanan aplikasi, khususnya untuk ojek motorcycle di media sosial.

 

Perusahaan startup ini berkantor pusat di Mountain View, California, dan mulai menggebrak pasar konsumen goride dan grabbike di Kota Medan, Provinsi Sumut. Ternyata, respon masyarakat Medan terhadap inovasi terbaru atas aplikasi transportasi online tersebut sangat menakjubkan karena sanggup bersaing dengan Gojek dan Grab.

 

Hasil analisa Kami dari blog tripbisnis.com, ada beberapa alasan yang membuat transportasi ojek online ini bisa cepat berkembang di Medan, antara lain:

 

1) Ojol Masuk 10 Besar Top Ridesharing & Taxi Apps Worldwide September 2019

Di lansir dari informasi Sensor_Tower, ojek daring inDriver termasuk dalam daftar 10 besar aplikasi ride-sharing dan taksi di dunia pada bulan September 2019 lalu. Tepatnya ojol InDriver menempati posisi keenam. Pada waktu bersamaan, di Google Play saja, aplikasi inDriver berada di urutan kelima yang terbanyak di download pengguna smartphone android.

 

Baca juga: InDriver Tawarkan Layanan Ojek Motorcycle Online di Medan

 

2) Aplikasi Ojek Daring Berbentuk RideSharing

Bila ditelaah, sebenarnya model layanannya tidak jauh berbeda dengan Gojek dan Grab, di mana inDriver juga bergerak dalam bidang layanan transportasi ojek daring berbentuk ride_sharing. Ojol ridesharing merupakan bentuk layanan transportasi online yang dapat berbagi dengan orang lain atau menjadikan profesi pengemudi atau driver sebagai pekerjaan sampingan saja.

 

Bisa diartikan penumpang hanya menumpang ke kendaraan orang lain, tapi pengemudi berada di bawah naungan suatu perusahaan resmi dan penumpang harus membayar tarif antar menurut jarak tempuh yang di order.

 

Dalam perkembangan, banyak pengemudi yang menjadikan profesi driver transportasi ojek online sebagai mata pencaharian utama, namun konsep awal dari perusahaan InDriver adalah berbentuk ridesharing.

 

3) Melayani Layanan Transportasi Mobil dan Motor

InDriver telah melayani layanan antar menggunakan motor, di mana pada awal operasi hanya untuk mobil saja. Untuk saat ini, inDriver pun belum membuka akses untuk memberikan pelayanan pengantaran barang ataupun pembelian makanan, seperti Gojek, Grab, Okejek dan Maxim.

 

Baca juga: Driver Medan ‘Pak Eko’ Sorot Pengoperasian Ojol InDriver

 

4) Punya Fitur Real Time Deals

Ini adalah fitur unggulan yang ditawarkan InDriver, di mana membuat penumpang dapat menentukan biaya perjalanannya sendiri. Para mitra driver yang tergabung juga dapat memilih sendiri perjalanan yang paling menguntungkan dan nyaman bagi dirinya.

 

Dengan fitur RTD, penumpang juga tidak akan merasakan adanya kenaikan harga yang disebabkan oleh jam sibuk, kemacetan lalu lintas, dan banyaknya permintaan transportasi. Sekarang, jumlah download aplikasi InDriver di Google Apps dan App Store sudah tembus di angka 70 juta di lebih dari 450 kota di 32 negara sejak dirilis 18 Mei 2015.

 

Untuk kantor cabang Indriver di Medan, tripbisnis.com tidak memiliki data valid mengenai jumlah mitra driver yang sudah terhubung pada aplikasi ini. Estimasi Kami setidaknya sebanyak 1000 pengemudi (mobil dan motor), dan setiap harinya ada puluhan pengemudi baru untuk mobil (InDriver Car) yang mendaftarkan diri. Sedang untuk mitra driver ojek motor di Medan, pendaftaran online nya sudah ditutup.

 

Baca juga: Syarat dan Tata Cara Pendaftaran InDriver Bike Indonesia

 

Kabar baiknya, pada tahap awal ini, kantor pusat dari perusahaan inDriver tidak akan membebankan biaya komisi kepada seluruh mitra terdaftar. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik hingga cepat dikenal masyarakat di Sumut.

 

Kembali ke fitur Real Time Deal inDriver, penumpang diperkenankan untuk mengatur tarif mereka sendiri terkait rute atau destinasi yang menjadi trip tujuan mereka. Nantinya, mitra driver terdekat akan langsung menerima pemberitahuan melalui aplikasi dan sistem di aplikasi akan memberikan 3 (tiga) pilihan yang dapat dipilih pengemudi sesuai dengan yang mereka inginkan. Yakni, 1) menerima biaya yang ditetapkan oleh penumpang, 2) mengabaikan tawaran penumpang, dan 3) menawar dengan harga yang lebih tinggi.

 

Selain itu, mitra driver InDriver saat menerima pesanan trip dari penumpang adalah tidak secara langsung ditetapkan sebagai pengemudi dari penumpang yang memesan. Saat penawaran disetujui oleh pengemudi, maka penumpang berkesempatan memilih pengemudi yang sesuai dengan kategori yang diinginkan, seperti tarif yang sesuai, peringkat pengemudi di aplikasi, perkiraan waktu kedatangan atau model kendaraan yang digunakan.

 

InDriver juga menawarkan pilihan kepada para pengguna untuk menciptakan perjalanan yang lebih aman dan nyaman, berupa fasilitas dapat berbagi lokasi GPS dan detail perjalanan secara langsung dari aplikasi dengan orang yang mereka percaya.

 

Baca juga: Alamat Kantor dan Nomor Call Center InDriver Terdekat

 

5) Aplikasi Driver dan Penumpang Menjadi Satu

Jika dibandingkan dengan Okejek, Grab, Maxim dan Gojek, aplikasi inDriver hanya membutuhkan satu aplikasi saja bagi para penggunanya. Aplikasi inDriver dapat digunakan baik untuk mitra pengemudi maupun penumpang. Jadi, mitra pengemudi tidak perlu menginstal aplikasi khusus untuk para pengemudi dan dalan hal ini akan menghemat ruang memori smartphone.

 

Ke-5 (kelima) hal di atas yang menurut Kami (tripbisnis.com) sebagai senjata perusahaan ojol AS InDriver hingga mampu bersaing dengan si duo ijo (Gojek dan Grab) di pasar konsumen pengguna bike atau ride di Kota Medan, Sumatera Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *