Gasspol-Jek Start Up Transportasi Online Asal Depok

Warga Jabodetabek sekitarnya, pasti kenal transportasi online Gaspoll Jek Indonesia. Sebenarnya start up ini berdiri sejak 16 Mei 2019 lalu. Namun, karena pandemi Covid-19 menyebabkan perusahaan ojek online sistem ride haling asal Depok Jawa Barat ini mengalami kesulitan dan kurang melakukan promosi.

 

Gaspoll Jek merupakan startup lokal di Depok – Jabar dan berada di bawah naungan PT Gaspol Angkasa Surya yang berkantor pusat di Kota Depok, Jawa Barat.

 

Memang akibat pandemik, tak hanya startup Gasspol-Jek saja yang mengalami kesulitan, bahkan perusahaan transportasi online sekelas Gojek dan Grab juga harus mengubah stategi pemasaran untuk bertahan di bisnis ojol ini.

 

Intinya, masa pandemi Covid-19 memang memberi dampak sangat besar bagi banyak perusahaan. Demikian pula dengan Gasspoll Jek Indonesia, perusahaan transportasi online asal Depok, Jawa Barat. Meski bukan perusahaan ojol baru karena sudah berumur hampir 2 tahun.

 

Berdasarkan penelusuran blog tripbisnis.com, sebelumnya Gaspol Jek Indonesia memiliki 18.000 driver dan layanannya tersebar di beberapa kota, seperti Karawang, Palembang, Lampung, Batam, Jabodetabek, Bali, Pontianak, Jember, Lumajang, Pekalongan, Garut, Lampung, Medan dan di Makassar.

 

Baca juga: Mengenal Transportasi Online Emas Jek

 

Tapi, karena terdampak Covid-19, geliat bisnis nya mulai bergerak kembali sejak November 2020. Tentu bagi mitra driver yang sudah tergabung sebenarnya ada sekitar 18.000, namun angka ini belum di validasi semua. Sehingga, belum diperoleh angka pasti mengenai jumlah Gasspol driver yang aktif onbid.

 

Sebagaimana diketahui, ojek Gaspol ini adalah sebuah akronim dari sebuah Gerakan Anti Susah Pengemudi Online. Nama ini diambil karena dilatarbelakangi pendapatan pengendara ojek online (ojol) yang semakin sedikit hari ke hari, ada pemutusan sepihak mitra (PM), dan lainnya.

 

Hal itulah menyebabkan di Gaspol tidak ada putus mitra, makanya perusahaan ini merekrut pengendara ojol yang mencari market baru di Gaspol Jek Indonesia. Nah, untuk para mitranya, Gaspol saat ini sedang membuat program menabung untuk mendapatkan reward. Misal untuk driver yang sudah melakukan 1.000 perjalanan atau trip, maka driver tersebut bisa mendapatkan motor.

 

Sedangkan untuk pelanggan, saat melakukan perjalanan memakai aplikasi Gaspol akan digratiskan, cukup gunakan kode promonya. Sementara untuk pasar, Gaspol Jek Depok akan terus berusaha mengembangkan diri untuk mencari segmen tersendiri.

 

Bila diperhatikan, khusus untuk ride atau ojek motor, hampir sama dengan kompetitor. Namun dari sisi potongan 20 persen, tidak semuanya untuk aplikator, nantinya ada dua persen dikembalikan ke driver dalam bentuk tabungan dan tujuh persen disiapkan untuk bonus bagi driver-nya jika memenuhi target yang ditetapkan perusahaan.

 

Selain itu, Gaspol Jek tidak menerapkan target perjalanan atau trip per hari kepada para mitra, melainkan target perjalanan per minggu dan per bulan. Jika mitra berhasil mencapai target trip yang telah ditentukan perusahaan, maka mitra bisa mendapatkan bonus sebesar 7 persen. Para mitra driver Gaspol Jek juga akan mendapatkan jaminan sosial untuk kecelakaan kerja melalui kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

 

Perihal mengembangkan market, saat ini Gaspol Jek Indonesia sedang bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk mengantarkan beras kepada 17.000 orang pada masa awal Depok menjadi zona merah Covid-19 dan berlajut dari bulan Mei sampai Juli 2020 dengan total lebih dari 200.000 alamat pengantaran.

 

Begitu juga ada kerja sama dengan Bank DKI untuk pengantaran Kartu Jakarta Pintar (KJP). Sehingga, para pemegang KJP tidak perlu datang ke pasar jaya lagi, cukup pesan lewat aplikasi dan akan diantar ke rumahnya.

 

Kemudian tripbisnis.com melihat bahwa target ke depan, pasca kembali lagi tentu ke visi misi awal dari Gaspol Jek didirikan, yaitu menyejahterakan para driver. Salah satunya dengan tabungan dan bonus yang akan diterima mitra drivernya.

 

Layanan Gaspol Jek Indonesia

Gaspol Jek merupakan startup lokal di bawah naungan PT Gaspol Angkasa Surya yang berkantor pusat di Kota Depok, Jawa Barat. Ojol ini populer dengan helm yang digunakan pengemudi, yaitu adanya sayap serta jaket merah yang bertindak sebagai simbol perusahaan ojek online ini.

 

Bila dicermati, Gaspol-Jek memiliki beberapa layanan transportasi online, seperti: 1) GasRide (antar penumpang gunakan motor); 2) GasCar (antar penumpang gunakan mobil); 3) GasSend (kirim barang); 4) GasNow (layanan pesan driver di lokasi); dan 5) GasBoooking (layanan pesan driver dengan berlangganan). Tarif yang dikenakan ke penumpang, Gaspol Jek mengikuti Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 348 tahun 2019 tentang tarif ojek online.

 

Khusus bagi pencari lowongan kerja dan yang berminat menjadi mitra Gaspol Jek, saat ini sedang ada rekrutmen pengemudi. Para calon bisa mendaftar driver ojek online melalui situs website resmi gaspolindonesia.com. Cara-nya cukup masukan data diri seperti nama, alamat, email, no handphone, tanggal lahir, dan lain-lain, beserta dokumen foto KTP, foto SIM dan foto diri.

 

Kemudian, pilih dan lengkapi Vehicle Data Kamu seperti Jenis Kendaraan, Merek Kendaraan, Tipe Kendaraan, No. Plat Kendaraan, Warna Kendaraan, Foto STNK.

 

Perlu diinformasikan bahwa saat ini aplikasi Gaspol Jek masih hanya tersedia di Google Playstore atau smartphone yang berbasis operasi sistem android.

 

Alamat kantor GassPol Jek

Alamat lengkap kantor layanan:

*) Kantor pusat Gaspol-Jek di Jl. Proklamasi No.16 RT 03/RW 21, Kelurahan, Mekar Jaya, Sukmajaya, Depok City, West Java 16432;

*) Kantor buka mulai Senin s/d Minggu pada jam 08.00-17.00 WIB;

*) Nomor telepon (call center): (021) 297-4008;

*) Email: support@gaspolindonesia.com;

*) Instagram: @gaspolindonesia;

*) Twitter: @gaspol_id;

*) Facebook: Gaspol Indonesia;

 

Baca juga: Ojek Online yang Aktive Mengaspal di Medan

 

Sedangkan kantor cabang Gasspol Jek Indonesia Medan beralamat di Jln Kapten Muslim Komplek Megacom No. 15 A, Kota Medan – Sumatera Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *