Kurir Shopee Xpress Indonesia

Gaji Dan Sistem Kerja Kurir Shopee Express

Mungkin kamu belum tahu berapa sebenarnya besaran gaji bila bekerja sebagai kurir driver di Shopee Express. Untuk itu, admin tripbisnis.com akan berbagi informasi mengenai gaji dan tunjangan yang akan kamu dapatkan, serta sistem bila bekerja jadi kurir di Shopee Express. Berikut infonya:

 

A) Komponen upah kurir terdiri dari:

*) Gaji pokok yang diterima sesuai dengan UMP/UMR di daerah masing masing;

*) Tunjangan kinerja kurir dihitung berdasarkan jumlah paket yang berhasil diantarkan;

*) Insentif sewa kendaraan (untuk biaya servis);

*) Uang bensin dan makan;

 

Dari beberapa data komponen upah di atas, admin blog ini memperkirakan bahwa kemungkinan besar rata-rata penghasilan mitra driver atau pendapatan kurir Shopee Express ini bisa diantara Rp 3.200.000 sampai dengan Rp 4.500.000. Namun, besaran gaji yang diperoleh sangat tergantung dengan besaran gaji pokok sesuai UMR/UMP daerah masing masing dan juga besaran kinerja sang kurirnya.

 

Kurir Shopee Xpress Indonesia

 

B) Sistem Kerja Kurir Shopee

Terkait dengan sistem kerja, jam kerja kurir shopee express adalah bersifat shifting. Dimana untuk kerjanya adalah 6 hari kerja dan 1 hari libur atau setara dengan 24-25 hari kerja sebulan.

 

Baca juga: Shopee Food Indonesia Membuka Lowongan Jadi Mitra Driver

 

Penting diketahui khususnya bagi calon pendaftar driver Shopee Xpress, sistem kerja dimaksud nantinya akan ditentukan setiap 2 bulan untuk jadwal penentuan jam kerja shifting tersebut.

 

Sistem kerjanya kurir Shopee Express sebagai berikut:

*) Kurir datang untuk absensi;

*) Driver mengambil dokumen pengiriman paket;

*) Menyusun paket ke kendaraan pribadi (motor/mobil);

*) Mengantarkan paket ke alamat tujuan atau mengambil paket dari konsumen;

*) Barang yang masuk dan diambil kurir sebelum lewat jam 13.00 akan dikirimkan dihari yang sama;

*) Paket barang yang masuk dan diambil setelah jam 13.00 akan dikirimkan pada keesokan harinya;

 

Layanan shopee express standar bisa menjangkau hingga 23 provinsi di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk ekspedisi Shopee Express sameday yang layanannya hanya untuk wilayah di 3 provinsi Indonesia, yaitu Prov Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta dan Banten.

 

Upah Rata-Rata Kurir Shopee Express (SPX) per Paket di Jabodetabek

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun utamanya dari pernyataan yang baru-baru ini disampaikan oleh Executive Director Shopee Indonesia Handhika Jahja, bahwa insentif alias upah rata-rata untuk seorang kurir Shopee Express (SPX) adalah sebesar Rp 2213 per paket untuk area Jabodetabek.

 

Baca juga: Shopeefood, Pendatang Baru di Pasar Layanan Food Delivery

 

Hitungan upah rata-rata tiap paket tersebut berlaku untuk kurir yang membawa 80 paket dalam sehari. Petinggi di marketplace terkenal ini menambahkan, perhitungan upah kurir yang diberikan oleh SPX masih sangat kompetitif pada industri jasa logistik Indonesia. Dimana, rata-rata upah per paket yang ada di pasaran jasa logistik Indonesia adalah berkisar Rp 1.700 dan Rp 2000.

 

Lalu, bagaimana besaran upah rata-rata per paket yang ditetapkan bagi kurir driver Shopee Express di daerah lain? Umpamanya Medan dan Surabaya? Silahkan beri informasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *