Feri Danau Toba Terapkan Pembayaran Nontunai

Kabar gembira di musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, dimana kapal Feri Danau Toba sudah menerapkan sistem pembayaran nontunai dalam melayani penyeberangan penumpang. Dimana Bank Sumut sudah mulai memberikan pelayanan transaksi nontunai kepada penumpang untuk melakukan pembayaran ongkos kapal penyeberangan di kawasan Danau Toba.

 

Direktur Pemasaran Bank Sumut Hadi Sucipto mengatakan, dalam memberikan layanan tersebut pihaknya telah menjalin kerja sama dengan PT Pembangunan Prasarana Sumut (PPSU) dan Kementerian Perhubungan yang mengelola kapal Fery Danau Toba.

 

‘Untuk pembayaran digital penyeberangan Tigaras-Simanindo ada dua tipe pembayaran yang di layani Bank Sumut, yaitu e-money dan e-wallet,’ katanya, Rabu (23/12). Dia lebih lanjut menjelaskan, pada tahap awal layanan transaksi nontunai ini, Bank Sumut masih pada penyeberangan Tigaras (Kabupaten Simalungun) – Simanindo (Kabupaten Samosir).

 

Baca juga: Libur Nataru, Penumpang Naik 100 Persen di Pelabuhan Tigaras Simalungun

 

Penumpang kapal feri yang melalui kedua pelabuhan tersebut sudah bisa menggunakan e-money dan juga e-wallet seperti OVO, Dana, GoPay dan LinkAja untuk pembayaran tiket penyeberangan.

 

Kartu e-money Bank Sumut, selain untuk membayar tiket kapal feri, juga bisa digunakan sebagai kartu tol, parkir bandara dan berbelanja. ‘Kalau e-walletnya tinggal scan barcode yang ada di pelabuhan untuk melakukan pembayaran tiket penyeberangan,’ ujar Hadi Sucipto.

 

Menurut dia, penggunaan transaksi nontunai untuk pembayaran kapal penyeberangan memiliki 2 (dua) manfaat utama, yakni: 1) mengurangi penggunaan uang tunai; 2) menghindari terjadinya kontak fisik; dan 3) pemasukan dari penjualan tiket bisa lebih terpantau karena transparan.

 

Secara terpisah, Komisaris PPSU Hendra Suryadi mengatakan, saat ini pihaknya sedang berupaya meningkatkan pelayanan kapal feri dan salah satu langkah yang dilakukan adalah menerapkan pembayaran digital atau nontunai. PPSU sendiri mengelola dua kapal penyeberangan yang melayani rute Tigaras-Simanindo, yakni KMP Sumut I dan II. KMP Sumut II saat ini masih terus beroperasi sekali dalam satu jam untuk melayani lonjakan kenaikan penumpang di masa libur Nataru tahun ini, dimana sebelumnya telah menjalani proses pemeliharaan.

 

Baca juga: Pesanan Kamar Hotel Naik di Daerah Tujuan Wisata Sumut Saat Nataru

 

Kegiatan pemeliharaan KMP Sumut II dilakukan secara rutin untuk memastikan laik, sehingga dapat maksimal dioperasikan dalam suasana libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini. Biasanya dalam suasana Nataru pelabuhan Tigaras dan Simanindo mengalami peningkatan arus penumpang yang signifikan, bahkan bisa diatas 100 persen dari hari biasa.

 

Adanya penerapan sistem transaksi nontunai pembayaran kapal feri di Danau Toba, juga merupakan satu langkah untuk menghindari terjadi nya kerumunan saat akan melakukan pembayaran ongkos penyeberangan. Karena situasi pandemi Covid19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *