Disnaker Palembang Bikin Inovasi Kartu Kuning Online

Kartu kuning online bagi pencari kerja, saat ini bisa dibuat dan di cetak sendiri di rumah. Terobosan inovasi digitalisasi
ini di inisiasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Palembang.

 

Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan prima berbasis teknologi digital kepada masyarakat pencari kerja (pencaker) yang ingin cepat mendapatkan kartu kuning sebagai salah satu persyaratan melamar pekerjaan.

 

Inovasi dengan cara memanfaatkan teknologi, maka pencaker kini tidak perlu lagi bertatap muka dengan pegawai Disnaker untuk membuat AK-1 (kartu kuning) sebagai syarat untuk mencari kerja. Kini pencaker cukup membuka website yang dikelola langsung oleh Disnaker Palembang, maka sudah bisa mendaftarkan secara online dan mencetak sendiri kartu kuning tersebut dirumah.

 

Kepala Disnaker Kota Palembang Yanurpan Yany mengatakan, inovasi ini baru diterapkan pada Minggu ke 3 bulan Desember Tahun 2020 ini. ‘Pencaker cukup mengunjungi web Disnaker Palembang dan memilih menu dalam tampilan pembuatan kartu kuning atau AK-1,’ jelas Yanurpan.

 

Baca juga: Ojol Okejek Hadir di Palembang – Sumsel

 

Dalam web itu, ungkap Yanurpan, terdapat banyak informasi dan Layanan Ketenagakerjaan, ada 19 pelayanan yang dimiliki Disnaker Kota Palembang, yang salah satunya adalah pembuatan kartu kuning tersebut. ‘Dalam menu info dan layanan online tersebut lengkap dengan syarat yang dibutuhkan termasuk prosedur yang diharus diikuti, bahkan kalau tidak jelas atau kurang paham, masyarakat bisa langsung live chat secara online dengan operator yang ditugaskan,’ ungkapnya.

 

Yanurpan merilis, sejak diterapkan metode pembuatan AK-1 secara online belum lama ini, pihaknya mencatat telah ada 50 pencaker yang mengunakan pelayanan secara online itu, dan rata-rata Disnaker Palembang mencatat ada 10 hingga 30 pencaker yang memanfaatkan pendataran secara online dan bisa mencetak sendiri melalui PDF yang dikirim operator Disnaker untuk mencetak sendiri di rumah.

 

Seterusnya tidak perlu lagi dilegalisir, karena tinggal dicetak berapa perlunya oleh Pencaker, dan karena telah dilengkapi dengan Tanda Tangan Elektronik yang berkerja sama dengan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara).

 

‘Tidak ada bedanya dengan tahun tahun sebelumnya, sebelum mulai digalakan inovasi online ini mulai,’ tegasnya.

 

Ke depan, kata Yanurpan, pihaknya juga akan mengembangkan 19 pelayanan lainnya secara online, termasuk job fair yang rutin digelar setiap satu tahun sekali. Nantinya akan dilaksanakan setiap saat secara online dan Disnaker Palembang akan menghubungkan informasi tersebut ke Pencaker yang terdaftar melalui notifikasi di nomor ponsel pencaker masing masing.

 

Untuk layanan Ketenagakerjaan lainnya yang mengharuskan melampirkan berkas yang tidak bisa dikirim secara online, disebabkan karena dalam jumlah file lampiran yang besar, pihaknya sudah melaksanakan kerjasama dengan PT Gojek Indonesia yakni dengan mengunakan jasa ojek online pengantaran dokumen (Go-Send). ‘Nanti dokumen akan dikirim dengan ojol sesuai dengan alamat para pencari kerja,’ tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *