Gocar Driver Go-Jek

Cara Sopir Gocar Menjaga Emosi Saat Puasa

Bulan puasa sebentar lagi, tentu on bid sambil berpuasa harus disiasati dengan baik oleh para sopir Gocar aplikasi Gojek. Salah satunya bagaimana cara menjaga emosi saat nyetir, apalagi saat menjalankan orderan.

 

Memang mengemudi saat menjalankan ibadah puasa ramadhan bukan perkara yang mudah. Apalagi, bila kondisi lalulintas macet yang cukup panjang dan semerawut tentu dapat memancing datangnya emosi. Namun, bukan berarti tidak ada solusi untuk mengatasinya.

 

Dari pengalaman Gocar driver, ternyata ada beberapa tips yang bisa dilakukan sopir Gojek untuk menjaga emosi tetap stabil saat mengemudi selama berpuasa. Diantaranya dengan:

 

1) Kabin di Setting Senyaman Mungkin

Pengemudi Gocar harus membuat ruang kabin terasa senyaman mungkin. Hal ini akan sangat membantu dan bermanfaat, ketika perjalanan Kamu dihadang kemacetan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ruangan kabin.

 

Gocar Driver Go-Jek

 

Tambahkan juga pengharum kabin, agar suasana menjadi terasa lebih rileks sepanjang di perjalanan. Nah, cari lah aroma pengharum kabin yang soft dan terapis tapi tetap sesuai selera.

 

2) Pilih Rute Yang Tepat

Saat dapat orderan menjelang berbuka puasa, beberapa kawasan di daerah Kamu justru semakin macet dengan hadirnya pasar tumpah atau pasar dadakan sebagai lokasi menjajakan panganan dan minuman untuk berbuka puasa.

 

Mengantisipasi hal tersebut, pilih lah rute yang bisa diandalkan sebelum mengaspal menjemput dan mengantar penumpang. Peta navigasi digital bisa dimanfaatkan sebagai bahan rujukan untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

 

Baca juga: 12 Tips On Bid Buat Driver Ojol Saat Jalankan Puasa

 

3) Hidupkan Musik

Mendengarkan musik kesukaan diyakini dapat menyebarkan aura rileks ketika mengemudi, apalagi saat Kamu mendapat trip rute jauh. Tentu yang diputar, bukan lagu yang super keras seperti aliran heavy metal yang malah dapat meningkatkan stres dan emosi dengan cepat.

 

Untuk itu, sebelum on bid, buatlah playlist lagu kegemaran Kamu atau yang hits. Simpan dalam format MP3 di flashdisk dan pisahkan (misal berdasarkan penyanyi, aliran, atau tahun).

 

4) Kontrol Emosi

Kalau ada pengemudi lain yang mencoba untuk memancing amarah, coba tarik nafas panjang dan tahan sejenak, lalu buang melalui mulut. Tips ini bisa Kamu lakukan sebanyak 3 kali sampai benar-benar merasa tenang. Metode ini bermanfaat untuk mensuplai oksigen ke otak tetap baik, sehingga bisa berpikir jernih dan Kamu pun tidak terpancing untuk melakukan tindakan yang tidak baik.

 

Baca juga: Cara Sopir InDriver Car Menjalankan Ibadah Puasa

 

Ingat, orang yang emosinya sedang tinggi akan cenderung melakukan kesalahan kecil tapi bisa jadi sangat fatal. Seperti menyenggol kaca spion mobil lain yang tidak terlibat masalah hingga rusak. Selain itu, nilai ibadah puasa yang sedang dijalankan menjadi berkurang.

 

5) Atur Posisi Saat Berkendara

Posisi berkendara yang tepat dapat membuat driver Gocar sigap untuk mengantisipasi segala kondisi di jalanan, menciptakan suasana rileks dan nyaman hingga tidak cepat merasa lelah. Untuk itu, jangan duduk terlalu tegak dan terlalu rebah. Sebab kedua posisi nyetir ini malah sulit mengantisipasi keadaan.

 

Usahakan pegang kemudi dengan rileks, seperti ibu jari tidak dimasukkan ke dalam setir. Atau hindari posisi menggenggam seperti ingin memukul, sebab hal ini secara psikologis akan membuat Kamu jadi sangat mudah marah dan terpancing emosi.

 

Baca juga: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1442 H

 

Jadi, bila tetap on bid sambil menunaikan ibadah puasa buatlah agar diri Kamu dalam keadaan senyaman mungkin sehingga keadaan ini akan membuat tetap waspada dan mawas diri terhadap kondisi lalulintas dan jalanan. Ingat, keluarga di rumah menunggu Kamu pulang dan membawa uang dari aktivitas full time job di Gocar sembari berpuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *