Tips Sehat Ngojek Saat Berpuasa

Cara Sehat Rider Yang Ngojek Sambil Puasa

Sebentar lagi Kita akan memasuki bulan puasa Ramadan 1442 H, yang jatuh hari Selasa ini. Kamu yang bekerja sebagai rider pada aplikasi ojek online atau ojol perlu memperhatikan tips sehat. Tujuannya agar tubuh tetap bugar dan fit saat ngojek atau ngegrab, meski sedang menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

 

Saat berpuasa, waktu makan tidak sebebas pada hari-hari biasa, namun bukan berarti kebutuhan gizi apalagi saat on bid jadi tak tercukupi. Bahkan, bila tak di antisipasi bisa membahayakan keselamatan diri, penumpang dan orang di sekitar saat berkendara.

 

Tips Sehat Ngojek Saat Berpuasa

 

Ada tips sehat buat kang ojol dari blog ini yang bisa digunakan, agar ngojek/ngegrab dan puasa yang berbarengan dijalankan dapat lancar sesuai yang diharapkan.

 

1) Konsumsi air putih tercukupi

Hindari tubuh mengalami dehidrasi selama berpuasa, karena hal ini berbahaya bagi tubuh sang driver. Ingat, air sangat penting membantu melancarkan sistem pencernaan, mengeluarkan berbagai kotoran dan racun, serta sebagai media transportasi nutrisi ke sel-sel tubuh.

 

Untuk itu, rider ojol dan driver online lain harus memastikan meminum air putih yang cukup di saat sahur dan berbuka puasa agar terhindar dari dehidrasi saat ngebid dan ngegrab.

 

2) Kurangi aktivitas yang banyak menguras energi

Selama berpuasa, harus maksimal mengupayakan energi cepat terkuras. Penting cara untuk menyimpan energi ini. Misal dengan menghindari melakukan aktivitas mengangkat barang yang berat, karena hal ini cepat menghabiskan tenaga.

 

Satu jam sebelum waktu berbuka puasa tiba, sesekali off bid untuk melakukan aktivitas olah raga ringan. Kegiatan ini tetap bisa dilakukan sambil ngabuburit untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit dan pikiran pun tetap rileks.

 

3) Berbukalah dengan mengosumsi yang manis

Mungkin para rider transportasi online pernah mendengar slogan atau iklan ‘selalu berbuka dengan yang manis’. Ini sebenarnya bukan promosi, karena prinsipnya, saat berbuka puasa tubuh memerlukan asupan gula secara cepat untuk mengembalikan stamina tubuh.

 

Baca juga: 12 Tips On Bid Buat Driver Online Sambil Berpuasa

 

Kebutuhan asupan gula ini menjadi alasan kuat, mengapa menyantap kurma sangat dianjurkan saat berbuka puasa. Namun, porsi makanan manis alias takjil tidak boleh terlalu banyak, sebab dapat membuat rider malah menjadi mengantuk saat narik setelah berbuka puasa.

 

Selain itu, rider saat ngegrab juga memerlukan asupan nutrisi lain agar tubuh tetap sehat dan fit sepanjang hari meski sedang berpuasa.

 

4) Ketika berbuka, makanlah dengan perlahan

Meski perut terasa sangat lapar dan semua takjil yang terhidang di depan mata terlihat begitu menggiurkan, jangan langsung menyantap semuanya dengan terburu-buru. Lakukan secara bertahap. Misal dimulai dari memakan kurma atau takjil manis lainnya dalam porsi yang tidak terlalu besar, kemudian air, barulah makanan yang berkategori lebih berat.

 

Bahkan lebih baik lagi, jika mengonsumsi buah sebelum berlanjut ke makan berat. Agar tidak terlalu kenyang, makan berat bisa juga dilakukan setelah selesai menjalankan shalat tarawih.

 

5) Jangan asal enak dan kenyang

Selama ngojol di bulan puasa, sebaiknya rider lebih cermat memilih asupan makanan yang dikonsumsi agar lancar jalankan orderan. Sebab, Kamu hanya punya kesempatan untuk makan sebanyak 2 (dua) kali dalam sehari, yaitu saat sahur dan buka puasa.

 

Baca juga: Tips Aman Berkendara Untuk Sopir Ojek Online

 

Berbeda saat tak berpuasa, di mana rider akan lebih bebas untuk makan kapan dan di mana saja. Oleh karena itu, makanan yang di konsumsi ke dalam tubuh haruslah memiliki gizi baik, bukan sekedar enak di lidah atau mengenyangkan.

 

Bergizi baik, maksudnya makanan sehat yang memenuhi semua kebutuhan nutrisi harian, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Saat sahur, pilihlah menu yang tinggi protein dan serat agar menghasilkan energi yang sangat dibutuhkan saat narik ojek.

 

6) Jangan ngalong dan kurang tidur

Jika tidak terpaksa ngalong karena ada kebutuhan keuangan yang mendesak, sebaiknya dilakukan hanya sampai jam 01 saja. Dan tak perlu begadang selama bulan puasa. Mengapa, karena tanpa ngalong atau begadang pun waktu tidur rider sudah berkurang. Sebab, harus bangun di sepertiga malam untuk melakukan santap sahur.

 

Saat nunggu orderan masuk, manfaatkan waktu untuk tidur sejenak di warung atau base camp tempat Kamu biasa mangkal. Karena bila sudah masuk orderan, Kamu tak akan punya kesempatan lagi untuk melakukannya.

 

Baca juga: Cara Sopir Go-Car Jaga Emosi Saat Puasa Ramadhan

 

Ingat kurang tidur akan membuat Kamu lemas, mudah emosi, kurang fokus dan tidak bersemangat untuk on bid. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan selama berkendara.

 

Dengan tips di atas, kesehatan badanmu diharapkan akan lebih terjaga dan konsisten dalam menjalankan orderan yang masuk dari pemesan ojek online. Serta aktivitas menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan pun membawa berkah. Tentunya datangnya bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah ini, tidak ada alasan untuk tidak produktif menghasilkan uang dari ngojek atau ngegrab.

 

Yuk, para rider dan atau mitra ojekers lain dari app transportasi online mempraktekkan keenam cara sehat puasa sembari on bid dari blog tripbisnis.com ini, mulai Ramadan tahun 2021 ini.

 

Selamat menjalankan ibadah puasa nan suci, semoga diberikan rezeki yang berlimpah dan tetap gacor orderan besar. Salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *