Cara Optimasi Blog Driver Online Baru

Saat ini jumlah blog membahas pengemudi / driver online, jumlahnya tak sedikit khususnya blog baru. Baik yang dikelola personal blogger maupun yang langsung di handle perusahaan aplikator tansportasi ride hailing dan ride hailing (di Indonesia populer dinamakan ojol/ojek online), seperti Okejek, Indriver, Grab, Maxim, Anterin, Lalamove, dan Gojek.

 

Dalam pengelolaan, tentu membutuhkan strategi bagus dan cara optimasi agar blog topik (niche) driver online ini agar punya kemampuan menggaet pengunjung (pembaca), kuat bersaing dan tampil dihalaman search engine, baik google, bing, yahoo dan yandex.

 

Satu strategi yang banyak digunakan untuk mengembangkan dan memperkenalkan blog driver online baru adalah dengan Search Engine Optimization (SEO). Sebenarnya, cara ini juga bagian dari teknik digital marketing yang terus dikembangkan para marketer untuk branding suatu produk.

 

Secara prinsip, blog baru harus dianggap produk bisnis yang akan dijual ke pelanggan. Karena itu, teknik promosi blog / website driver pun harus punya komitmen kuat ‘me-manusia-kan’ dari tiap konten yang disajikan. Artinya, Search Engine Optimization (SEO) yang ditanamkan tidak cenderung berat untuk memenuhi kebutuhan mesin pencari semata.

 

Disisi lain, mesin pencari juga semakin meningkatkan akurasi dan relevansi melalui penyempurnaan algoritma. Sehingga cenderung akan melihat tingkat kewajaran terutama pada blog/website baru yang dalam waktu relatif singkat sudah banyak yang me-referensi-kan (banyak link tertanam di blog/web lain).

 

Bacaan lain: Cara Mengembangkan Blog Ojek Online

 

Memang ihwal, link building sangat penting dilakukan tapi cara membuat backlink pun ada aturan hingga tidak dimaknai sebagai tindakan spamming oleh mesin pencari. Untuk mengakomodir optimasi, berikut strategi SEO yang terbaik untuk website driver online baru.

 

1) Konsisten Menulis Artikel Berkualitas

Untuk blog baru usia 0-1 bulan, usahakan agar membuat minimal 3 artikel setiap harinya. Kalau tidak mampu, upayakan minimal 1 artikel bisa dipublikasikan setiap hari. Intensitas ini perlu dilakukan untuk menunjukkan ke mesin pencari, bahwa blog tersebut sangat serius dalam membuat dan mengelola.

 

Menulis artikel setiap hari juga sangat bermanfaat untuk meyakinkan pengunjung, karena pengelola blog secara konsisten dan terus menerus menerbitkan artikel yang bermutu, berkualitas, dan bermanfaat.

 

Setelah blog driver online berusia lebih dari 1 bulan pun, maka tetap harus konsisten menulis artikel minimal 1 artikel setiap harinya. Sekali lagi, hal ini penting dilakukan agar blog aktif dan semakin memperkaya topik yang ditulis dalam artikel.

 

Tapi, agar hasilnya juga maksimal harus dipahami terlebih dahulu bagaimana cara menulis artikel yang bagus untuk dibaca manusia berikut aturan-aturan SEO yang berlaku, seperti:

 

a) Judul memuat kata kunci dan menarik pengunjung;

b) Terdapat sub judul (heading 1, heading 2 bila penting sampai heading 6);

c) Minimal terdiri dari 300-an kata, semakin banyak semakin bagus;

d) Terdapat inbound link dan outbond link, tapi jangan terlalu banyak;

e) Terdapat gambar yang merepresentasikan artikel (tapi jangan terlalu banyak). Ketika saat akan menambahkan gambar, pastikan penamaan gambar melalu images tag juga merepresentasikan isi artikel;

f) Artikel senantiasa harus fresh (fresh article), dibuat dengan bahasa ‘khas’ sendiri yang mudah dimengerti dan original;

 

2) Melakukan Optimasi Off Page

Setelah pekerjaan poin 1 tuntas dilakukan, langkah selanjutnya adalah optimasi off page. Khusus untuk blog driver online baru (usia 0 sampai 2 Minggu) bisa menggunakan cara sederhana, yakni share di media sosial (medsos) seperti : Facebook, Twitter, Youtube, Linkedin, Pinterest, dan sebagainya.

 

Juga baca: Cara Membuat Blog Niche Traveling Untuk Bisnis

 

Share juga bisa dilakukan ke forum-forum, seperti kaskus, detik, formaxmanroe, dan lain sebagainya.
Hal tersebut diatas dilakukan agar blog diketahui ada dan berharap di datangi pengunjung, yang berasal dari referrer media sosial dan forum maupun personal blog.

 

Setelah blog driver online berumur lebih dari 2 Minggu, maka buatlah blog / website dummy seperti: WordPress, BlogSpot, dan di Tumblr. Ditambah dengan ke web-web yang menerima submit artikel, seperti: Kompasiana dan Medium.

 

Setelah blog/website berumur 1 bulan ke atas, tetap harus konsisten membuat artikel dan share di media-media yang disebutkan diatas. Kemudian lakukan beberapa komentar di blog dan website yang memiliki kualitas Domain Authority / Page Authority (DA/PA) yang baik (memiliki score diatas 20).

 

Tindakan diatas jangan dilakukan secara membabi buta agar tak dianggap spamming oleh search engine. Serta, agar di approve karena terkesan sangat wajar dan natural meski berharap sangat akan dapat backlink dari situ.

 

Semoga optimasi blog baru yang membahas driver online ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *