Cara Pesan Produk di Marketplace Shopee

Cara Memesan Barang di Shopee Via Ponsel

Trend belanja barang secara online di Shopee terus meningkat. Berbagai inovasi teknologi dan ragam layanan pun terus dikembangkan agar pemesanan barang semakin mudah, cepat dan amat meski melalui ponsel.

 

Harus diakui, cara belanja online di Shopee tidaklah sulit, terutama bagi Kamu yang baru pernah kali menggunakan aplikasi marketplace ini dalam hal memesan barang.

 

Saat ini, di Indonesia terdapat banyak jenis marketplace, antara lain Blibli, Lazada, Orami, BukaLapak, JD_ID, Tokopedia, Zalora, dan Matahari. Selain cara belanja di pasar e_commerce Shopee cukup praktis, di mana Kamu juga bisa mendapatkan berbagai benefit lainnya, seperti potongan harga atau gratis ongkos kirim (ongkir).

 

Terkait, cara belanja di Shopee bisa dilakukan via ponsel maupun desktop. Dan cara belanja melalui aplikasi di ponsel pun dibuat cukup mudah, seperti halnya cara belanja melalui desktop.

 

Cara Pesan Produk di Marketplace Shopee

 

Andai dibandingkan dengan e-commerce Lazada, Tokopedia dan Buka_Lapak, maka toko online Shopee tergolong marketplace baru. Yang mana, Shopee hadir di Indonesia pada tahun 2015.

 

Bila dicermati dari panduan dan proses belanja online, maka seluruh transaksi secara terpadu dilakukan di aplikasi Shopee, mulai dari pemilihan barang, pembayaran hingga aplikator jasa pengiriman. Itulah mengapa cara belanja di Shopee oleh banyak orang dikatakan sangat praktis dan nyaman.

 

Dibawah ini tripbisnis.com akan menjelaskan bagaimana proses dan cara belanja di Shopee dilakukan dengan mudah dan dapat dipahami dengan cepat. Tentu, dibarengi dengan beberapa tips yang bersumber dari pengalaman agar aman dalam berbelanja.

 

1) Unduh aplikasi Shopee di ponsel

Apabila Kamu adalah orang yang belum pernah menggunakan aplikasi Shopee, maka langkah pertama yang dilakukan adalah mengunduh aplikasi Shopee tersebut ke dalam ponselmu. Caranya melalui Google Play_Store untuk smartphone Android atau Appstore untuk Iphone.

 

Baca juga: Shopeefood, Pendatang Baru di Layanan Food Delivery

 

Pengunduhan ini pun terbilang cukup mudah dan cepat, dimana aplikasi ini telah di unduh lebih dari 100 juta kali melalui Play_Store. Jumlah ini menurut tripbisnis.com sangat fantastis, dalam kurun 6 tahun beroperasi di Indonesia.

 

Di App Shopee, ada berbagai kategori produk yang bisa Kamu beli, mulai dari produk perawatan & kesehatan, elektronik, pakaian, perlengkapan rumah, bayi & anak, serta berbagai kategori lainnya dengan harga termurah se-Indonesia. Ditambah, desain dan tampilan aplikasi yang user-friendly dirancang khusus untuk penggunaan ponsel.

 

Berikut tahapan unduh aplikasi toko online Shopee:

 

a) Buka aplikasi Playstore jika ponsel menggunakan sistem Android, dan jika sistem iOS maka Kamu dapat membuka Appstore;

 

b) Selanjutnya, tap pada kolom pencarian;

 

c) Lalu ketik dan masukkan kata kunci ‘Shopee’;

 

d) Setelah muncul aplikasi Shopee dengan logo dan berwarna oranye;

 

e) Kemudian, tap pilihan install yang tersedia dan klik;

 

f) Setelah itu, tunggu instalasi aplikasi Shopee hingga selesai;

 

2) Menjalankan aplikasi Shopee

Setelah proses instalasi aplikasi Shopee berjalan lancar dan selesai, maka silakan membuka aplikasi Shopee yang telah terpasang di ponsel, dengan cara:

 

a) Langkah pertama, tap ikon aplikasi Shopee di ponsel Kamu;

 

b) Pastikan kuota cukup dan jaringan internet stabil;

 

c) Lalu Kamu akan dibawa masuk ke halaman beranda aplikasi Shopee;

 

d) Apabila Kamu menggunakan komputer atau laptop, caranya cukup masuk ke browser dan menuju ke situs resmi Shopee. Setelah itu, Kamu dapat mengikuti tahap yang akan dijelaskan dibawah ini.

 

3) Membuat akun Shopee

Untuk dapat mendaftarkan akun baru di Shopee, caranya:

 

a) Tap pada pilihan ‘Daftar’;

 

Baca juga: Cara dan Syarat Pendaftaran Driver Shopee_Food dan Merchant

 

b) Kemudian, Kamu akan diminta memasukkan nomor ponsel atau dapat memilih untuk menggunakan email, tergantung yang mana menurutmu paling mudah dan nyaman;

 

c) Lalu klik ‘Lanjut’;

 

d) Kemudian, Kamu pun akan diarahkan ke halaman verifikasi;

 

e) Lalu masukkan kode verifikasi yang diminta;

 

f) Kode verifikasi ini sebelumnya akan dikirimkan dan dapat ditemukan pada SMS di ponsel jika mendaftar menggunakan nomor ponsel. Jika menggunakan email, maka dapat di cek melalui kotak masuk email.

 

g) Apabila belum mendapatkan kode verifikasi dimaksud, segera ke tap pilihan dan klik ‘kirim ulang’;

 

h) Setelah mendapat dan mengetahui kode verifikasinya, maka segera masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam kolom verifikasi. Lalu, tap ‘Lanjut’;

 

i) Setelah itu, Kamu pun akan diarahkan ke halaman pembuatan kata sandi dan nama akun;

 

j) Isikan data yang cukup pada kolom yang diminta;

 

k) Setelah semua data lengkap, silahkan tap ‘Lanjut’;

 

3) Mulai belanja barang di Shopee

Jika proses dan tahapan membikin akun Shopee di atas telah selesai, maka tahap selanjutnya adalah mulai berbelanja online di Shopee. Berikut caranya:

 

a) Tap kolom pencarian yang memiliki ikon kaca pembesar di bagian atas;

 

b) Kemudian, masukkan kata kunci dari barang yang di cari, dan klik tap ‘cari’;

 

c) Di fitur cari, Kamu pun akan menemukan berbagai fitur yang bisa digunakan dalam mencari barang yang ada di Shopee;

 

d) Di fitur filter, Kamu memiliki kendali penuh karena terdapat beragam pilihan, berupa Kategori, Tipe Penjual, Lokasi, Merek, Pengiriman, Opsi Pembayaran, Penilaian, Program Promosi, dan Batas Harga. Semua pilihan tersebut dapat digunakan untuk mempermudah Kamu dalam menemukan barang yang dicari sesuai keinginan;

 

e) Di fitur terkait, Shopee akan menampilkan barang yang paling sesuai dengan kata kunci yang Kamu masukkan;

 

f) Pada fitur terbaru, akan menampilkan iklan terbaru yang diunggah;

 

g) Di fitur terlaris, akan tampil barang dengan penjualan paling banyak pada kata kunci barang yang Kamu cari;

 

h) Terakhir di fitur harga, Kamu akan dapat menentukan urutan iklan, dari harga yang terendah hingga tertinggi, dan sebaliknya.

 

Cara Mengirim Pesanan Melalui Shopee Express

Kamu dapat melakukan pengiriman dengan menggunakan metode pick up atau antar ke counter bagi penjual terpilih. Namun, pastikan lokasi Kamu termasuk dalam area jangkauan yang didukung oleh layanan Shopee Express.

 

Shopee Express adalah jasa pengiriman Shopee khusus yang menyediakan 3 (tiga) jenis layanan, yaitu: 1) Shopee Express Standard, 2) Shopee Express Sameday, dan 3) Shopee Express Instant.

 

Baca juga: Shopeefood Indonesia Membuka Lowongan Jadi Mitra Driver

 

Tapi tidak semua barang yang di beli via Shopee mendukung layanan pengiriman lewat Shopee Express ini. Dan, berat maksimal barang yang bisa dikirim pakai Shopee Express adalah di bawah 50 kg, lewat dari itu harus menggunakan jasa pengiriman lainnya.

 

*) Silahkan Cek Resi Shopee Express Standard

Jika status pesanan belanjaan di Shopee sedang dikirim, maka Kamu pun bisa mengecek atau melacak resi pengiriman barang dan mencek status pesanan barang sudah sampai di mana barang atau kapan kira-kira barang akan sampai ke alamat rumah.

 

*) Silahkan Cek Resi Shopee Express Same Day

Dengan melacak resi Shopee, Kamu juga bisa menanyakan kepada seller kenapa barang pesanan lama sampai, meskipun terkadang jawaban dan alasan selalu klasik, seperti jasa pengiriman sedang overload.

 

Perlu diketahui, lama pengiriman Shopee memang benar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah jarak antara penjual dan pembeli. Semakin dekat jarak pengiriman barang dengan alamat penerima, harusnya barang semakin cepat sampai.

 

Misal, jika tripbisnis.com membeli barang yang penjualnya beralamat di Medan, barangnya akan lebih cepat sampai, dibandingkan memesan barang di mana alamat seller shopee yang berada di Bandung. Dalam 3 hari biasanya barang sudah sampai jika membeli barang di seller Shopee Medan, bila menggunakan Shopee Express Standar.

 

Informasi lebih detail, kunjungi:

Website: www.shopee.co.id

Facebook: facebook.com/ShopeeID

Twitter: twitter.com/ShopeeID

Instagram: @shopee_ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *