Traveling Bisnis Niche Blog

Cara Membuat Blog Niche Traveling Untuk Bisnis

Berkembangnya teknologi terutama yang menopang bisnis, memunculkan pegiat internet ingin jadi travel blogger Indonesia. Keinginan ini sangat baik, mengingat blog perjalanan wisata juga bisa sebagai alat promosi berbagai destinasi wisata yang mungkin selama ini luput dari promosi.

 

Tapi, banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya, kamu harus tahu cara membuat blog, mengelola dan memasarkannya. Itu pun blog yang kamu bikin harus niche wisata, bukan blog gado gado mirip portal berita.

 

Saya akan mencoba menjelaskan mulai dari awal bagaimana cara bikin blog wisata hingga teknik pemasarannya agar bisa menghasilkan uang.

 

Penting dipahami, sejak munculnya blog maka banyak penggiat dunia wisata yang menggunakannya sebagai: a) salah satu sarana untuk berbagi cerita tentang berbagai pengalaman hidup; b) wadah buat membangun komunitas wisata sendiri; c) mendapatkan uang tambahan dari sponsor dan program pasang iklan dari perusahaan trip wisata.

 

Langkah Membuat Blog Travel

Sekarang ini, membuat blog tidaklah sulit. Kamu juga tidak perlu belajar jadi ahli coding atau harus mahir hal teknis lain. Artinya, membuat blog wisata atau traveling blog apapun, saat ini bisa hanya dengan beberapa kali klik aja sudah jadi. Pengalaman saya, mulai dari beli domain, sewa hosting dan instal CMS WordPress prosesnya kurang dari 2 jam. Itupun, karena banyak waktu terbuang akibat antri di ATM untuk transfer uang ke perusahaan hosting.

 

Dengan menggunakan cms wordpress self hosted, saya membuat traveling blog jadi mudah, tak sampai 30 menit. Hal itu, karena ada alat bantu auto install.

 

Jadi, karena tujuan kamu menjadikannya sebagai ‘mesin’ pencari uang, maka harus punya malu memakai blog gratisan, meski tak ada larangan untuk menggunakannya. Mengapa? Menurut saya, ihwal branding dan mendapatkan job atas nama blog kurang bonafide.

 

Untuk profesional dan bertujuan cari uang, maka kamu harus lebih memilih berbayar. Alasannya? Sangat full control dimana kamu bisa bebas mengatur tampilan website, install plugin atau fungsi tertentu di blog, pasang iklan, content placement dan lain sebagainya.

 

Traveling Bisnis Niche Blog

 

Membuat blog, secara garis besarnya, ada beberapa hal yang diperlukan untuknya, yakni: 1) Hosting; 2) Domain; 3) Topik konten blog.

 

Pengertian hosting adalah tempat penyimpanan blog agar bisa di akses di internet. Istilahnya, jadi rumah besar dari website yang kamu buat. Sedangkan domain adalah nama dari website itu sendiri yang digunakan untuk mengakses blog di internet. Misalnya saja nama domain blog ini tripbisnis.com.

 

Mengenai biaya harus dibutuhkan untuk beli domain adalah di kisaran harga Rp 120-200 ribu untuk satu tahun. Sedangkan hosting, untuk kapasitas kecil ada mulai harga Rp 20.000 perbulan. Jadi total modal yang dibutuhkan untuk membuat blog niche travel tidaklah terlalu besar. Harganya juga menyesuaikan pada penyedia hosting yang dipilih.

 

Agar tidak terlalu ribet, ada baiknya membeli domain dan sewa hosting di satu tempat yang sama. Selain itu, suka ada promo beli hosting gratis domain. Lumayan lah buat berhemat.

 

Untuk memilih nama domain haruslah yang bagus, mudah di ingat, dan nyaman untuk anda sendiru. Nama domain bisa pakai nama sendiri, istilah, atau hal lainnya. Terserah kamu saja.

 

Ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan saat memilih nama domain, yaitu: 1) menghindari penggunaan tanda sambung dalam domain (misal trip-bisnis.com); 2) jangan terlalu panjang; 3) hindari menggunakan angka dalam domain, bila tak terpaksa; 4) ekstensi domain agar diusahakan pilih .com, .net, .info, .org baru. Alasan karena keempat ektensu domain ini sudah sangat familiar dan mudah sangat cepat bisa diterima oleh google adsense.

 

Khusus untuk memilih hosting, saya akan sampaikan rekomendasi beberapa tempat untuk membeli hosting dan domain, dengan pelayanan dan kualitas bagus di Indonesia. Yaitu: *) idwebhost, *) niagahoster, dan *) hostinger (yang saya pakai). Alasannya karena penyedia hosting tersebut berdasarkan pengalaman saya sangat cepat layanannya dan support yang bagus. Ini akan mempermudah kamu saat nanti mengalami kesulitan atau error di blog.

 

Untuk kategori pemula, usahakan agar memilih paket hosting dengan space minimal 1 giga. Mengapa? Karena, blog travel biasanya punya banyak foto dan ataupun video. Space 1 giga paling ngga cukup untuk menampung foto-foto di blog kamu sembari menunggu blog makin ramai traffic nya.

 

Bila cocok dengan spesifikasi, silahkan beli hosting dan domain. Nah karena blog ini hostingnya di sewa dari hostinger, maka pengalaman saya sangat mudah bahkan metode pembayarannya juga sangat banyak. Khusus pembayaran beli domain dan sewa hosting untuk blog ini, pembayarannya saya bisa dilakukan melalui alfamart dan tak ada dikenakan biaya tambahan lain.

 

Cukup kamu pilih metode pembayaran via alfamart maka selanjutnya akan keluar kode scan ‘batang’ (QR) yang nanti akan di scan kasir. Setelah selesai akan masuk pemberitahuan via email bahwa pembayaran sukses dilakukan dan domain maupun hosting sudah bisa langsung dipakai untuk bikin blog travel kamu.

 

Langkah pembelian domain dan hosting pasti berbeda-beda di setiap penyedia hosting. Tapi pada intinya adalah sama, dan mudah di ikuti. Jika ada kesulitan, customer services setiap penyedia hosting selalu siap membantu.

 

Saatnya sekarang bagi kamu untuk install blog di hosting setelah sukses beli hosting dan domain, selanjutnya tinggal auto install CMS wordpress di blog kamu.

 

Kenapa saya lebih memilih untuk menggunakan CMS wordpress? Alasannya, karena: 1) sangat mudah di install dan digunakan (user friendly); 2) 50% lebih cms blog dunia menggunakan wordpress; dan 3) ada sekitar 27% website seluruh dunia menggunakan wordpress.

 

Jadi, kualitasnya sudah diakui dan sangatnl populer. Selain itu, 4) mudah di modifikasi dengan theme dan plugin, tanpa harus coding sendiri. 5) banyak tersedia theme dan plugin gratis, bisa langsung di akses dari dalam blog yang menggunakan wordpress.

 

Proses install wordpress menggunakan auto instal adalah sangat cepat. Tunggu beberapa saat. Blog anda sudah langsung aktif, dan bisa di akses. Alamat URL untuk akses juga akan diberikan. Silahkan akses dashboard admin blog anda melalui url (misal: namadomain.com/wp-admin).

 

Lalu login dengan username dan password yang dipakai saat install tadi. Sekarang, anda sudah punya domain, hosting, dan blog juga sudah aktif. Selanjutnya tinggal memulai setting dan isi artikel.

 

Cara Menghasilkan Uang Dari Travel Blogger

 

Mungkin kamu berpikir, apa benar blog traveling bisa menghasilkan uang? Bisa. Tapi tetap tergantung kamu, karena ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari travel blogger Indonesia. Seperti, dari:

 

1) Program Google Adsense

Program ini sangat banya dipilih oleh para blogger, termasuk saya juga. Dengan google adsense, web kamu nantinya akan terpasang iklan dari google secara otomatis. Metodr pembayaran berdasarkan banyaknya klik iklan, dan banyaknya penayangan iklan. Nilai setiap klik berbeda-beda, menyesuaikan dengan sistem dari Google secara otomatis.

 

Berapa hasil yang didapatkan? Ya, tergantung banyaknya visitor yang datang berkunjung ke blog wisata kamu, dan banyaknya klik iklan dari visitor. Biasanya, blog wisata dengan 1000 -10.000 visitor/hari bisa mendapatkan penghasilan antara Rp 1-1,5 juta sampai dengan 4-7 Juta per bulan. Lumayan kan.

 

2) Affiliate Hotel

Ini salah satu yang sering digunakan oleh blogger juga, yakni memasang affiliate hotel di blog wisata. Cara kerjanya, kamu daftar ke affiliate hotel seperti Agoda, booking, dll. Lalu nanti akan mendapatkan link affiliate khusus yang bisa disesuaikan dengan konten blog.

 

Anda akan mendapatkan komisi dari setiap orang yang booking hotel menggunakan link yang ada di blog anda. Besarnya komisi berbeda-beda untuk setiap hotel.

 

Tidak cuma affiliate hotel saja, kamu juga bisa pasang affiliate lain yang nyambung dengan tema blog travel kita.

 

3) Menjadi Broker

Disini kamu bisa bekerja sama dengan jasa tour dan travel, rental mobil, rental motor, penginapan, dan lain sebagainya. Butuh usaha tambahan, karena harus mencari jasa-jasa di atas dan melakukan deal. Biasanya mereka memberikan komisi sekian % untuk setiap order yang kamu berikan ke mereka.

 

Ilustrasinya, misalkan kamu tinggal di kota Medan, lalu kamu bikin blog wisata khusus seputar Medan selengkap mungkin. Mulai dari tempat wisata, rute jalan, info hotel dan penginapan, spot kuliner, dan lain sebagainya.

 

Selanjutnya, bikin penawaran di blog kamu berupa rental mobil untuk keliling Medan, tempat menginap, jasa guide, dan lain-lain. Jelaskan juga keuntungan yang bisa diterima oleh wisatawan yang akan menggunakan jasa kamu.

 

4) Guest Posting/Sponsorship

Jika blog kamu sudah memiliki cukup banyak visitor, biasanya akan ada yang menawarkan guest post atau artikel sponsorship. Artikel sudah disediakan, kamu tinggal posting saja.

 

Fee yang di terima tergantung dari blog kamu juga. Biasanya mulai dari Rp 200.000 s/d Rp 2 juta rupiah untuk satu artikel, bahkan bisa lebih.

 

5) Menjual Barang Lain

Misalnya saja kamu suka mendaki gunung dan traveling, lalu membuat blog tentang pengalaman kamu. Bisa saja sekalian jual perlengkapan traveling, dan juga perlengkapan naik gunung. Jika modal terbatas, bisa memanfaatkan skema dropship dari penjual di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, dan lain-lain.

 

Masih banyak cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan dari aktivitas membuat travel blog. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *