Cara dan Syarat Daftar Shopee Food Driver dan Merchant

Tersiar kabar platform marketplace Shopee buka pendaftaran untuk menjadi mitra delivery dan merchant Shopee Food. Tentu peluang jadi driver dan rider pada marketplace berwarna oranye ini, sedikit banyak menjadi harapan baru bagi orang yang ingin menambah penghasilan atau pun bekerja.

 

Sebagaimana diketahui, Shopee adalah satu situs jual beli online yang paling populer di Asia Tenggara. Populernya situs jual beli online yang satu ini tak lepas dari andil besar Sea Limited, kemasan iklan yang kreatif, serta beragam promo yang cukup menarik para customer. Kini, situs jual beli online mulai menambah fitur baru yaitu Shopeefood untuk layanan pesan antar makanan (kuliner).

 

Penambahan fitur ShopeeFood di situs web toko online Shopee, sedikit banyak membuat jagat persaingan kurir makanan menjadi sengit, terutama dalam hal mengimbangi dominansi GoFood dan GrabFood yang lebih dulu menguasai pasar. Tak heran bila kini banyak orang yang kepingin bergabung jadi mitra ShopeeFood driver dan daftar merchant ShopeeFood. Sehingga trend masyarakat Indonesia mencari informasi (baik online maupun offline) tentang bagaimana cara dan syarat untuk daftar Shopee Food driver maupun merchant volumenya jadi tinggi, terutama di google.

 

Kondisi diatas menyebabkan popularitas dan branding ShopeeFood merangkak naik dengan cepat akibat aktivitas pencarian online yang dilakukan oleh warganet. Tak ayal, banyak orang yang sudah mengenal apa itu Shopee Food, terutama dari media sosial.

 

Benar, ShopeeFood adalah sebuah fitur baru di aplikasi situs website marketplace Shopee yang menyediakan layanan pesan antar makanan atau minuman (kuliner) seperti fitur Go-Food dari aplikasi Gojek dan atau Grab-Food dari aplikasi Grab atau Oke-Food aplikasi besutan Okejek.

 

Baca juga: ShopeeFood, Layanan Pendatang Baru Siap Ramaikan Pasar Food Delivery

 

Karena layanan ShopeeFood adalah sebuah fitur baru yang disajikan situs jual beli online populer di Indonesia. Tentu banyak merchant dan driver delivery yang bertanya-tanya, tentang bagaimana cara jadi mitra delivery atau cara daftar Shopee Food berikut dengan syarat dan dokumen yang dibutuhkan.

 

Sebenarnya, ada beberapa tahap yang bisa Kamu lakukan untuk menjadi mitra pengemudi atau merchant dari fitur ShopeeFood ini. Namun, karena masih baru, bagi yang ingin join jadi pengemudi/rider atau merchant dapat langsung mendaftarkan diri melalui formulir yang telah disiapkan secara online. Berikut tripbisnis.com ada membagikan cara daftar Shopee Food via online.

 

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, cara untuk menjadi pengemudi atau driver/rider kurir di aplikasi ShopeeFood, maka Kamu dapat mendaftar melalui formulir Google Form secara online. Panduan dan langkahnya, sebagai berikut:

 

Untuk Kamu yang berada di area Jabodetabek, maka sebelumnya bisa langsung mendaftarkan diri sebagai mitra driver secara offline dengan datang langsung ke alamat Field Station Shopee di Jalan Cilandak KKO No. 1010 Ragunan Pasar Minggu (Bekas Restoran Padzzi). Namun, sekarang, Kamu hanya bisa mendaftar dengan cara mengisi formulir pendaftaran melalui halaman Google Form.

 

Pasca berhasil mengisi seluruh data pada formulir pendaftaran melalui halaman Google Form di atas. Kamu hanya perlu menunggu balasan atau jawaban dari pihak operator Shopee. Nantinya, pihak Shopee akan langsung mengirimkan undangan untuk proses pendaftaran lebih lanjut. Jadi, persiapkan saja dokumen yang akan diperlukan dan jangan sampai tercecer.

 

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Driver Shopee Food

Menurut Kami, sebelum mendaftar alangkah lebih bijak bila Kamu mengetahui terlebih dahulu tentang syarat dan ketentuan pendaftaran untuk jadi mitra ShopeeFood ini. Adapun syarat dan ketentuan pendaftaran untuk bisa aktif di aplikasi ShopeeFood adalah sebagai berikut:

1) Kewarganegaraan Indonesia;

2) Dalam kondisi sehat dan atau tidak sakit;

3) Harus bisa baca dan tulis;

4) Memiliki nomor hp valid dan ponsel dengan RAM minimal 2GB, berjaringan 4G LTE, dan kapasitas baterai besar;

 

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Menjadi Driver MrSpeedy Delivery

 

Bila Kamu sudah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan diatas, Kamu bisa langsung membuka link pendaftaran yang sudah disiapkan oleh marketplace Shopee. Kemudian silahkan mengisi formulirnya dengan sangat lengkap dan benar. Lalu, kirimkan dan selanjutnya tunggu jawaban dari pihak ShopeeFood untuk informasi proses pendaftaran berikutnya.

 

Dokumen Pendaftaran ShopeeFood Driver

Apa saja dokumen pendaftaran yang harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk bisa melakukan pendaftaran sebagai driver ShopeeFood ini? Sebenarnya dokumen pendaftaran ShopeeFood driver yang diminta untuk dipersiapkan adalah umum. Artinya tidak jauh beda dengan aplikator delivery lainnya, berupa:

1) KTP;

2) SIM C;

3) STNK dan Pajak Kendaraan;

4) SKCK (dapat menyusul);

5) Buku rekening tabungan bank (bisa BCA, Mandiri, BRI dan atau BNI atas nama sendiri (dapat menyusul);

 

Sesudah mempersiapkan seluruh dokumen diatas, dan telah pula mendapatkan respon atau informasi lebih lanjut mengenai proses untuk melanjutkan pendaftaran dari pihak Shopee. Kamu bisa langsung melampirkan dokumen-dokumen yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke pihak manajemen perusahaan Shopee.

 

Baca juga: Fitur Food Delivery Andalan Terbaru Ojol Anterin yang Buat Driver Jadi Untung

 

Mengenai syarat dan ketentuan layanan mitra pengemudi ShopeeFood dapat dilihat dan baca selengkapnya di laman https://shopee.co.id/docs/6971

 

Cara Daftar Shopee Food Merchant

Bagi kamu yang punya toko makanan atau warung minuman dan ingin mendaftarkan kuliner Kamu sebagai mitra merchant di ShopeeFood, inilah saatnya. Selain itu, Kamu juga dapat memasarkan produk makanan atau minuman kamu di ShopeeFood, sehingga akan bisa lebih dikenal dan memiliki jangkauan pasar lebih luas.

 

Adapun syarat yang harus dilengkapi untuk mendaftar jadi merchant ShopeeFood adalah:

 

a) Persyaratan untuk bentuk usaha perseorangan/individu:

*) KTP atau kitas;

*) SPPKP;

*) NPWPD;

*) Foto buku tabungan (bisa BCA, Mandiri, BRI dan atau BNI atas nama sendiri);

 

b) Persyaratan untuk bentuk usaha berbadan hukum:

*) KTP atau kitas;

*) SIUP / TDUP;

*) NPWP;

*) TDP / NIB;

*) Surat keterangan domisili;

*) Akte pendirian;

*) NPWP;

*) Foto buku tabungan (bisa nomor rekening BCA, Mandiri, BRI dan atau BNI atas nama sendiri);

 

Berikut cara daftar Shopee Food merchant:

1) Isi formulir pendaftaran merchant ShopeeFood yang telah disediakan melalui Google Form;

2) Tunggu formulir di proses oleh pihak Shopee;

3) Siapkan seluruh dokumen yang diminta sebagai syarat;

4) Pihak Shopee akan mengirimkan form surat perjanjian ke email pendaftaran merchant yang telah Kamu cantumkan di formulir pendaftaran;

5) Kirimkan dokumen yang telah disiapkan sebelumnya, dimana dokumen ini dalam bentuk softcopy yang dikirim melalui alamat email, serta dalam bentuk hardcopy yang nanti akan diserahkan ke alamat kantor Shopee;

6) Setelah disetujui, Kamu secara resmi sudah bisa langsung berjualan di ShopeeFood.

 

Sekedar tips dan sangat penting diingat, pihak aplikator ShopeeFood akan selalu memastikan bahwa data Mitra Pengemudi Shopee Food selalu sama dengan yang tertera di aplikasi. Mitra Pengemudi hanya diperbolehkan menggunakan kendaraan yang sesuai dan Mitra Pengemudi tidak bisa dan dilarang keras untuk memindahtangankan akun tersebut ke orang lain. Jika Kamu menemukan hal yang berbeda, dapat diinformasikan ke tim ShopeeFood dengan menghubungi Customer Service di 1500702 atau pusat bantuan di aplikasi.

 

Semoga informasi tentang bagaimana cara daftar Shopee Food driver dan merchant ShopeeFood yang Kami sampaikan dapat bermanfaat. Apabila ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan lebih lanjut bisa langung hubungi call center di nomor telepon 1500702.

3 thoughts on “Cara dan Syarat Daftar Shopee Food Driver dan Merchant”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *