Apresiasi Buat Gojek Atas Inovasi di Masa Pandemi Covid-19

Blog tripbisnis.com tagline ojek online hari ini, secara khusus mengapresiasi agresivitas Go-Jek atas sejumlah inovasi yang telah dilakukan oleh aplikator ojek online (ojol) ride hailing ini. Meski diketahui Angkutan Sewa Khusus (ASK) lain juga bersama dengan para mitra pengemudinya sudah berbuat terbaik melayani masyarakat yang terpaksa beraktivitas di luar rumah pada masa pandemi Covid-19.

 

Sebagaimana diketahui dan dirasakan, berbagai inovasi canggih dan terbaru yang dilakukan perusahaan aplikator Gojek dan para mitra pengemudi yang bisa memberikan kesempatan aman dan nyaman bagi para mitra untuk tetap produktif dalam bekerja. Namun, tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) sebagai langkah nyata mencegah penularan virus Corona.

 

Fitur aplikasi Gojek seperti layanan pesan antar makanan, pesan antar barang, pesan antar belanja rumah tangga dengan prioritas pembayaran secara nontunai (cashless) melalui Go-Pay, telah banyak berkontribusi membantu kebutuhan masyarakat khususnya di masa pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu.

 

Baca juga: Gojek Perkenalkan 5 Inovasi Terbaru di Awal Tahun 2021

 

Dalam catatan blog tripbisnis.com, GoJek yang merupakan platform aplikasi on-demand dan pembayaran digital mencatat kenaikan nilai transaksi per November 2020 di dalam platform Gojek group (Gross transaction value/GTV) telah berhasil mencapai USD12 miliar (sekitar Rp170 triliun). Posisi GTV ini meningkat 10% dibandingkan tahun 2019.

 

Kami melihat pencapaian Gross transaction value/GTV ini didorong adanya transaksi dari pengguna aktif bulanan (monthly active users) Gojek yang hingga saat ini telah mencapai 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara.

 

Baca juga: Tren Cloud Kitchen Solusi Ride Hailing di Masa Pandemi Covid-19

 

Peningkatan pendapatan Gojek yang signifikan ini didorong adanya digitalisasi merchant UMKM di masa pandemi, sehingga menjadi solusi komprehensif untuk pengusaha UMKM di berbagai skala bisnis, termasuk bagi yang baru pertama kali go-digital. Ekosistem merchant pun jumlahnya terus tumbuh hingga 80% menjadi 900 ribu merchant dari 500 ribu pada tahun 2019.

 

Selain itu, inovasi seperti penyediaan sekat pemisah, mendisinfeksi kendaraan, memakai masker dan menyediakan hand sanitizer, juga menjadi solusi agar Gojek sebagai transportasi berbasis aplikasi dapat izin tetap beroperasi mengangkut penumpang. Namun, harus tetap memperhatikan aspek kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, baik terhadap pengguna maupun mitra driver-nya.

 

Tentu, Gojek sebagai pihak aplikator akan senantiasa mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas shelter atau tempat bagi pengemudi untuk menunggu penumpang, agar aspek kesehatan dan keamanan bagi penumpang maupun pengemudi semakin terjamin. Seperti yang sudah beroperasi di stasiun terintegrasi Tanah Abang, Sudirman, Senen, dan Juanda.

 

Baca juga: Teknologi Geofencing Bisa Membuat Driver Ojol Tidak Dapat Order Bila Berkerumun

 

Blog ini juga mencermati, pembuatan shelter Gojek didukung adanya fasilitas dan desain yang bagus. Hal ini akan membuat para pengemudi bisa menunggu di tempat baik yang didukung fasilitas tempat dari pemerintah. Tak hanya itu, Gojek juga berupaya untuk memberikan hak yang sama dalam bekerja bagi para mitra pengemudi dengan kebutuhan khusus (disabilitas) agar tetap dapat bekerja di masa pandemi Covid-19.

 

Kemudian, lewat inisiatif yang terbaru, perusahaan ojek online Go-Jek menghadirkan 3 (tiga) inovasi terbaru, yakni: 1) Alat Perlindungan Driver GoRide; 2) fitur Komitmen Keamanan Terhadap Protokol J3K; dan 3) fitur Selfie Verifikasi Masker.

 

Nah, dengan adanya inovasi-inovasi yang terus dikembangkan dan diimplementasikan Gojek, sangat pantas apabila semua pihak berupaya memberikan confidence kepada masyarakat bahwa apa yang dilakukan pihak aplikator adalah sehat dan aman. Sehingga calon pengguna semakin yakin untuk menggunakan transportasi online dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *