Tips Keselamatan Berkendara Saat Puasa di Bulan Ramadhan

6 Tips Berkendara Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Saat ini, Kita telah memasuki bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah. Kita pun akan diperhadapkan dengan tantangan agar selalu aman berkendara saat berpuasa.

 

Artinya, walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, aktivitas sehari-hari tetap harus dijalankan sebagaimana mestinya. Mobilitas yang padat membuat aktivitas berkendara tetap dilakukan. Namun, perlu perhatian khusus karena dalam kondisi berpuasa.

 

Baca juga: Cara Sopir Taxi Online Atasi Kantuk Saat Menyetir

 

Sebagaimana diketahui, puasa dalam jangka waktu belasan jam dapat menyebabkan gula darah menjadi rendah dan kondisi tubuh pun mengalami dehidrasi. Keadaan ini membuat seseorang bisa lebih cepat merasa lelah, kurang konsentrasi menyetir, mengantuk, serta tidak sabaran (meningkat emosi) dalam berkendara.

 

Tips Keselamatan Berkendara Saat Puasa di Bulan Ramadhan

 

Tips Berkendara Yang Aman Saat Puasa

Ketika Kita tetap beraktivitas seperti biasa di saat puasa, maka ada pengaruh berbeda di dalam kebiasaan berkendara di jalan. Tingkat fokus dan kewaspadaan pun menjadi lebih berkurang. Tentu saja perlu kesadaran diri agar lebih ekstra hati-hati dalam nyetir kendaraan. Tujuannya untuk menjaga keselamatan diri sendiri maupun pengendara lainnya atau pun pengguna jalan.

 

Berikut 6 (enam) tips aman berkendara saat berpuasa dari blog tripbisnis.com:

 

1) Istirahat Cukup

Secara umum, tips berkendara saat puasa adalah pengemudi atau sopir harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Tidak dapat dipungkiri, dengan berbagai kesibukan yang ada pada saat ini sudah membuat Kita tidak punya banyak waktu untuk istirahat. Ditambah dengan aktivitas puasa satu bulan penuh, tentu sangat menguras waktu hingga jangan sampai istirahat tidak cukup baik.

 

Baca juga: Cara Sopir Go-Car Gojek Menjaga Emosi Saat Puasa

 

Menurut banyak ahli, jam tidur yang baik adalah 7 – 9 jam perhari. Tentu, istirahat yang tidak cukup membuat Kita akan mudah kehilangan konsentrasi dan fokus dalam berkendara. Kondisi ini sudah pasti sangat berbahaya bagi keselamatan berkendara. Oleh karena itu, pastikan Kamu mendapatkan istirahat yang cukup.

 

2) Asupan Gizi Terpenuhi Selama Puasa

Jangan pernah melupakan asupan makanan dan suplemen penting yang Kamu konsumsi dalam masa puasa. Gizi yang masuk ke dalam tubuh sebaiknya seimbang dan layak untuk memberikan tenaga ekstra dalam menjalani aktivitas sehari-hari dalam berpuasa. Konsumsi lah berbagai karbohidrat, sayur-sayuran, daging, dan buah-buahan setiap harinya.

 

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi susu dan suplemen penting lainnya agar semakin melengkapi gizi yang diperlukan tubuh selama puasa.

 

3) Hindari Berkendara Dengan Kecepatan Tinggi dan Manuver Mendadak

Tingkat konsentrasi yang lebih rentan membuat Kamu harus menyadari bahwa sebaiknya menghindari kecepatan tinggi dan manuver tiba-tiba selama berkendara. Tentu saja hal ini harus dilakukan dengan baik agar keselamatan bisa tetap terjaga sepanjang perjalanan.

 

Baca juga: Mitra Okejack Indonesia Harus Jadi Pelopor Taat Berlalu Lintas

 

Dalam kondisi tidak berpuasa pun, tindakan menyetir dengan kecepatan tinggi dan melakukan manuver tiba-tiba sudah berbahaya. Apalagi jika dilakukan dalam kondisi puasa. Pastinya jauh lebih berbahaya lagi.

 

4) Prioritas Lebih Memilih Transportasi Umum

Jika memang Kamu sedang merasa tubuh dalam kondisi kurang fit, karena berbagai macam hal. Misal mengantuk akibat istirahat kurang cukup. Namun, bila harus tetap bepergian, jangan ragu untuk lebih memilih transportasi umum, baik konvensional atau pun yang dapat di order secara online (misal ojek daring).

 

Pilihan ini jauh lebih baik daripada Kamu tetap memaksakan diri untuk berkendara padahal sedang tidak fit.

 

5) Tingkatkan Kesabaran dan Hati-Hati Dalam Berkendara

Dalam tips berkendara yang baik dan aman, Kamu harus menyadari bahwa tidak hanya diri mu saja yang sedang berpuasa. Pengendara dan pengguna jalan lain di sekitar Kamu pun tentunya sedang puasa juga. Oleh karena itu, Kamu sewajibnya tetap sabar dan hati-hati di jalan dalam berkendara.

 

Jika melakukan sebaliknya, yakni kurang sabar dan tidak berhati-hati, akibatnya bisa fatal atas keselamatan jiwa. Dampak buruknya tidak hanya akan menimpa diri sendiri, melainkan orang lain juga.

 

Baca juga: 6 Hal yang Wajib di Cek Pengemudi Maxim_Car

 

6) Cek Kondisi Kendaraan

Sebenarnya tidak hanya tubuh saja yang harus tetap fit. Kondisi mobil andalan Kamu pun juga wajib dalam kondisi prima. Jangan lupa untuk selalu melakukan service berkala di bengkel resmi pada setiap cabang. Kamu pun bisa melakukan booking service untuk mencari jadwal tepat menservis mobil.

 

Itulah ke-6 (keenam) tips berkendara yang baik dan aman saat puasa di bulan Ramadhan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Kamu yang lazim beraktivitas dengan membawa mobil sembari menunaikan ibadah puasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *