6 Hal yang Dipersiapkan Agar Bisnis Trip Efektif

Melakukan perjalanan bisnis ke satu tempat asing, terkadang tak bisa dihindarkan. Namun, sebagian orang merasa ragu memulai perjalanan bisnis, terutama bagi yang bepergian seorang diri. Meskipun begitu, selama Anda bisa menyiapkan persiapan yang tepat, maka dijamin melakukan perjalanan bisnis akan lancar dan target akan tercapai.

 

Sebagaimana diketahui, bisnis trip atau perjalanan bisnis terkadang bisa menjadi bagi pebisnis, terlebih bagi orang-orang yang memiliki jabatan tinggi di sebuah perusahaan besar, seperti CEO, Manager, Direktur, dan sebagainya. Tentu intensitas meeting ke luar kota akan menjadi agenda yang sering dilakukan.

 

Karena hal itulah yang mengharuskan Anda sering terbang ke luar kota bahkan ke luar negeri untuk melakukan bisnis trip. Lalu, hal apa saja yang harus dipersiapkan sejak awal agar bisnis trip produktif dan efektif? Blog tripbisnis.com akan mencoba memberi ulasan.

 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Bisnis Trip

 

1) Memahami Lokasi Yang Dikunjungi

Apabila Anda ingin melakukan bisnis trip, maka langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah memahami dengan baik setiap lokasi yang ingin Anda tuju. Umumnya, lokasi bisnis trip yang paling sering dikunjungi adalah kota-kota besar dan atau daerah sentra bisnis. Meskipun begitu, terkadang tidak semua kota mempunyai fasilitas publik yang lengkap dan memadai.

 

Terkait itu, sebaiknya Anda mulai mempelajari terlebih dahulu seluruh lokasi yang ingin dikunjungi. Mengapa? Karena, hal ini berkaitan erat dengan mobilitas Anda nantinya selama berada di kota yang dikunjungi tersebut. Tak hanya itu, guna memastikan bisnis trip yang dilakukan berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, maka pastikan lokasi tersebut aman untuk dikunjungi. Bila perlu lakukan pencari dengan menggunakan informasi yang terdapat dalam google maps, tentang restoran, atm, pom bensin, angkutan umum (taxi ataupun ojek), dan lain sebagainya.

 

2) Mengecek Kelengkapan Dokumen

Keberadaan dokumen perjalanan menjadi hal yang tidak boleh diabaikan sebelum melakukan bisnis trip. Apalagi bila Anda ingin melakukan bisnis trip keluar negeri, maka pastikan tiket pesawat, paspor, visa bisnis, rencana perjalanan, jadwal, agenda pertemuan, surat perintah perjalanan dinas, dan dokumen kesehatan, dan KTP sudah Anda siapkan sejak awal. Hal ini penting dipersiapkan agar dokumen penting tersebut tidak tercecer dan jadi penghambat melakukan perjalanan bisnis.

 

Selain itu, pastikan Anda sudah punya referensi dalam memilih maskapai penerbangan terbaik yang digunakan. Misal memilih armada Garuda Indonesia. Apalagi saat ini untuk melakukan check in tiket pesawatnya sudah bisa Anda lakukan secara online di situs Travel. Untuk melakukan check in Online Garuda Indonesia di situs Travel juga terbilang mudah dan Anda hanya perlu mengikuti seluruh langkah untuk melakukan check in.

 

Baca juga: Indonesia dan Jepang Buka Trip Bisnis

 

Selain itu, Anda juga harus sudah memiliki referensi tentang angkutan yang bisa digunakan dari bandara ke hotel tempat menginap maupun ke lokasi yang menjadi tempat dilakukannya meeting. Angkutan ini bila kategori angkutan umum ataupun transportasi online berbasis aplikasi, misalnya Gojek, Indriver, Grab, Okejek dan Maxim.

 

3) Menyiapkan Materi Presentasi

Melakukan bisnis trip memang ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan matang agar efektif dan produktif, salah satunya adalah mempersiapkan materi presentasi secara lengkap. Ingat, materi presentasi menjadi hal penting yang perlu Anda persiapkan dengan baik dan sempurna. Pasalnya materi presentasi ini akan disampaikan kepada calon klien yang menjadi target bisnis Anda.

 

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyusun materi presentasi sejak jauh hari dan juga mendiskusikan dengan para tim ahli di tempat Anda bekerja. Selain itu, jangan lupa membawa laptop, serta gawai penting lainnya untuk memperlancar dan mempermudah seluruh kegiatan bisnis yang dilakukan.

 

4) Membawa Pakaian Seperlunya

Agar bisnis trip yang dilakukan berjalan lancar dan aman, pastikan Anda membawa pakaian (ganti dan kerja) seperlunya saja. Selain itu, prioritaskan membawa pakaian formal, sebab saat melakukan bisnis trip kemungkinan Anda akan lebih banyak menghadirkan pertemuan bisnis resmi dengan para klien. Meskipun begitu, Anda juga harus membawa beberapa pakaian kasual untuk bisa dikenakan saat menghadiri berbagai jamuan santai di sela-sela agenda bisnis trips.

 

Baca juga: Maksimalkan Bisnis Trip ke Medan Dalam 2 Hari, Buat Aja Jadwal Ini

 

Melakukan bisnis trip memang perlu persiapan matang. Untuk itu, ada baiknya Anda meminta seluruh daftar kegiatan selama melakukan bisnis trip. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda memilih barang-barang yang penting untuk dibawa saat bisnis trip.

 

5) Memilih Penginapan Yang Tepat

Memang, melakukan bisnis trip tidak seenak melakukan liburan. Bahkan, kemungkinan Anda akan sangat lelah menjalankan seluruh agenda saat bisnis trip. Mengapa? Karena meeting bisa saja berlangsung mulai dari pagi sampai malam. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memilih penginapan yang tepat dan nyaman untuk Anda tempati. Bila penting ada tempat untuk bersantainya, misal kolam renang, sarana olah raga, ruang massage and spa, dan sebagainya yang bisa membuat Anda rileks.

 

Pastikan Anda memilih tempat kamar hotel tempat menginap yang dekat dengan fasilitas publik, termasuk transportasi umum. Mengenai tempat menginap yang tepat dan nyaman, Anda bisa dengan mudah menemukannya melalui situs-situs tour & travel. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi tentang penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ingin dikeluarkan.

 

Baca juga: Melihat Potensi Ekonomi Jasa Open Trip di Medan

 

6) Membawa Smartphone

Smartphone bisa jadi hal yang sangat berguna saat business trip. Dengan smartphone, Anda tak perlu lagi menggunakan buku peta, ketika melakukan perjalanan. Jika terdapat kendala memahami bahasa di suatu tempat yang sedang dikunjungi, maka dengan smartphone, Anda pun tidak perlu repot lagi untuk membawa kamus agar tidak mengalami lost in translation.

 

Silakan terlebih dahulu mengunduh 4 aplikasi gratis di Google Play Store agar business trip Anda semakin menyenangkan dan tak terlupakan. Aplikasi tersebut adalah: a) Google Maps; b) Aplikasi Google Translate; c) Fitur Google Now; dan d) Google Play untuk mengusir rasa bosan.

 

Tapi, jangan lupa untuk mengisi pulsa telepon dan juga kuota internet agar tidak kelabakan mengisi ulang. Khusus untuk business trip ke luar negeri, seluruh akses telekomunikasi dan internet harus dipastikan bisa diakses (sudah dibuka akses internasional roaming).

 

Semoga ke-6 hal yang dipersiapkan agar bisnis trip berjalan efektif, produktif dan aman di atas dapat membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *