5 Inovasi Terbaru Gojek Tahun 2021

Pandemik menyebabkan pendapatan total Go-Jek, mitra merchant dan driver nya menurun sangat signifikan di tahun 2020. Sebagai satu perusahaan transportasi online ride hailing yang terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara, mau tak mau harus agresive berinovasi menghadirkan fitur terbaru khususnya sebelum kekebalan komunitas terbentuk akibat Covid-19.

 

Memang benar, tripbisnis.com melihat Gojek super app di 2020 masih yang terdepan di Asia Tenggara dalam menghadirkan beragam inovasi dan inisiatif berbasis J3K (jaga kebersihan, kesehatan, dan keamanan) untuk membantu konsumen beradaptasi selama pandemi Covid19.

 

Artinya, Gojek telah jadi pioner menghadirkan beragam inovasi pada layanan transportasi online-nya agar tetap menjadi andalan masyarakat. Tentu hal ini muncul dari visi dan adanya komitmen nyata untuk menghadirkan berbagai inovasi terbaru dalam mendukung produktivitas yang dilakukan secara responsif dan komprehensif,
sekaligus meminimalkan kecemasan masyarakat yang masih harus hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19.

 

Pasca suksesnya Go-Food dan Go-Send menjadi penyeimbang pendapatan yang menurun akibat pandemi, maka terkait strategi di 2021, tripbisnis.com melihat Go-Jek mulai memperkenalkan inovasi terbaru dalam bentuk teknologi maupun non-teknologi. Salah satunya adalah fitur untuk menjadwalkan pesanan layanan transportasi yang dapat disesuaikan dengan ragam bisnis atau kebutuhan lainnya.

 

Baca juga: Cloud Kitchen Solusi Tren Ride Hailing Saat Pandemi Covid-19

 

Ragam inovasi teknologi terbaru ini sebagai satu bentuk fitur yang mendukung masyarakat agar dapat bepergian dengan lebih cepat, aman, dan nyaman akibat terpaksa beraktivitas di luar rumah. Adapun ragam inovasi terbarukan yang siap dihadirkan perusahaan ride hailing Gojek menghadapi tahun 2021, baik dalam bentuk teknologi maupun non-teknologi di antaranya adalah:

 

1) GoCorp

Fitur ini dihadirkan Go-Jek sebagai satu solusi dan jawaban atas kebutuhan pada layanan perjalanan bisnis yang aman dan nyaman dengan biaya yang rasional. Kami lihat ini merupakan satu terobosan di masa pandemik, dimana perkantoran masih menjadi destinasi utama masyarakat hingga Gojek melihat prospek order ada disana.

 

Tentu melalui layanan Go-Corp, Gojek berharap masyarakat pelaku korporasi yang terpaksa beraktivitas ke kantor atau melakukan meeting dapat lebih efektif melakukan perjalanan bisnis yang aman, nyaman, mudah digunakan, dengan biaya yang rasional.

 

2) GoGreener

Fitur Go-Jek ini adalah sebagai solusi dan jawaban atas adanya komitmen di dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

 

Jadi, tripbisnis.com mencermati bahwa layanan Go-Greener ini merupakan inisiatif Go-Jek yang bertujuan untuk memudahkan konsumen, mitra merchant, dan mitra driver menjalani gaya hidup ramah lingkungan. Aplikasinya melalui uji coba kendaraan listrik, carbon offset, serta uji emisi kendaraan bermotor sebagaimana sudah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terlibat langsung dalam uji emisi kendaraan bermotor.

 

Baca juga: Gojek Investasi Rp2,25 Triliun di Bank Jago 

 

GoGreener Carbon Offset merupakan fitur di dalam aplikasi Gojek yang sangat memudahkan pengguna secara sukarela menyerap jejak karbon (carbon footprint) yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari, misal melalui penanaman pohon di berbagai wilayah konservasi di Indonesia yang disesuaikan dengan pilihan pengguna.

 

3) GoTransit

Layanan Go-Transit ini akan dihadirkan lebih canggih lagi untuk menjamin perjalanan yang makin efisien. Kehadiran GoTransit merupakan solusi untuk merencanakan perjalanan, hingga mengambil keputusan secara sistematis mengenai moda transportasi yang akan dipilih pelanggan langsung dalam Gojek super app.

 

Aplikasi Go-Transit ini dapat memberikan layanan dan perencanaan perjalanan yang lebih efisien karena memungkinkan tiap pengguna untuk: a) memantau perjalanan melalui rekomendasi rute terintegrasi; b) membandingkan harga moda transportasi publik sesuai kebutuhan; c) memilih rute perjalanan paling efisien; d) memberikan estimasi waktu total perjalanan, serta e) melihat jadwal operasional transportasi publik yang ada.

 

Baca juga: 9 Strategi Jitu Bikin Apk Gojek Driver Gacor

 

Tripbisnis.com menilai adanya terobosan baru berupa fitur apk GoTransit ini akan dapat membantu pengguna untuk memperkirakan berapa lama dirinya akan melakukan perjalanan di luar rumah, sehingga dapat semakin produktif dan meminimalisir kemungkinan terpapar virus.

 

Inisiatif melahirkan Go-Transit diharapkan mampu menjawab kebutuhan terkait simpul-simpul transportasi publik yang seringkali sulit untuk dijangkau masyarakat. Selain itu, dapat juga menjadi alternatif moda transportasi yang mengutamakan faktor keamanan, kesehatan, dan kenyamanan selama pandemi.

 

4) Fitur Zona NyAman J3K

Memang sebelumnya Gojek telah menghadirkan inisiatif penerapan J3K yang bebas biaya tambahan. Tentu penerapan J3K ini telah menjadikan Gojek sebagai satu perusahaan transportasi online unggul dalam beradaptasi dengan pola dan kebiasaan baru masyarakat selama pandemi Covid19.

 

Nah, untuk memperkuat inovasi J3K ini akan diluncurkan strategi baru dalam rangka memperkokoh zona nyaman J3K sebagai standar baru titik penjemputan transportasi online yang akan diberlakukan Go-Jek. Komitmen nyata ini diwujudkan dengan memperluas distribusi dan memantau ragam kebutuhan di lapangan demi menghadirkan solusi yang tepat guna bagi pengguna maupun mitra driver di masa pandemik.

 

Caranya dengan meningkatkan jumlah alat perlindungan driver dalam bentuk sekat pelindung dan J3K Shield (pelindung wajah tambahan untuk helm) di lapangan. Selain itu, Gojek juga akan memperbanyak titik Zona NyAman J3K yang tersebar di puluhan stasiun dan pusat perbelanjaan maupun tempat hiburan.

 

Baca juga: Cara Membayar Gojek Memakai LinkAja

 

Nah, lewat inisiatif ini, tripbisnis.com melihat Gojek sangat agresive dengan mengerahkan upaya maksimal agar para pengguna dapat menunggu armada ojek motor GoRide dan taxi online GoCar Instan dengan aman dan nyaman. Tentu dengan konsisten menerapkan protokol pengukuran suhu tubuh, antrian berjarak, pembagian masker, hairnet, dan hand sanitizer.

 

Zona nyaman J3K juga dilengkapi dengan desinfeksi helm dan pegangan pintu mobil, serta tempat penitipan helm pribadi. Penyempurnaan inovasi di zona nyaman J3K tentu akan terus dilakukan seiring dengan kebutuhan pengguna, dan menjadikannya sebagai titik penjemputan pertama di industri yang menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat sebagai wujud pencegahan virus.

 

5) Fitur Lainnya Bagi Masyarakat yang Terpaksa Bepergian

Selain ke-4 fitur unggulan diatas, Gojek juga akan terus menghadirkan ragam fitur dan inovasi canggih yang bertujuan untuk mendukung aktivitas masyarakat yang terpaksa bepergian agar dapat lebih cepat, aman, dan nyaman.

 

Dalam pengamatan blog tripbisnis.com, fitur yang strategis memperkokoh jaringan korporasi bisnis Go-Jek, di antaranya adalah: a) fitur pembayaran parkir dan tol tanpa cash; b) fitur untuk menjadwalkan pesanan Go-Ride dan Go-Car; c) fitur untuk melakukan perubahan titik jemput; d) fitur untuk menyimpan alamat; serta e) fitur layanan transportasi yang lebih personal dan disesuaikan dengan kebiasaan tiap pengguna.

 

Baca juga: Isu Merger Gojek Tokopedia, Mau Jadi Bisnis Seperti Apa

 

Nah, dengan komitmen Gojek yang terus memperkuat fitur dan menghadirkan beragam inovasi terbarukan di tahun 2021 akan berhasil unggul dan menjadi pilihan utama moda transportasi ride hailing selama masa pandemi dan adaptasi kebiasaan baru.

 

Inisiatif melahirkan apk Go-Transit diharapkan mampu menjawab kebutuhan terkait simpul-simpul transportasi publik yang seringkali sulit untuk dijangkau masyarakat. Selain itu, dapat juga menjadi alternatif moda transportasi yang mengutamakan faktor keamanan, kesehatan, dan kenyamanan selama pandemi.

 

Tentu, dalam wujud untuk kebaikan bersama maka peluncuran ke-5 inovasi Gojek di 2021 ini harus didukung dan berkolaborasi dengan banyak pihak yang menjadi pemangku kepentingan seturut dengan ragam kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. Tripbisnis.com melihat inovasi dan inisiatif yang secara konsisten dikembangkan dan dihadirkan oleh Gojek dapat menciptakan layanan transportasi online yang lebih tangguh dan terus menjadi andalan masyarakat di tahun 2021, terutama membuka lowongan kerja dan peluang usaha kecil dan menengah, seperti cloud kitchen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *