Aplikasi Kurir Online Indonesia

16 Aplikasi Kurir Online Terbaik di Indonesia

Bisnis jasa kurir yang dirintis oleh perusahaan berbasis aplikasi online semakin marak beroperasi di Indonesia. Perusahaan ojek online atau ojol pun tak mau ketinggalan berebut keuntungan di pasar pengiriman logistik lokal, antar kota maupun ke luar negeri.

 

Seiring kemajuan teknologi digital dan orientasi bisnis konvensional banyak yang beralih ke e_commerce, memungkinkan siapa pun untuk melakukan transaksi jual beli secara online, kapan dan di manapun. Demikian dengan permintaan akan ekspedisi sebagai pemberi layanan pengiriman barang ikut berinovasi untuk membantu masyarakat dan mendukung e_commerce berkembang pesat.

 

Tercatat, ada banyak perusahaan ekspedisi daring atau kurir online yang berdiri di Indonesia. Siapapun bisa dengan mudah memilih jasa kurir mana yang ingin di pakai guna mengirimkan barang pesanan ataupun dokumen penting lainnya.

 

Guna mempermudah konsumen dalam melacak status pengiriman barang, misal di mana kendaraan kurir berada atau barang sudah sampai di warehouse atau tidak, maka inovasi GPS di aplikasi kurir online pun dihadirkan.

 

Aplikasi Kurir Online Indonesia

 

Menurut tripbisnis.com, aplikasi kurir online yang terbaik dan recommended untuk digunakan masyarakat pengguna via smartphone di Indonesia, adalah sebagai berikut:

 

1) Gojek

Perusahaan ini adalah pelopor lahirnya ojek online di Indonesia. Gojek berkembang dengan sangat cepat, dan saat ini sudah menjadi perusahaan level decacorn. Mulanya Gojek hanya menyediakan layanan pemesanan ojek penumpang secara online, tapi kini merambah ke jasa transportasi on demand, pembayaran digital via gopay, serta dijuluki sebagai super aplikasi.

 

Di aplikasi gojek juga tersedia layanan pengiriman barang melalui Go-Send dan GoBox. Pengguna Gojek pun bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengirim barang ke suatu lokasi yang tentu penggunanya.

 

Dengan order Gosend, proses pengiriman bisa dilakukan dari pintu ke pintu dan dalam hitungan jam barang langsung sampai ke tangan penerima. Sangat praktis dan efisien buat orang-orang yang ingin mengirim barang atau dokumen tanpa memakan waktu yang lama untuk barang sampai di lokasi tujuan. Jadi wajar bila masyarakat Indonesia memilih Gosend untuk layanan kurir online di berbagai aktivitas.

 

2) Grab

Rival terbesar Gojek ini, juga menawarkan layanan antar kirim barang dengan berbagai variasi. Layanan yang diberi nama Grab-Express, bisa menjadi andalan Kamu yang sedang membutuhkan jasa pengiriman barang.

 

Aplikasi ojek kurir online yang satu ini, memiliki fitur untuk bisa melacak keberadaan barang yang sedang di kirim beserta dengan estimasi waktu kapan barang tersebut sampai di tujuan.

 

3) Maxim

Perusahaan ojol asal Rusia ini, seakan tak mau kalah. Maxim ojol juga menawarkan jasa pengiriman barang yang diberi nama Maxim delivery dan Maxim Kargo. Pelanggan Maxim hanya perlu menunggu hingga kurir datang menjemput barang, lalu barang akan dikirimkan ke tempat tujuan.

 

Baca juga: Cara Memesan Transportasi Pengiriman Barang di Aplikasi Maxim

 

Pelanggan dapat mengirimkan barang jenis apapun dengan cara memberikan keterangan jenisnya di fitur preferensi yang terdapat pada aplikasi, lalu kurir barang akan mengambil pesanan pelanggan berdasarkan barang yang akan dikirim yang sesuai dengan jenis kendaraan yang mereka miliki.

 

Tarif pengantaran pun dimulai dari harga Rp3000,-/km dan akan diakumulasi secara total sesuai dengan jarak lokasi pengantaran yang di order.

 

4) Kantor Pos

Jauh sebelumnya menjamurnya jasa penyedia layanan antar kirim barang online, Kantor Pos sudah lebih dulu beroperasi sebagai perusahaan penyedia layanan kirim surat, dokumen, maupun barang.

 

Tentu Kantor Pos punya reputasi yang sangat baik. Layanannya pun sudah mengikuti trend bisnis 4.0, dimana aplikasi Kantor Pos sudah bisa di unduh dan support dengan berbagai hp pintar untuk digunakan dalam hal mengirim barang melalui pemesanan online.

 

Bagi Kamu yang ingin menggunakannya, kini telah tersedia di Play Store, dan menurut tripbisnis.com aplikasi Kantor Pos punya user interface yang cukup baik, sehingga pengguna awam tak akan kesulitan saat mengakses aplikasi Kantor Pos.

 

Melalui aplikasi Kantor Pos, Kamu juga bisa melacak status barang atau dokumen yang di kirim. Tak hanya itu, bisa juga mendapatkan informasi lengkap tentang tarif pengiriman barang. Satu keunikan aplikasi ini adalah dapat mengetahui kode pos suatu wilayah, dan tarif pengiriman terkenal sangat murah di banding perusahaan kurir lain.

 

5) InDriver

Perusahaan ojol yang berkantor pusat di Mountain View, California AS ini, sejak 1 April 2021 meluncurkan layanan InDriver delivery untuk memenuhi kebutuhan pasar pengiriman barang di Indonesia.

 

Memang layanan kurir, baik motor dan mobil yang ditawarkan InDriver ojol masih di 9 (sembilan) kota saja. Yaitu Bandung, Batam, Manado, Medan, Palembang, Pematang Siantar, Purwakarta, Sukabumi dan Surabaya.

 

Baca juga: Memperluas Pasar, InDriver Tambah App Layanan Jasa Kurir

 

Bila diperhatikan, kini apk inDriver khusus penumpang terdapat 4 layanan yang saling melengkapi dan siap di order, yaitu: 1) perjalanan (mobil); 2) sepeda motor; 3) antar kota, dan yang terbaru; 4) kurir.

 

InDriver express menghadirkan fitur Real Time Deals (RTD). Penambahan fitur ini memungkinkan para pemesan jasa kurir untuk menentukan besaran tarif per trip yang akan mereka bayar. Ditambah, ada fitur men share lokasi GPS dan memberikan informasi perjalanan dalam waktu yang nyata dari aplikasi inDriver dengan kontak yang terpercaya. Serta tombol darurat khusus yang akan mengkoneksikan pengguna secara langsung dengan lembaga penegak hukum jika terjadi keadaan darurat di jalan.

 

6) Etobee

Aplikasi Etobee, memungkinkan penggunanya untuk mengirim barang tanpa harus pergi ke drop point perusahaan jasa pengiriman barang.

 

Etobee hadir menawarkan fitur unik, dimana Kamu bisa memanggil kurir ke rumah untuk menjemput barang yang ingin di kirim. Pilihannya pun beragam, rata-rata perusahaan yang join adalah perusahaan jasa logistik yang mempunyai rating baik di Indonesia.

 

Untuk menikmati fitur tersebut, Kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Caranya cukup gampang, cukup dengan mengikuti seluruh langkah yang tersaji di halaman depan aplikasi. Jika sudah selesai, fitur tersebut pun bisa anda nikmati.

 

7) Lalamove

Merupakan sebuah aplikasi pengiriman instan yang mempermudah pengguna untuk melakukan pemesanan kurir melalui aplikasi di hp atau website.

 

Lalamove memiliki fitur pengiriman door to door (pintu ke pintu) untuk mempermudah pengiriman dan memastikan mitra pengemudi Lalamove langsung bertemu dengan pengirim dan penerima barang saat pengiriman sedang dilangsungkan, khususnya untuk pengiriman ke gedung, apartemen, dan lainnya.

 

Layanan Lalamove mencakup armada motor, MPV, van, pickup bak, pickup box, dan truk engkel. Selain itu, mitra pengemudi driver menerima 80% dari pembagian hasil dimana merupakan hampir sebagian besar adalah hasil yang didapatkan dari biaya pengiriman.

 

Baca juga: Lalamove Aplikasi Kurir Online Banyak Untung

 

Di aplikasi web Lalamove, terdapat fitur optimasi rute yang dapat dikombinasikan dengan fitur multi-stop. Fitur ini sangat memudahkan bisnis untuk melakukan banyak pengiriman di saat bersamaan dengan rute dan harga yang paling efektif dan efisien.

 

Kurir Lalamove diperlengkapi Lalabag (tas termal untuk barang sensitif terhadap suhu), layanan pembelian, multi-stop, multi-order, perjalanan pulang – pergi, jasa pengangkut dan yang lain-lain.

 

8) JNE

Buat Kamu yang lazim berbelanja online di berbagai marketplace, nama JNE tentu tak asing lagi di telinga. JNE merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan jasa antar kirim barang yang paling terkenal di Indonesia.

 

Perusahaan ini sudah hadir sebelum menjamurnya ecommerce, dan kini JNE telah menghadirkan sebuah aplikasi yang memungkinkan para pengguna untuk melacak status barang yang dikirim maupun yang akan diterima.

 

Tak hanya itu, Kamu bisa memanfaatkan aplikasi JNE untuk mengecek tarif pengiriman dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Agar lebih praktis dan cepat, proses pengecekan nomor resi JNE akan lebih mudah dilakukan melalui aplikasi di hp daripada harus membuka website resminya.

 

9) MrSpeedy

MrSpeedy adalah platform online untuk pemesanan jasa pengiriman cepat ataupun same day delivery untuk pengiriman dokumen, bunga, kue, makanan dan kebutuhan lainnya.

 

Layanan jasa logistik ini, dikenal dengan biaya yang sangat kompetitif dan adanya bantuan 24 jam dari call center MrSpeedy. Intinya, Mrspeedy siap menjadi mitra pengiriman cepat untuk membantu usaha siapapun.

 

Baca juga: Lowongan Kerja MrSpeedy Kurir di Kota Medan

 

Selain itu dengan platform kurir online ini, siapa saja yang memiliki kendaraan dan waktu luang bisa mempunyai penghasilan tambahan dengan menjadi mitra kurir di Mrspeedy.

 

Pengguna bisa menggunakan aplikasi via smartphone ataupun langsung pesan dari website untuk melakukan pemesanan jasa pengiriman. Caranya, cukup memasukan alamat penjemputan dan alamat tujuan untuk melihat total biaya.

 

Sistem Mrspeedy akan mencari kurir dengan rating terbaik dan yang paling dekat dengan alamat penjemputan. Kurir driver akan menghubungi Kamu untuk konfirmasi dan mengirim ke alamat tujuan dengan cepat dan aman.

 

10) 21Express

Satu perusahaan penyedia layanan antar kirim barang yang menghadirkan aplikasi untuk bisa melacak status barang datang.

 

Nama perusahaan jasa logistik ini cukup asing ditelinga. Namun, 21Express sudah berdiri lebih dari dua dekade dan dipercaya banyak konsumen untuk antar kirim barang.

 

Seiring berkembangnya teknologi digital, 21Express pun tak mau kalah dari pesaingnya. Guna memudahkan konsumen, 21Express pun kemudian hadir dengan aplikasi yang bisa diunduh di berbagai hp pintar.

 

Tak jauh beda dengan aplikasi khusus kurir online lainnya, pengguna di 21Express bisa melacak keberadaan barang mereka melalui aplikasi dan mengetahui tarif untuk mengirim barang ke destinasi tujuan tertentu.

 

11) Okejek

Salah satu perusahaan aplikasi karya anak bangsa yang memberikan layanan ojek, antar barang, dan delivery makanan on demand, murah, dan aman. Namun, khusus untuk layanan antar benda atau kurir hanya menggunakan transportasi roda 2 atau dengan motor.

 

Baca juga: Cara Mudah Daftar Jadi Driver Okejek

 

Setelah pesan layanan kurir dilakukan, aplikasi Oke Jack memberikan informasi terkait driver terdekat yang akan mengambil order pengiriman barang. Kamu pun dapat melakukan pelacakan lokasi driver. Barang akan diambil pada lokasi penjemputan kemudian diantarkan ke penerima dengan cepat dan aman dengan tetap dapat dipantau melalui aplikasi.

 

12) J&T Express

Selain JNE, J&T Express adalah perusahaan antar kirim barang yang paling digemari masyarakat. Perusahaan ini sudah menjadi jasa ekspedisi andalan untuk antara kirim barang. Ditambah, J&T Express mempunyai layanan dan reputasi yang terbilang baik.

 

Aktivitas melacak keberadaan barang dan atau mengetahui tarif pengiriman barang, semua bisa dilakukan di aplikasi J&T Express. Aplikasi J&T Express ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store maupun App Store.

 

13) Anterin

Platform ini dikenal baik sebagai ojek online murah, taxi online murah, pengiriman barang murah, pengantaran aman dan nyaman. Saat ini Anterin baru memiliki 4 (empat) layanan berupa: Anterin Motor, Anterin Mobil, Anterin Express, Anterin Truk.

 

Mirip dengan aplikator pesaingnya di sektor transportasi berbasis permintaan, tiga layanan yang berkaitan dengan jasa pengantaran produk, adalah pengantaran makanan yang bakal, fresh delivery, dan last mile delivery.

 

Baca juga: Food Delivery Andalan Anterin, Siap Untungkan Pengemudi

 

Platform Anterin memungkinkan pengemudi menentukan harga sesuai preferensi mereka, namun terlebih dulu membayar biaya langganan. Sementara, konsumen juga diperbolehkan memilih pengemudi sesuai harga, jenis kelamin, jenis kendaraan, dan tipe motor.

 

14) Paxel

Perusahaan jasa logistik ini masih tergolong baru. Aplikasi Paxel bisa Kamu gunakan jika membutuhkan jasa antar kirim barang super cepat.

 

Perusahaan Paxel logistik, mengklaim barang akan sampai dalam hitungan jam saja. Jadi, aplikasi khusus kurir online yang satu ini sering melakukan promosi sehingga sangat cocok bagi anda yang membutuhkan jasa antar kirim barang dengan tarif murah.

 

15) Deliveree

Merupakan satu perusahaan teknologi yang hadir untuk memudahkan konsumen dalam aktivitas mengirimkan barang, khususnya untuk keperluan bisnis seperti pengiriman cargo dan ekspedisi. Platform Deliveree dirancang juga dapat melayani pengiriman barang untuk keperluan pribadi, seperti pindahan rumah dan pindahan kantor.

 

Di bawah bendera PT Angkut Teknologi Indonesia, Deliveree hadir melayani beragam korporasi, UKM, dan bahkan individu untuk kebutuhan transportasi barang dengan armada yang lebih dari 30.000 truk dengan ribuan pemesanan harian di seluruh Indonesia.

 

Volume tinggi untuk jasa logistik, telah memungkinkan Deliveree untuk memilih tawaran terendah dari vendor truk dan menawarkan harga paling terjangkau kepada pelanggan.

 

16) SAP

SAP Express merupakan platform jasa pengiriman dengan jangkauan cash on delivery (COD) terluas hingga ke pelosok desa di seluruh Indonesia.

 

Aplikasi SAP Express mendukung dan melancarkan pergerakan ekonomi dari sisi usaha masyarakat, terlebih bisnis yang dilakukan secara online, dengan cara membantu pengiriman barang dengan area coverage lebih dari 6000 kecamatan.

 

Selain itu, pengguna juga dapat mempercayakan SAP Express sebagai kurir untuk penjualan dengan metode COD di Clodeo. Dengan mengintegrasikan akun Clodeo Kamu dengan SAP Express, maka secara otomatis resi pengiriman akan muncul. Kamu bisa memilih cara pengantaran paket untuk melakukan pickup atau drop off paket.

 

Nilai minimal barang COD adalah Rp25000 dan maksimal Rp15000000. Di mana, penagihan ongkos kirim COD dilakukan oleh Clodeo yang dipotong langsung dari pencairan dana COD. Pengguna tidak akan mendapatkan tagihan ongkos kirim dan dana COD yang diterima oleh pengguna adalah dana bersih yang telah dipotong fee dan ongkos kirim.

 

Itu dia 16 (enam belas) aplikasi kurir online terbaik yang tripbisnis.com ulas. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan satu rekomendasi untuk mengatasi kebutuhan jasa logistik di Indonesia, baik untuk pengiriman dalam partai kecil maupun besar.

 

*) Catatan: nomor urut adalah pemanis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *