14 Tips Touring atau Traveling Murah Saat Nataru Ala Driver Ojol

Libur panjang edisi perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, tak boleh terlewat begitu saja. Terutama bagi mitra driver ojol yang gemar jalan-jalan, baik itu yang akan melakukan traveling atau pun touring ke berbagai lokasi wisata nan eksotis menggunakan motor.

 

Memang urusan hobi jalan-jalan ini, pasti hampir semuanya ingin sekali liburan, apalagi bagi yang sibuk bekerja. Selain itu, hobi jalan-jalan juga tidak tergantung pada tampilan seseorang apakah terlihat mewah (glamor) atau biasa. Karena driver ojol yang suka touring atau pun traveling masih bisa memilih satu cara/tips hemat agar dapat menyalurkan hobi-nya tersebut. Misalnya traveling/touring yang lazim dilakukan para backpacker.

 

Menembus batas wilayah dan menyambangi tempat baru dengan motor kesayangan memang jadi aktivitas trip yang mengasyikkan bagi para driver ojol. Meski menyenangkan, touring sekaligus traveling saat libur Nataru juga memerlukan persiapan matang agar aman. Selain untuk menunjang kenyamanan, mempersiapkan diri dapat menghindarkan dari hal-hal yang tak diinginkan.

 

Rutinitas para driver ojek online Grab, Gojek, Maxim, InDriver dan Okejek tentu membutuhkan refreshing agar tubuh tetap fit dan pikiran bisa lebih fresh atau jernih. Namun, ketika long weekend atau libur panjang tiba seperti libur Nataru, kadang jadi suka berpikir mau liburan kemana akhir tahun ini. Kalau pergi liburan duit bisa habis, kalau mau hemat ya mending di rumah aja.

 

Apalagi kalau orderan sepi atau akun gagu, kebanyakan driver lebih memilih untuk narik aja atau hanya menghabiskan waktu liburan di rumah aja, biar uang tidak habis. Nah harus di ketahui, ternyata ada cara traveling atau touring hemat, yaitu dikenal dengan cara backpacker.

 

Baca juga: Tempat Wisata Anti Bokek di Sumut

 

Tips dan trik ala ojol backpacker agar bisa traveling/touring aman dan berbiaya murah:

 

1) Cari Teman

Pergi bersama teman driver ojol lain, bisa mengurangi dana saat kamu akan merealisasilan hobi jalan-jalan ini. Kok bisa? Hal ini, karena selama perjalanan kamu bisa berbagi pengeluaran. Misalnya biaya penginapan/hotel, uang bensin, makanan/minuman, dan lain-lainnya. Apalagi bagi kamu yang suka kuliner, kamu bisa berbagi makanan dengan menu yang berbeda, karena kamu bisa saling icip-icip makanan dengan driver lain.

 

2) Hubungi Kenalan

Hal yang paling menguntungkan adalah memiliki kenalan atau teman di berbagai daerah:yang menjadi tempat tujuan wisata. Karena ketika kamu pergi kesuatu tempat, bisa jadi ikut menginap di rumah temanmu. Selain itu juga, temanmu bisa memberi tahu tentang rute dan transportasi ke tempat yang kamu ingin kunjungi. Jadi bisa membantu agar tidak tersesat di sana. Namun, andaikan temanmu belum bisa memberikan tumpangan untuk menginap, minimal kamu bisa bersilaturahmi dengannya. Karena silaturahmi dapat memperpanjang umur dan memperluas rejeki.

 

3) Pemilihan Jaket

Penggunaan jaket sangat dibutuhkan, tapi tidak semua jaket sesuai untuk digunakan. Jadi, pilih yang memiliki material tebal dan dapat menutupi tubuh hingga ke bagian leher, pergelangan tangan dan pinggul. Sebaiknya memakai jaket yang mempunyai sistem proteksi. Jaket yang desainnya menutupi anggota tubuh sangat bermanfaat untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan.

 

4) Helm

Saat touring dan menuju tempat traveling, helm yang digunakan harus memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), baik helm half face maupun full face yang disesuaikan ukurannya dengan kepala pengendara. Bagian helm yang tak kalah penting adalah tali pengikat beserta pengancingnya.

 

5) Pakaian Ganti dan Sepatu Proporsional

Perlengkapan ini bertujuan mengantisipasi kondisi jalan yang tak menentu, misalnya hujan. Maka penting disiapkan pakaian ganti. Begitu pula alas kaki, pastikan yang sesuai untuk misi touring ini. Sepatu touring harus memiliki 3 bagian pelindung, yaitu pelindung pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider).

 

6) Jas Hujan

Berjaga-jaga membawa jas hujan, membantu driver ketika touring di tengah guyuran hujan. Selain membuat nyaman, penggunaan jas hujan bisa membantu menjaga keamanan pengendara. Karena itu, pilih jas hujan yang berwarna terang. Soalnya jarak pandang saat hujan pasti berkurang, ini dapat membantu pengendara lain untuk mengetahui keberadaan kendaraan.

 

Bila hujan cukup deras, sebaiknya segera hentikan perjalanan. Tunggu hujan sampai reda. Ingat berkendara di tengah guyuran hujan yang deras sangat berbahaya, selain kondisi jalan jadi licin, pengereman bisa tidak optimal, bahkan risiko tertimpa pohon yang tumbang bisa terjadi.

 

Baca juga: 9 Motor yang Cocok Untuk Driver Ojol Perempuan

 

7) Kendaraan

Memastikan kondisi sepeda motor dalam kodisi terbaik dan laik jalan adalah satu jaminan menikmati libur Natura sesuai dengan yang diharapkan. Maka lakukan periksaan seluruh kondisi komponen kendaraan, mulai dari ban, rem, sistem kemudi dan mesin.

 

8) Memilih Penginapan

Ini salah satu tips hemat traveling ataupun touring, yaitu pilih penginapan yang murah atau sekalian membawa tenda camping. Selain murah juga harus memilih lokasi yang aman dan atea parkiran luas. Biasanya para penikmat jalan-jalan ala backpacker akan lebih memilih penginapan yang khusus untuk backpacker, seperti satu kamar dapat diisi oleh banyak orang. Pada umumnya satu kamar bisa diisi oleh 8 orang atau lebih.

 

Namun, kalau ingin menginap lebih murah lagi kamu bisa cari rumah singgah. Rumah singgah ini biasanya tidak dikenakan biaya alias gratis. Tapi ada beberapa rumah singgah yang memberikan syarat agar bisa menginap di sana dengan menukarkan minimal satu buah buku. Nantinya buku tersebut akan disumbangkan ke taman baca.

 

9) Obat-obatan dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

Perlengkapan P3K ini wajib dibawa, karena selama perjalanan bisa saja dihadapkan pada hal-hal yang tak terduga. Untuk itu, perlu disiapkan kebutuhan obat, khususnya bagi ojol bikers yang memiliki obat pribadi yang sangat penting.

 

10) Hindari Traveling/Touring di Akhir Pekan

Sebenarnya paling enak liburan itu pas weekend atau libur panjang, misalnya libur Natal dan Tahun Baru. Tapi resikonya adalah harga atau biayanya bisa akan sedikit lebih mahal dari hari biasa. Karena pada umumnya di hari libur, tempat wisata, penginapan, tarif penyeberangan dan atau tempat penyewaan lainnya akan menaikkan harga.

 

Baca juga: Libur Nataru, Penumpang di Pelabuhan Tigaras Naik 100 Persen

 

11) Cek Kondisi Fisik

Touring dan traveling merupakan aktivitas yang sangat melelahkan. Sebaiknya jaga kondisi tubuh dengan beritirahat cukup, menghindari begadang dan konsumsi makanan sehat. Beristirahatlah jika sudah merasa lelah. Tujuannya untuk menghindari kecelakaan akibat kondisi fisik lelah atau mengantuk ataupun sakit di tempat wisata.

 

12) Buatlah Rencana

Rencana adalah hal yang angat vital ketika bagi driver ojol yang akan jalan-jalan. Ini salah satu cara agar kamu tidak kehabisan ide mau pergi kemana lagi atau mengunjungi tempat wisata apa lagi dan mengindari kehabisan uang saat touring/traveling. Daftar rencana yang telah dibuat sedikit banyak akan memaksa kamu untuk mengikuti aktivitas atau jadwal kegiatan selama di sana. Rencana traveling atau touring yang baik minimal membuat daftar wisata dan rincian biaya serta taksasi pengeluaran.

 

Baca juga: Pesanan Kamar Hotel di Lokasi Tujuan Wisata Sumut Terus Naik Saat Libur Nataru

 

13) Bawa Uang Receh

Pada umumnya, eksistensi uang receh adalah sesuatu yang dianggap diremehkan, tapi saat touring atau traveling uang receh menjadi penting. Uang receh berguna ketika kamu ingin menggunakan toilet umum dan membantu saat beli sesuatu di warung atau minimarket saat tidak ada kembalian. Coba hitung ada berapa banyak uang rece kamu di kamar, dan kumpulkan untuk digunakan nantinya.

 

14) Perjalanan Pagi

Perjalanan di pagi hari saat subuh mwnuju tempat (destinasi) wisata adalah cara terbaik untuk menghindari kemacetan lalu lintas dan meminimalisir budget traveling/touring seperti membeli bensin sehingga lebih hemat. Namun yang perlu diperhatikan adalah buatlah senyaman mungkin selama perjalanan pagi hari ini agar ketika sudah tiba di tempat tujuan, kamu fresh, tidak mengantuk dan bisa melakukan trip sesuai rencana.

 

Demikian 14 trik/tips touring atau pun traveling murah saat libur Nataru ala driver ojek online, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *