13 Transportasi Online Berbasis Aplikasi Yang Populer di Dunia

Transportasi online sangat populer bagi sebagian besar masyarakat dunia yang tinggal di perkotaan dan wilayah sentra bisnis. Tak hanya itu, pasti pernah menggunakan moda transportasi online berbasis aplikasi (apk), baik taksi online (taksol) maupun ojek motor. Moda transportasi yang dapat di order menggunakan smartphone ini, secara garis terdapat 2 (dua) macam sistem operasi yang dianut, yaitu 1) sistem ride sharing, dan 2) sistem ride hailing.

 

Kedua jenis moda transportasi online itu juga bertujuan sebagai angkutan alternatif masyarakat milenial untuk mengurai dan atau menghindari kemacetan jalanan kota. Keduanya juga tak lepas karena ada kecanggihan teknologi digital yang kini sangat mempengaruhi berbagai aktivitas kehidupan masyarakat dunia, sehingga memudahkan pemesanan kendaraan melalui aplikasi hp.

 

Penggunaan aplikasi pemesanan kendaraan via online ini juga memudahkan para traveler dalam berpindah tempat dengan cepat dan berbiaya lebih murah. Intinya, memesan angkutan melalui aplikasi di smartphone makin memudahkan pengguna-nya untuk mendapatkan taksi atau ojek dengan layanan dan kualitas terbaik dari perusahaan transportasi ojek online kelas dunia.

 

Khusus bagi anda calon pengguna, bersiaplah untuk dimanjakan dengan beragam pelayanan menarik dan membuat anda ketagihan. Moda transportasi yang diinginkan pun dapat dipanggil dan disesuaikan dengan privasi hanya dengan beberapa sentuhan aplikasi pada layar ponsel.

 

Dalam catatan blog tripbisnis.com ini, ada beberapa perusahaan transportasi online berbasis aplikasi yang populer dan sangat mendunia, diantara: Uber, Didi Chuxing, Maxim, Cabify, Grab, Hailo, GoCatch, Go-Jek, InDriver termasuk perusahaan transportasi online yang terkenal dan menguasai pasar beberapa negara di dunia. Pesatnya permintaan terhadap layanan transportasi berbasis digital telah melahirkan raksasa-raksasa baru di segmen bisnis start up ojol tersebut.

 

Lalu, perusahaan apa saja yang menjadi penguasa layanan transportasi online terpopuler di dunia? Berikut ulasannya (tanpa melihat dari nomor urut):

 

1) Hailo

Bila kamu mengunjungi Eropa dan Asia, silakan mendownload Hailo untuk memesan taksi online di 8 kota dari 5 negara di Eropa dan Asia. Negara yang sudah merasakan layanan transportasi ini, adalah Inggris (di 4 kota), Irlandia, Spanyol (2 kota), Jepang, dan Singapura. Banyak pelanggan yang mengatakan, bahwa aplikasi ini sangat mudah digunakan serta tersedia dalam berbagai platform.

 

Selain itu, tersedia juga sistem pembayaran electronic pay-nya untuk anda yang tidak mau repot membayar dengan uang tunai.

 

2) Go-Jek

Aplikasi buatan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa ini menyediakan layanan transportasi online dan sebagian besar masyarakat Indonesia sudah pernah menggunakannya, baik Go-Ride (motor) dan Go-Car (mobil, dengan menggandeng Blue Bird Group).

 

Tak hanya transportasi, Go-Jek pun ada menyediakan berbagai layanan lainnya, seperti jasa antar beli makanan (Go-Food), isi ulang pulsa (Go-Pulsa), belanja kebutuhan di (Go-Shop), kurir (Go-Send), e-money (Go-Pay), dan lain sebagainya.

 

Pesatnya pertumbuhan bisnis Go-Jek di Indonesia membuat banyak investor asing berbondong-bondong menanamkan modalnya. Tercatat, berbagai perusahaan kelas kakap dunia seperti Google, Tencent, Facebook, Telkomsel, Astra International, serta Temasek termasuk dalam deretan investor yang ikut menyuntik modal atau saham ke Go-Jek.

 

Hal itu membuat startup transportasi online ini masuk menjadi salah satu perusahaan raksasa teropuler di dunia level decacorn.

 

Saat ini, PT Gojek Indonesia telah tersedia di 167 kabupaten dan kota di Indonesia, 2 kota di Vietnam dengan nama Go-Viet, dan 14 distrik di Bangkok, Thailand dengan nama GET secara resmi pada tanggal 25 Juni 2018.

 

3) Uber

Uber merupakan salah satu pioner dalam industri layanan transportasi berbasis digital asal Amerika Serikat (AS). Perusahaan Uber didirikan pada Maret 2009, dipimpin oleh Dara Khosrowshahi. Perusahaan berhasil menguasai 74,3% pangsa pasar transportasi online di AS.

 

Baca juga: Melongok Ojol Motor Gede di Luar Negeri

 

Dengan agresivitas dan strategi pemasaran jitu, ojol Uber terus menggandakan jumlah pengemudinya setiap tahun, dimana data 2017 total pengemudi/driver Uber di AS sekitar 1,3 juta.

 

Selain di AS, layanan Uber juga tersedia di 560 kota lain di dunia, termasuk negara-negara Eropa dan Indonesia. Uber pun kokoh merajai pangsa pasar transportasi online di Eropa, Inggris (68%), Polandia (53%), Perancis (45%), dan Italia (42%).

 

4) Lyft

Perusahaan ojek online ini adalah kompetitor utama Uber di Amerika Serikat (AS). Layanan Lyft telah tersedia di 60 kota di Amerika, dan saat ini menjadi favorit warga negara AS. Aplikasi ini mengedepankan kualitas layanan dan keamanan penumpang. Makanya, Lyft mencantumkan data pribadi driver dengan sangat rinci sehingga penumpang pun dapat merasa aman.

 

Sebagian konsumen ojol AS, mengatakan waktu yang dibutuhkan untuk menunggu armada taksi Lyft 6 detik lebih cepat dari Uber.

 

5) Grab

Mungkin aplikasi ini sudah sangat familiar di Indonesia. Grab memang perusahaan transportasi online level decacorn yang lebih fokus memasarkan bisnisnya di area Asia Tenggara. Di antaranya adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Kamboja.

 

Perusahaan ojek online (ojol) asal Singapura dikomandoi oleh Anthony Tan ini diketahui menguasai 95% pangsa pasar transportasi online yang berbasis taksi di Asia Tenggara, serta 71% pangsa pasar transportasi online yang berbasis kendaraan pribadi (mobil dan motor). Kehadiran nya di Indonesia adalah franchise dari luar negeri.

 

Baca juga: Bayar Orderan Grabfood Pakai LinkAja

 

Maka dari itu, anda tidak perlu khawatir kalau mau jalan-jalan ke negara tetangga dengan transportasi online, karena anda bisa memesan untuk menggunakan Grabcar atau layanan Grabbike.

 

6) Didi Chuxing

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 dan bermarkas besar di Beijing. Didi Chuxing telah menjelma menjadi pemain terbesar dalam industri transportasi online di negara berjulukan tirai bambu dengan penduduk terbesar di dunia ini.

 

Perusahaan ini juga bergerak dalam bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence), dan kini telah memiliki sekitar 2 juta pengemudi yang tersebar di 400 kota di China. Tidak kurang dari 450 juta pengguna sudah menggunakan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Meski Didi mematok tarif yang sedikit lebih mahal dibanding ojol Uber, namun aplikasi ini tetap menjadi favorit warga Tiongkok.

 

Selain itu, saat ini Didi Chuxing tengah menawarkan jasa penyewaan sepeda melalui aplikasi buatannya.

 

7) GoCatch

Saat tiba di Australia, anda sebaiknya langsung saja men-download aplikasi taksi online yang satu ini. GoCatch merupakan salah satu alternatif dalam memesan transportasi online yang tersebar di beberapa kota besar di Australia. Banyak keunggulan yang ditawarkan GoCatch, seperti pembayaran lebih murah 5-10% untuk pembayaran dengan kartu kredit hingga sistem jaminan keamanan penumpang. Intinya, kalau jalan-jalan ke negara yang populer disebut negara Kangguru ini, pasti akan lebih mudah memakai GoCatch.

 

8) Easy

Kalau kamu tidak tahu apakah negara yang akan du kunjungi tersebut memiliki layanan transportasi online lokal atau tidak, maka anda bisa cek di aplikasi Easy Taxi. Dengan merangkul lebih dari 30 negara dan 420 kota di seluruh dunia, Easy Taxi juga tidak main-main soal layanan-nya.

 

Perusahaan transportasi berbasis aplikasi ini, sudah memenangkan beberapa kali penghargaan aplikasi taksi online yang terpercaya. Sehingga, Easy Taxi memang sangat membantu traveler yang baru mengunjakan kakinya di suatu negara.

 

9) Maxim

Transportasi online Maxim sudah ada sejak 2003 yang bermula di kota Chardinsk yang terletak di Pegunungan Ural, Rusia.

 

Baca juga: Taji Maxim Ojol Rusia Melayani Indonesia di Tahun Ke-3

 

Di Indonesia, Maxim membuka cabang pada 2018 lalu. Perusahaan ini semakin melebarkan sayap dengan tidak hanya menjadi perusahaan transportasi online yang fokus ke taksi online (taksol) saja, melainkan sekarang ke jenis layanan angkutan lain seperti ojek motor atau mobil pada umumnya.

 

Saat ini, ada 12 macam layanan yang ada di aplikasi (apk) Maxim, yaitu: 1) Bike, 2) Delivery, 3) Food & Shop, 4) Cleaning, 5) Messege & SPA atau terapi pijat, 6) Laundry, 7) Car, 8) Car L, 9) Rent Car, 10) Kargo, 11) Penderekan, dan 12) Jumper / Menghidupkan Mesin.

 

Setiap harinya, layanan ini dipergunakan oleh jutaan orang di lebih dari 16 negara di dunia. Mulai di Indonesia, Azerbaijan, Armenia, Belarus, Bulgaria, Georgia, Rusia, Italia, Kazakhstan, Kirgizstan, Malaysia, Mongolia, Republik Siprus, Tajikistan, Uzbekistan, Ukraina, Montenegro, Republik Ceko.

 

10) Cabify

Perusahaan transportasi online ini berasal dari Spanyol. Cabify menyediakan kendaraan untuk disewa melalui aplikasi seluler smartphone pengguna-nya.

 

Cabify juga telah melebarkan sayap ke berbagai negara hingga beroperasi di Meksiko, Chile, Kolombia, Peru, Brasil, Panama, Ekuador, Portugal, Spanyol, Argentina, Republik Dominika, dan Uruguay. Ojol Cabify beroperasi sebagai titik kontak antara pelanggan dan pengemudi pribadi melalui aplikasi selulernya untuk Android dan iPhone, serta bisa di order melalui halaman webnya.

 

11) InDriver

Perusahaan transportasi online sistem ridesharing ini telah hadir di Indonesia sejak 2019, dan ada 300 lebih kota di 31 negara yang tersebar di negara Eropa hingga ke Eropa Timur dan Amerika Selatan. Aplikasi ini sudah masuk ke pasar Asia, khususnya negara-negara di Asia Tenggara dan bisa didapatkan di Google play dan App Store. Baik driver maupun penumpang menggunakan satu aplikasi yang sama.

 

Baca juga: Transportasi Mobil dan Ojek Motor inDriver Hadir di Surakarta

 

Berkembang sangat cepat dengan metode pemasaran yang memberikan kekuatan kepada penumpang, sehingga bisa lebih hemat 20% disetiap perjalanan karena penumpang bisa menentukan besaran tarif yang akan mereka bayarkan kepada mitra driver.

 

inDriver sendiri bukanlah perusahaan ojek online asli Indonesia, melainkan berasal dari Rusia yang bermula dari kota Yakutsk, Siberia sekitar 2012. Ojol ini berkantor pusat di Amerika Serikat.

 

Kini, inDriver sudah masuk dalam jajaran 10 besar aplikasi ridesharing dan taksi di dunia pada bulan September 2019 tepatnya menempati posisi keenam, serta di Google Play saja menempati di urutan kelima sebagai aplikasi terpopuler.

 

Perusahaan ini semakin melebarkan sayap dengan tidak hanya menjadi perusahaan transportasi online yang fokus ke taksi online (taksol) saja, melainkan sekarang ke jenis layanan angkutan lain seperti ojek motor.

 

12) Careem

Perusahaan ini adalah jaringan transportasi online terbesar di Dubai Uni Emirat Arab. Ojol raksasa Careem telah beroperasi di lebih dari 100 kota di 14 negara di Timur Tengah, Afrika, dan Asia Selatan. Careem adalah anak perusahaan dari perusahaan Amerika Uber dan menawarkan aplikasi seluler untuk menggunakan layanannya. Beberapa negara besar tempat Careem beroperasi adalah Pakistan, Lebanon, UEA, dan banyak lagi.

 

13) Bolt

Perusahaan platform transportasi di Estonia yang didirikan dan berkantor pusat di Tallinn, Estonia. Bolt menawarkan layanan tumpangan, mobilitas mikro, dan pengiriman makanan.

 

Pada perkembangannya, Bolt memiliki lebih dari 30 juta pelanggan secara global dan lebih dari 1 juta pengemudi menggunakan platform tersebut untuk menawarkan tumpangan – menjadikannya salah satu aplikasi layanan taksi terbesar dan terbaik di dunia. Pada 2018, Bolt menjadi platform pemesanan kendaraan terkemuka di Afrika dan kini Bolt telah beroperasi di 35 negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Utara.

 

Demikian 13 aplikasi transportasi online level raksasa yang bisa anda unduh dan gunakan plesiran ke negara-negara penggunanya. Jadi, tak perlu khawatir lagi mobilitas di negeri orang. Anda cukup menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet, maka sudah bisa untuk memanggil taksi online atau ojek motor online. Alhasil, ojek jadi alat transportasi paling dekat dengan kehidupan masyarakat milenial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *