11 Bisnis Sampingan yang Terbaik Buat Mitra Driver

Jumlah mitra driver pada perusahaan transportasi online berbasis aplikasi dan hantaman pandemi Covid19 terutama di Medan – Sumut menjadi pukulan keras yang bermuara pada pendapatan ojek yang menurun drastis

 

Suka tak suka, kondisi itu membuat para driver harus memutar otak mencari usaha sampingan agar mendapat penghasilan tambahan untuk mencukupi pengeluaran setiap bulan. Di sisi lain, faktor modal usaha menjadi momok para mitra driver ojek online untuk menjalankan usaha/bisnis tersebut.

 

Terkait jenis usaha yang pas buat mitra driver ojol, blog tripbisnis.com menganalisa setidaknya ada 11 (sebelas) ragam bisnis terbaik dengan modal kecil yang bisa dikerjakan para mitra driver ojol di Medan. Menurut hemat tripbisnis.com, kesebelas peluang bisnis ini sangat cocok di kerjakan dari rumah untuk uang tambahan penghasilan sembari tetap narik (onbid).

 

Selain memiliki prospek cerah, ke-11 ide usaha tersebut juga sanggup memberikan untung besar hingga jutaan rupiah. Adapun kesebelas usaha modal kecil terbaik untuk pengemudi ojol di Medan adalah sebagai berikut:

 

1) Bisnis Katering Rumahan

Bisnis katering terutama di Kota Medan tidak pernah tergerus oleh zaman. Bisnis ini akan selalu ramai dan diminati oleh masyarakat Medan sejak dulu. Hal ini disebabkan banyaknya para ibu rumah tangga (IRT) yang sibuk menjadi wanita karir dan bekerja di luar rumah sehingga terlalu sibuk dan tidak punya waktu jika harus memasak.

 

Selain itu, tidak sedikit pula karyawan yang lebih memilih memesan makanan melalui usaha katering dengan berbagai alasan. Salah satu alasan bagi mereka memesan katering adalah tidak perlu repot antri untuk memesan makan siang. Makanan katering pun sangat terjamin kebersihannya dibanding makanan diluar kantor.

 

Bagi mitra driver yang ingin terjun memulai usaha modal kecil katering rumahan ini, perlu dilakukan langkah awal seperti mengenalkan katering di berbagai acara misalnya arisan rt, rw di lingkungan sekitar rumah tinggal. Atau anda juga bisa menawarkan katering ke bagian panitia konsumsi yang menangi suatu perusahaan event organizer (EO). Dan bisa juga menawarkan bisnis katering ke komplek perkantoran di Medan untuk menu makan siang para karyawan nya.

 

2) Usaha Menjual Minuman Dingin

Kondisi cuaca di Medan yang lumayan panas membuat siapa saja membutuhkan minum segar setiap hari. Minuman dingin paling pas untuk menghilangkan haus, apalagi bagi driver ojek di Medan yang ngetrip mengelilingi jalanan kota. Keberadaan minuman dingin lah yang dapat menyegarkan badan ketika kehausan setelah beraktivitas di bawah terik matahari.

 

Baca juga: 7 Peluang Usaha yang Tepat Untuk Driver Ojek Online

 

Nah, jenis usaha kecil ini merupakan ide peluang bisnis yang bagus dan sangat cuan. Anda bisa membuka usaha modal kecil dengan cara memanfaatkan gerai minuman, misaknya di halaman rumah. Anda pun bisa memulai dengan menjual aneka minuman dingin yang digemari oleh banyak orang. Jika rumah anda berada di pinggir jalan raya Medan atau dekat dengan keramaian seperti dekat sekolah atau kampus, maka bisnis berjualan minuman dingin sangat cocok untuk dilakukan para driver.

 

3) Usaha Produksi Kue dan Roti Rumahan

Di Medan, usaha produksi kue dan roti rumahan masih sangat menjanjikan meski bisnis ini sudah banyak yang menjalankannya dan persaingan sangat ketat di Medan. Namun, bila anda memiliki kreatif tinggi dan mau berinovasi untuk menciptakan resep kue baru baik bentuk maupun cita rasa yang enak maka anda bisa bersaing dengan pelaku usaha sejenis.

 

Membuka usaha produksi kue dan roti di Medan tidaklah sulit dan juga tidak memerlukan modal awal yang terlalu besar. Usaha modal kecil ini juga dapat dijalankan dari rumah, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat, misal ruko.

 

Jika anda hobi memasak dan memiliki keterampilan membuat kue tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha kue rumahan ini sembari aktivitas ngojek, sekalian menyalurkan hobi anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Terkait usaha memproduksi kue dan roti ini mampu meraup untung besar hingga jutaan rupiah jika serius dan tekun dalam mengembangkan usaha ini.

 

Meskipun anda tidak memiliki keterampilan membuat kue tetap masih bisa membuka usaha roti dan kue. Untuk itu, anda bisa mengajak anggota keluarga yang terampil membuat kue untuk membantu atau anda mengajak orang lain yang pandai dalam membuat kue untuk diajak bekerjasama.

 

4) Usaha Pembayaran Listrik dan Telepon

Peluang untuk mendapatkan keuntungan dari usaha jadi agen lembayaran listrik dan pulsa telepon sangat besar. Banyak orang yang tinggal di komplek perumahan di Kota Medan yang tidak sempat membayar sendiri tagihan rekening listrik dan telepon karena kesibukan yang padat.

 

Apalagi sekarang ini sistem pembayaran rekening listrik dan telepon lebih mudah, karena bisa dilakukan secara online dan mekanisme deposit juga sangat mudah. Untuk memulainya anda perlu bekerja sama dengan PLN, Perusahan Air, dan Telkom atau perusahaan jasa penyedia internet. Kemudian membuka loket pembayaran secara online di Medan.

 

Peralatan yang perlu di siapkan adalah komputer, jaringan internet dan printer untuk memprint struk pembayarannya. Anda pun juga bisa sekalian menjual pulsa (token) listrik dan pulsa hp, karena masyarakat sekitar tentu akan lebih memilih datang ke tempat anda di banding harus pergi keluar karena harganya juga sama.

 

5) Membuka Usaha Rumah Makan

Usaha rumah makan banyak digeluti orang, apalagi dengan adanya sistem jualan di aplikasi ojek online semakin memudahkan melakukan pemasaran. Selain itu, karena bisnis ini bisa meraup untung hingga jutaan rupiah. Apalagi jika rumah makan tersebut memiliki banyak pilihan menu yang lezat dan terjamin kebersihannya ditambah lagi nya harga juga sangat terjangkau.

 

Bila anda terampil dalam memasak bisnis rumah makan dapat menjadi pilihan sebagai usaha sampingan. Anda bisa membuka warung makan di depan rumah dan menjual menu makanan yang enak dengan harga terjangkau melalui merchant ojek online seperti Grabfood dan Gofood. Apalagi, jika rumah anda dekat dengan kos-kosan maka akan sangat menjanjikan lagi.

 

6) Usaha Jual Air Minum Isi Ulang

Di kota-kota besar air bersih untuk minum mulai sulit di dapatkan, sehingga banyak masyarakat yang memilih air minum isi ulang. Selain lebih praktis, harganya juga cukup terjangkau dan kebersihannya juga terjaga. Tingginya kebutuhan akan air bersih untuk minum membuat usaha modal kecil jualan isi ulang air minum seperti galon menjadi sangat menjanjikan keuntungan yang cukup besar bagi pelaku bisnis ini.

 

Bagi anda yang memiliki ruang depan rumah yang kosong bisa segera memanfaatkannya untuk membuka bisnis depot isi ulang air minum galon. Anda bisa merekrut orang untuk mengambil dan mengantar galon ke rumah-rumah pelanggan. Memang sudah banyak yang membuka depot air minum isi ulang, namun bila anda mampu memberikan nilai tambah bagi pelanggan, seperti kebersihan air terjaga, servis bagus misalnya proses antar jemput cepat maka anda akan mendapatkan banyak pelanggan.

 

7) Usaha Pangkas Rambut dan Barbershop

Pangkas dan cukur rambut maupun barbershop di Medan akan selalu di cari orang selama rambut di kepala masih tumbuh. Peluang usaha modal kecil ini memang sangat menjanjikan dan memulainya juga tidak memerlukan modal besar. Anda bisa menjalankan usaha pangkas rambut di rumah dengan mamanfaat sebuah ruangan di bagian depan rumah. Kemudian anda bisa membeli peralatan mencukur, seperti gunting, kursi dan alat mencukur rambut maupun vitamin rambut.

 

Keuntungan bisnis pangkas/cukur rambut dan atau pun barbershop (cukur rambut khusus pria) memang menggiurkan, dimana 1 kali cukuran saat ini dihargai sekitar 20 ribu untuk kepala orang dewasa dan Rp 15 untuk anak-anak. Estimasi bisa 10-20 kepala yang dicukur per hari.

 

Agar menarik bagi para mitra driver ojek online, anda dapat menjalankan promosi dan atau memberikan diskon tertentu dengan cara terlebih dahulu menunjukan aplikasi driver. Strategi dan konsep ini sudah dijalankan oleh SIMBOLON BARBER yang berlokasi di Jalan Starban Nomor 430 Polonia – Medan.

 

Selain itu, sebagian besar cowok menganggap prosedur perawatan wajah seperti facial sudah menjadi satu kebutuhan untuk kesehatan kulit wajah, misal: a) mengurangi minyak berlebih pada wajah; b) mengatasi jerawat; c) melancarkan sirkulasi darah; d) membuat tubuh lebih rilex; dan e) membuat hasil cukuran lebih halus.

 

8) Usaha Fotokopi

Bila tempat tinggal anda berada disekitar kampus atau perkantoran, maka usaha fotokopi sangat cocok di rintis. Usaha ini memang sangat menjanjikan dan tidak akan pernah sepi terutama jika rumah tepat berada di depan kampus, karena banyak mahasiswa/i yang akan menggunakan jasa fotokopi. Agar lebih menarik pelanggan, bisa juga menerima jilid dan print. Selain itu anda juga bisa melengkapi barang perlengkapan ATK, seperti buku tulis, pena, map, spidol, stapler, penggaris, dan lain sebagainya.

 

9) Distributor Makanan Organik

Masyarakat yang tinggal di Kota Medan saat ini sangat mengerti pentingnya kesehatan, begitupun dalam memilih makanan. Prinsip jaga kesehatan ini, bagi sebagian penduduk Medan lebih memilih makan makanan organik setiap hari. Hal ini pun sudah jadi prioritas.

 

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda pun dapat bekerja sama dengan perusahaan atau agensi makanan organik ternama untuk menjadi bagian agen penjualan makanan organik. Eksistensi atas kehadiran makanan organik ini, telah dibuktikan secara empiris dapat menyembuhkan penyakit yang di akibatkan oleh pola makan dan pola hidup, seperti diabetes, darah tinggi, stroke, gagal ginjal, dan penyakit lainnya.

 

Para pebisnis yang menjalankan usaha ini, rata rata banyak yang sukses terutama menghasilkan keuntungan jutaan hingga ratusan juta perbulan.

 

10) Bengkel & Jual Sparepart Motor

Makin banyak sepeda motor dan driver ojol yang berseliweran di jalan Kota Medan membuat membuka usaha bengkel motor dan menjual sparepart bisa dijadikan pilihan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Bila memungkinkan agar diupayakan status bengkel adalah partner resmi dari berbagai komunitas ojek online, strategi ini bakal mendongkrak reputasi. Jangan lupa juga bila diskon diadakan.

 

Baca juga: 9 Jenis Motor yang Cocok Untuk Driver Ojol Perempuan

 

Perlu diingat, tidak perlu jadi bengkel resmi dari agen pemegang hak merek (APHM) motor, karena membuat izin dan ongkosnya pasti mahal. Membuka usaha bengkel biasa saja tapi dapat melayani segala merek sepeda motor.

 

Khusus agar menarik driver ojol datang, berikan diskon khusus. Misalnya memberikan diskon 10 persen dari total biaya dengan menunjukan aplikasi driver, atau sistem kupon yang bila terkumpul dalam jumlah tertentu bisa mendapatkan biaya service gratis atau bisa juga membuat penawaran dalam bentuk lain, seperti bagi driver ojol gratis soft drink bila datang servis.

 

Dalam jangka panjang, kelak bisa mengajak perusahaan ojek online (gojek, grab, okejek, anterin, maxim, indriver dan oncall) untuk melakukan perjanjian kerja sama secara resmi. Adanya kerja sama ini, kemungkinan besar proses branding membuat nama bengkel akan lebih cepat terkenal. Dan, tentu saja, akan mampu menarik lebih banyak driver ojol.

 

11) Buka Service Handphone

Alat komunikasi, seperti handphone
tak bisa lepas dari masyarakat yang hidup di jaman. Hal ini menyebabkan permintaan alat komunikasi semakin meningkat. Untuk driver ojol, handphone juga merupakan alat wajib yang harus ada dan dibawa kemana pun setiap hari.

 

Namun apa jadinya apabila handphone milik tidak berfungsi normal? Jawabannya, harus segera diperbaiki ke tukang service handphone. Tukang service handphone ini merupakan jasa yang banyak digunakan pada dekade ini. Maka dari itu, membuka usaha service handphone dinilai sangat tepat dan sangat menguntungkan pada sekarang ini.

 

Sebagai seorang pemilik usaha dan teknisi servis handphone, selayaknya memiliki kemampuan untuk melakukan pemeriksaan kerusakan dengan cepat dan benar, memberitahu kondisi barang dan perkembangannya pada pemilik, jangan langsung mengganti komponen yang rusak apabila belum mendapat persetujuan dari pemilik barang.

 

Selain itu, harus juga mengikuti perkembangan terbaru setiap detil jenis ponsel, merk, tipe, fitur dan asal negara yang mengeluarkan produk setiap merk HP. Serta, memiliki data program repair yang lengkap dan memiliki jaringan komunitas yang cukup luas.

 

Baca juga: HP Murah RAM 3 yang Cocok Buat Driver Ojol

 

Untuk menarik driver ojol datang memperbaiki hp, maka berikan diskon khusus buat mereka. Misalnya diskon 10 persen dari total biaya dengan menunjukan aplikasi driver, atau sistem kupon yang bila terkumpul dalam jumlah tertentu bisa mendapatkan biaya untuk service hp gratis.

 

Nah, apakah anda tertarik membuka usaha sampingan terbaik yang bermodal kecil? Jika tertarik silahkan pilih 11 jenis bisnis yang cocok dan sesuai dengan kemampuan sebagai driver ojek online. Semoga bermanfat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *